Comscore Tracker

Survei: Masyarakat Desa Lebih Puas Kinerja Jokowi Dibanding Warga Kota

Usia baby boomer juga paling tinggi menyatakan puas 

Jakarta, IDN Times - Lembaga Development Technology Strategy (DTS) melakukan survei terhadap kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo, pada tahun kedua memimpin Indonesia bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Survei ini dilakukan di 29 provinsi dengan melibatkan 2.046 responden pada minggu pertama hingga pekan keempat Oktober 2021. Metode survei ini menggunakan probability proportion to size (PPS).

Baca Juga: Survei: 67,4 Persen Responden Puas dengan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

1. Warga desa lebih puas terhadap kinerja Jokowi

Survei: Masyarakat Desa Lebih Puas Kinerja Jokowi Dibanding Warga KotaPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam survei ini, warga desa menyampaikan puas terhadap kinerja Jokowi sebanyak 63,6 persen, tidak puas 33,3 persen, tidak tahu atau tidak menjawab 3,1 persen.

Sedangkan masyarakat kota menyatakan puas sebesar 60,4 persen, tidak puas 37,7 persen, tidak tahu atau tidak menjawab 1,9 persen.

Selain itu, masyarakat Jawa juga menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi 64,3 persen. Sementara warga luar Jawa sebesar 58,2 persen.

Baca Juga: Survei 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Kondisi Politik Dinilai Memburuk

2. Baby boomer lebih puas terhadap kinerja Jokowi

Survei: Masyarakat Desa Lebih Puas Kinerja Jokowi Dibanding Warga KotaJokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain wilayah, survei ini juga membagi terhadap jenis usia. Hasilnya, kelompok baby boomer lebih puas terhadap kinerja Jokowi. Namun, data tersebut hanya untuk kepuasan Jokowi, tidak untuk kinerja pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Berikut datanya:
- GenZ: 50,7 persen
- GenY: 58,9 persen
- GenX: 64.0 persen
- Baby boomer: 66,5 persen.

3. Survei kepuasan kinerja Jokowi-Ma'ruf

Survei: Masyarakat Desa Lebih Puas Kinerja Jokowi Dibanding Warga KotaPresiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin ketika mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2019 lalu (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Kemudian, untuk survei terhadap kepuasan kinerja Jokowi-Ma'ruf, warga desa menyatakan puas 49,4 persen dan warga kota 49,4 persen.

Sementara, untuk wilayah Jawa menyatakan puas 47,9 persen dan luar Jawa sebesar 43,6 persen.

Untuk kategori usia, baby boomer lagi-lagi paling tinggi menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf. Berikut datanya:

- GenZ: 50,7 persen
- GenY: 58,9 persen
- GenX: 64.0 persen
- Baby boomer: 66,5 persen.

Baca Juga: Survei Y-Publica: Prabowo-Puan Unggul Tipis dari Ganjar-Airlangga

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya