Wapres Minta Universitas Darunnajah Majukan Pendidikan Berbasis Agama

Genenerasi muslim yang moderat dalam pembangunan bangsa

Jakarta, IDN Times – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengharapkan agar Universitas Darunnajah bisa jadi inspirasi Islam moderat. Perguruan tinggi berbasis pesantren ini diminta harus melahirkan generasi muslim yang menyebarluaskan narasi Islam yang moderat, dan menggerakan pembangunan dan kemajuan negara serta menjadi pemersatu bangsa yang kaya dengan keragaman budaya melalui proses pembelajaran.

“Mereka harus menjadi orang-orang yang memahami agama, yang berpaham moderat, sehingga Indonesia dapat menjadi rujukan Islam wasathiyah bagi dunia,” ujar Kiai Ma’ruf dalam sambutannya dalam acara grand launching Universitas Darunnajah di Jakarta, Senin (7/11/2022).

1. Universitas Darunnajah diresmikan secara daring oleh Wapres

Wapres Minta Universitas Darunnajah Majukan Pendidikan Berbasis AgamaWapres K.H. Ma'ruf Amin memberikan sambutan sekaligus peresmian Univ. Darunnajah (Raihan Ali/IDN TImes)

Peresmian Universitas Darunnajah dilakukan secara daring oleh Wapres Ma'ruf Amin. Dalam sambutannya Ma’ruf Amin mengatakan potensi manusia akan menjadi optimal melalui pendidikan.

Selain itu, pendidikan pula lah yang menjaga keberlangsungan kemampuan dan tingkat kompetitif individu.

Dia menjelaskan, agar seorang bisa menjadi moderat, maka dapat ditempuh dengan memperdalam ilmu-ilmu keislaman. “Al-Ulum as-Syar'iyyah dalam rangka i'dadul mutafaqqihiina fid diin,” ungkapnya.

Baca Juga: Cegah Kekerasan Seksual Sekolah Agama-Pesantren, Kemenag Terbitkan PMA

2. Harapan K.H. Ma’ruf Amin kepada Universitas Darunnajah

Wapres Minta Universitas Darunnajah Majukan Pendidikan Berbasis AgamaGrand launching Univ.Darunnajah (Raihan Ali/IDN Times)

Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu menyatakan empat harapannya pada universitas yang dikelola melalui wakaf tersebut. Pertama, ia meminta Universitas Darunnajah menjalankan pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Kedua, universitas diminta menjadi tempat untuk mengembangkan keahlian dan bakat individu yang dipersiapkan untuk memajukan perkonomian dan mengurangi kemiskinan negara. Diharap bukan hanya mewujudkan tenaga kerja yang berkompetitif di tingkat nasional, melainkan di tingkat global.

Ketiga, Universitas Darunnajah juga diminta harus mengoptimalkan fungsi pengembangan pengetahuan dan teknologi terbaru melalui penelitian serta melakukan inovasi secara terus menerus dan mengembangkan kerjasama seluas-luasnya dengan intitusi lain baik dalam maupun luar negeri.

Keempat, berkontribusi dalam mengembangkan dan menyebarkan ilmu-ilmu keislaman berpaham moderat sehingga Indonesia dapat menjadi rujukan Islam bagi dunia.

Baca Juga: Kuliah Sambil Mondok, Ini 7 Pesantren Buat Mahasiswa di Bandar Lampung

3. Dihadiri ratusan undangan ulama pengasuh pesantren berbagai daerah di Indonesia

Wapres Minta Universitas Darunnajah Majukan Pendidikan Berbasis AgamaTamu Undangan yang menghadiri peresmian Universitas Darunnajah (Raihan Ali/IDN Times)

Acara peresmian Universitas Darunnajah terpantau dihadiri ratusan tamu undangan dari ulama pengasuh pesantren berbagai daerah di Indonesia, hingga tamu undangan dari universitas Islam dari beberapa negara tetangga.

Selain itu peresmian juga turut dihadiri Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 serta Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, dan Pimpinan Pondok Pesantren Modern Gontor, K.H. Hasan Abdullah Sahal.

“Kami memohon doa kepada semuanya agar dapat terus mendidik generasi bangsa dan berkhidmah kepada umat,” kata Kiai Sofwan Mannah, Ketua Pondok Pesantren Darunnajah.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya