Comscore Tracker

Misteri Abrip Asep, Zainal Abidin di RSJ Aceh Bukan Anggota Brimob

Hasil DNA negatif, pihak keluarga terima keputusan

Banda Aceh, IDN Times - Misteri kasus Zainal Abidin, pasien pria di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh di Banda Aceh yang diduga sebagai Anumerta Ajun Brigadir Polisi (Abrip) Asep akhirnya menemukan titik terang.

Ternyata pria itu bukanlah anggota Brimob Resimen I Kedung Halang yang dikabarkan hilang saat Tsunami melanda Aceh pada 2004 silam.

Kabar ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy, saat dikonfirmasi IDN Times, pada Kamis (17/6/2021).

1. Hasil DNA antara Zainal Abidin dan pihak keluarga Anumerta Abrip Asep negatif

Misteri Abrip Asep, Zainal Abidin di RSJ Aceh Bukan Anggota BrimobTim Biddokkes Polda Aceh ketika sample Swab Buccal DNA Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Winardy mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan terkait hasil deoxyribonucleic acid (DNA) dari Zainal Abidin dengan pihak keluarga Anumerta Abrip Asep.

Berdasarkan informasi dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Lampung via Bidang Hubungan Masyarakat Polda Lampung, hasil DNA adalah negatif atau tidak ada berkaitan sama sekali.

"Bahwa hasil tes DNA adalah negatif berarti pria yang diduga di RSJ Aceh atas nama Zainal Abidin adalah bukan Abrip Asep," kata Winardy.

Baca Juga: Viral, Polisi Ini Hilang saat Tsunami Aceh 2004, Ternyata di RSJ

2. Pihak keluarga Anumerta Abrip Asep telah menerima hasil DNA

Misteri Abrip Asep, Zainal Abidin di RSJ Aceh Bukan Anggota BrimobTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Pengumuman hasil DNA dilakukan Polda Lampung, pada Selasa (15/6/2021) lalu dan diserahkan langsung kepada pihak keluarga Anumerta Abrip Asep.

"Info yang kami terima bahwa pihak keluarga dapat menerima hasil tersebut karena sudah sciencetific investigation dan valid," ujar Winardy.

"Polda Aceh menyampaikan kepada pihak keluarga yang di Lampung agar tetap sabar dalam menerima hasil yang sudah melalui uji yang valid ini," imbuhnya.

Tes itu sebelumnya telah mengambil spesimen dari paman, kakak, dan adik Anumerta Abrip Asep yang ada di kampung halaman, Natar, Lampung.

3. Penemuan pria diduga Anumerta Abrip Asep sempat viral, bahkan ciri fisik diakui 80 persen mirip

Misteri Abrip Asep, Zainal Abidin di RSJ Aceh Bukan Anggota BrimobTim Biddokkes Polda Aceh ketika memeriksa tanda khusus pada telinga kanan Zainal Abidin yang diduga Abrip Asep (IDN Times/Istimewa)

Maret 2021 lalu, jagad maya khususnya di Aceh dihebohkan dengan temuan pria dirawat di RSJ Aceh. Pria itu diduga seorang anggota polisi korban tsunami 2004 bernama Abrip Asep.

Informasi itu dipublikasikan di akun instagram @ndorobeii dan menuliskan ditemukan Asep dulunya bertugas sebagai pasukan Bantuan Keamanan Operasional Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh yang ditempatkan pada Poskotis Brimob Peukan Bada, Banda Aceh.

Berita ini pun langsung menyebar hingga membuat sejumlah personel brimob yang pernah dalam satu pendidikan dengan Abrip Asep, coba menyambangi pria tersebut di RSJ Aceh.

Guna memastikan kebenaran itu, tim Biddokkes Polda Aceh dikerahkan untuk memeriksa pasien pria yang sedang menjalani perawatan psikis itu.

Beberapa ciri fisik yang dimiliki Zainal Abidin, 80 persennya disebutkan saudara kandung Abrip Asep, sama. Di antaranya, ada luka di pelipis sebelah kiri, tanda khusus di telinga kanan, hingga lesung pipi.

Meski demikian, saat itu pihak kepolisian belum berani memberikan kepastian bila orang tersebut adalah Anumerta Abrip Asep. Polisi baru bisa memberikan kesimpulan apabila hasil DNA telah keluar.

Baca Juga: Potret Pemeriksaan Pasien RSJ yang Diduga Polisi Korban Tsunami Aceh

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya