Jokowi Minta BLT Migor Dicairkan: Rakyat Senang Mau Lebaran Dapat Uang

Jokowi minta BLT minyak goreng disalurkan sebelum Lebaran

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam sidang kabinet paripurna, Selasa (5/4/2022), meminta kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng. Dia meminta, BLT itu sudah diterima oleh masyarakat yang berhak sebelum Lebaran Idulfitri.

"Syukur dalam minggu-minggu ini sudah bisa sebagian tersalurkan. Bukan apa-apa, mungkin kita itu ndak merasakan, tetapi Rp300 ribu bagi rakyat itu pas mau Lebaran itu dapet itu rasanya betul, saya bisa merasakan betul itu, senangnya kalau bisa memegang uang itu yang bisa dipakai membeli minyak goreng dan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnnya," ujar Jokowi dalam siaran video di kanal YouTube Sekretariat Presiden yang diunggah, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: Jokowi: Jangan Ada Lagi yang Suarakan Perpanjangan Jabatan! 

1. Jokowi Minta persiapan mudik Lebaran harus ekstra

Jokowi Minta BLT Migor Dicairkan: Rakyat Senang Mau Lebaran Dapat UangIDN Times/Imam Rosidin

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk mempersiapkan mudik Lebaran Idulfitri tahun ini dengan ekstra. Sebab, semua masyarakat ingin mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini.

"Ini kalau yang saya tangkap di bawah ini, semuanya mau mudik. Jadi persiapannya juga harus ekstra," ucapnya.

Baca Juga: Tegur Menteri Naikkan Harga Tak Ada Penjelasan, Jokowi: Empati Dong

2. Jokowi minta semua persiapan mudik benar-benar diperhitungkan dengan baik

Jokowi Minta BLT Migor Dicairkan: Rakyat Senang Mau Lebaran Dapat UangIDN Times/Auriga Agustina

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kepada jajarannya untuk melakukan perhitungan secara matang. Dia juga meminta agar kemacetan saat mudik Lebaran bisa diminimalisir.

"Oleh sebab itu, semua, Kapolri dibantu TNI, Menhub yang dikoordinasikan Pak Menko betul-betul menyiapkan ini jangan sampai keliru, mempersiapkan jalur mudik yang baik dan bisa meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudik maupun arus balik nantinya. Harus mulai dihitung betul," ucap Jokowi.

3. Jokowi larang menterinya bicara soal penundaan pemilu dan masa perpanjangan presiden

Jokowi Minta BLT Migor Dicairkan: Rakyat Senang Mau Lebaran Dapat UangPresiden Jokowi memimpin sidang kabinet pada Selasa (5/4/2022). (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam sidang kabinet paripurna itu, Jokowi juga melarang semua menterinya untuk bicara soal penundaan Pemilu 2024 hingga perpanjangan masa jabatan presiden. Mulanya, Jokowi menyampaikan kondisi global saat ini sedang sulit.

Dia meminta kepada menteri untuk menyampaikan langkah kerja yang diambil oleh pemerintah dalam menghadapi krisis ini.

"Sampaikan dengan bahasa rakyat dan langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah itu apa, dalam menghadapi krisis dan kenaikan inflasi, dan jangan menimbulkan polemik di masyarakat," ujarnya.

Jokowi kemudian meminta kepada para menterinya untuk fokus pada tugas masing-masing. Tidak ada yang bicara penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Fokus kepada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan, gak!" katanya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya