Masih Masuk Kemarau Tapi Sudah Hujan Terus, Ternyata Gegara Hal Ini

BMKG minta masyarakat waspada

Jakarta, IDN Times - Hujan dengan intensitas rendah dan tinggi diperkirakan masih akan terus terjadi sepekan ke depan. Hujan beberapa waktu belakangan sendiri diketahui telah membuat banjir di sejumlah wilayah, seperti yang terjadi pada hari ini, Sabtu 16 Juli 2022.

Publik pasti ada yang bertanya-tanya, saat ini masih masuk musim kemarau tetapi mengapa sudah turun hujan terus. Terkait hal ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian angkat suara.

1. Penyebab hujan turun terus di musim kemarau

Masih Masuk Kemarau Tapi Sudah Hujan Terus, Ternyata Gegara Hal IniIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, mengatakan penyebab hujan terus turun padahal masih masuk musim kemarau karena adanya fenomena dinamika atmosfer skala global-regional yang cukup signifikan. Yakni di antaranya fenomena La Nina pada Juli ini yang diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah.

Dengan begitu, akan ada pengaruh penyediaan uap air secara umum di atmosfer Indonesia.

"Selain La Nina, fenomena Dipole Mode di wilayah Samudera Hindia saat ini juga menunjukkan indeks yang cukup berpengaruh dalam memicu peningkatan curah hujan terutama wilayah Indonesia bagian barat," kata Guswanto dalam keterangannya, di Jakarta.

Baca Juga: Diguyur Hujan Semaleman, 6 Kelurahan di Bekasi Terendam Banjir

2. Pola belokan angin juga tingkatkan pembentukan awan hujan

Masih Masuk Kemarau Tapi Sudah Hujan Terus, Ternyata Gegara Hal IniIlustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Lebih lanjut, Guswanto bilang, pada skala regional, ada sejumlah fenomena gelombang atmosfer yang aktif meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan awan hujan, yaitu; MJO (Madden Jullian Oscillation), gelombang Kelvin, dan gelombang Rossby yang terjadi pada periode yang sama.

"Adanya pola belokan angin dan daerah pertemuan serta perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar Sumatera bagian selatan dan di Jawa bagian barat juga mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah tersebut didukung dengan anomali suhu muka laut positif yang dapat meningkatkan potensi uap air di atmosfer," ujarnya.

Kata dia, kendati saat ini sebagian wilayah di Indonesia masih masuk musim kemarau, tetapi karena adanya fenomena-fenomena atmosfer di atas membuat dinamika cuaca berdampak pada turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca Juga: 92 RT di Jakarta Terendam Banjir, Tinggi Air di Cawang hingga 200 Cm

3. BMKG minta masyarakat Jabodetabek waspada

Masih Masuk Kemarau Tapi Sudah Hujan Terus, Ternyata Gegara Hal IniIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Pada kesempatan itu, BMKG juga meminta masyarakat di sekitar Jabodetabek perlu mewaspadai potensi hujan sedang sampai lebar dan disertai kilat atau petir di siang dan sore hari. Hal itu, kata BMKG, terpantau berpotensi terjadi di wilayah barat, timur, dan selatan.

Adapun, adanya potensi hujan dikatakan bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang. Sedangkan terkait musim kemarau, Guswanto juga mewanti-wanti agar masyarakat waspada terhadap dampak kekeringan.

"Hemat dan gunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama," pungkasnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya