Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky Saputri

Dari Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan!

Jakarta, IDN Times - Cuitan komedian Kiky Saputri di media sosial X menjadi perbincangan netizen. Kiky mencuit, "Observasinya setengah mati. Begadangnya 2 hari, eh di cut sesuka hati," pada Rabu, 25 Oktober 2023. Hal ini terkait roastingannya terhadap bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo ramai diperbincangkan. 

Adegan roasting ini Kiky kepada Ganjar ditayangkan dalam acara Lapor Pak! di Trans 7. Roasting adalah sebuah metode yang sering digunakan para komika saat melakukan stand up comedy. Roasting ini merupakan metode unik yang digunakan untuk menyerang seseorang dengan tujuan mengundang gelak tawa penonton.

Pihak target roasting hanya boleh diam dan menerima materi komedi yang dibawakan komika saat me-roasting. Target roasting ini tak boleh marah dengan materi-materi dari si komedian, etikanya roasting ini harus mendapatkan kesepakatan sebelum acara dilangsungkan.

Lalu siapa saja politikus yang pernah di roasting Kiky Saputri? Berikut daftar yang telah dirangkum IDN Times!

1. Anies Baswedan

Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky SaputriMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sebelumnya, Kiky Saputri pernah me-roasting Anies Baswedan ketika Anies masih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada November 2021 lalu. Kiky memuji sikap Anies yang terkesan santai dan bahkan meminta agar tidak ada bagian yang di-cut untuk tayang.

"Jujur, beliau keren banget. Waktu protokolernya minta ke pihak TV ada yg dicut, beliau dengan tegas bilang: “Ga usah ada yang dicut, tayangin aja semua. Ini salah satu bentuk kebebasan berbicara,""tulis Kiky Saputri.

Diketahui, Kiky banyak menyoroti kebijakan dan program pemerintahan Anies selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. Kiki juga sempat menyinggung isu-isu di sekitar Anies, seperti pelaksanaan Formula E dan banjir.

"Banjir Pak Anies salah, banjir Pak Anies salah, sampai Pak Anies kesal dan beliau buat statement, banjir bisa surut satu hari dan hujan bisa dikendalikan. Sekarang saya tahu, Pak Anies bukan Gubernur, tapi avatar pengendali air," ujarnya menambahkan dalam acara Lapor Pak!.

Cuitan Kiky tersebut menimbulkan berbagai reaksi netizen, ada yang menuduh Kiky menggiring opini lantaran berita Pilpres tengah hangat dibicarakan publik. Namun, Kiky membantah dan menegaskan jika dia tak menggiring opini publik dan hanya menyampaikan pengalamannya saja.

"Lah ngatur. Elon Musk aja yang punya twitter gapernah ngatur penggunanya mau ngetwit apa. Orang cerita pengalaman kok dibilang penggiringan opini. Hadeuuuuuh~," tulisnya membalas komentar netizen.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tantang Kiky Saputri: Roasting Lagi Dong

2. Erick Thohir

Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky SaputriErick Thohir di Acara Trophy Experience Jakarta (IDN Times/Rachma Syifa Faiza Rachel)

Kiky juga pernah melakukan roasting kepada Menteri BUMN, Erick Thohir. Dia menyinggung soal kenaikan harga BBM yang membuat Erick tidak bisa berkata-kata. Kiky mengaku heran dengan semangat Erick yang kerap hadir di berbagai acara TV, mulai acara sahur, saat berbuka, hingga syuting Lapor Pak! kala malam.

"Kenapa sih?" ujar Kiky yang disambut tatapan melirik dari Erick.

"Segitunya ya mengejar elektabilitas?" tanya Kiky yang mengundang tawa dari penonton di studio.

Erick Thohir hanya tertawa mendengar roastingan Kiky Saputri.

3. Sandiaga Uno

Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky SaputriTwitter/@sandiuno

Dalam acara perayaan HUT Indonesia ke28 dalam Konser Raya 28 Tahun Indosiar, Kiky Saputri mendapat kehormatan untuk meroasting Menparekraf, Sandiaga Uno. Sesi roasting ini berlangsung hangat.

"Pak Sandiaga Uno tadi bilang "saya sudah sering di-roasting Kiky" itu dia pak, karena sudah sering ngeroasting saya jadi kehabisan fakta, tapi saya orangnya ga gampang menyerah, saya cari terus sampai akhirnya dapat artikel yang menyatakan jika Sandiaga Salahudin Uno adalah pengusaha dan politisi ganteng. Saya bingung kok Google bisa tau ya kelebihan Pak Sandiaga itu doang," ujar Kiky.

Kiky pun mempertanyakan hobi pengusaha dan politisi ganteng. Kiky berspekulasi Sandiaga gemar dengan olahraga dan lari lantaran uangnya habis untuk kampanye, sehingga tidak bisa ikut olahraga lain.

Puncaknya, Kiky membahas niat Sandiaga Uno yang ingin mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2024. Menurutnya, Sandiaga tak perlu jadi capres karena sudah cocok menjadi menteri saja.

Tampak Sandiaga tertawa menikmati roastingan dari Kiky Saputri, banyak warganet yang mengapresiasi keberanian Kiky tersebut.

Baca Juga: Ganjar Bantah Minta Cut Video Di-roasting Kiky Saputri: Kurang Keras

4. Ridwan Kamil

Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky SaputriGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain Menparekraf Sandiaga Uno, dalam acara perayaan HUT Indonesia ke28 dalam Konser Raya 28 Tahun Indosiar, Kiky Saputri juga mendapat kehormatan untuk meroasting Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kiky mengapresiasi kemurahan hati Gubernur Jawa Barat itu karena masih mau mendengarkan suara rakyat. Kiky menyebut Ridwan Kamil sebagai bapak sosial media lantaran memiliki followers hingga 19 juta di Instagram.

"UMR Jawa Barat saja enggak sampai Rp2 juta, kayaknya enggak usah jadi bapak sosial media kalau enggak bisa jadi bapak buat rakyat kecil," ujar Kiky.

5. Ganjar Pranowo

Ini Daftar 5 Politisi yang Pernah Kena Roasting Kiky SaputriGanjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Belakangan Kiky gencar mengungkapkan kekecewaannya saat tayangan roasting Ganjar Pranowo di acara Lapor Pak! Episode 24 Oktober 2023 lantaran banyak dipotong. Kiky menyebut jika dirinya telah menduga akan banyak adegan yang dipotong, namun dia tetap kesal karena tujuannya untuk menyampaikan keresahan rakyat tidak terpenuhi.

"Kalo ojol biasa kan rambutnya bau matahari, ini kan bau-baunya ingin nyari suara," ujar Kiky.

Kiky menulis jika dari awal dia telah diminta tak menyinggung bahasan soal Wadas, U-20, dan keluarga sehingga dia tidak membahas, namun roastingannya yang lain tidak ditampilkan.

Baca Juga: Kiky Saputri Spill Detail Larangan Saat Roasting Ganjar Pranowo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya