Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres Tertunda

Kongres V PAN berlangsung di Kendari

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, menyambut baik kehadiran Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno. Bahkan, dia menyebut Sandiaga sebagai wakil presiden tertunda.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengatakan kompetisi dalam memperebutkan kursi Ketua Umum PAN periode 2020-2025 dalam Kongres ke V PAN, tidak akan memecah kader partai.

Zulkifli yang disebut-sebut akan mencalonkan kembali sebagai ketua umum, dalam pidato pembukaan kongres menyebutkan satu per satu kandidat caketum PAN, namun tidak menyebutkan nama Mulfachri Harahap.

"Calon ketua umum PAN sahabat saya saudara Asman Abnur, Mas Dradjat Wibowo, sahabat kita, sahabat saya juga," kata Zulkifli dalam pembukaan Kongres ke V PAN, di Kendari, Sulawesi Tenggara, seperti dilansir Antara, Senin malam (10/2).

1. Zulkifli sebut Sandiaga wapres yang tertunda

Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres Tertunda(ANTARA FOTO/Jojon)

Di awal sambutannya, Zulkifli menyapa satu per satu tokoh PAN yang hadir, mulai dari Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno. Bahkan, Wakil Ketua MPR RI itu menyebut Sandiaga sebagai wapres.

"Wapres kita Sandiaga Uno. Beri tepuk tangan yang meriah, wapres kita kemarin. Mudah-mudahan wapres yang tertunda karena masih muda," ujar dia, disambut tepuk tangan hadirin.

Baca Juga: Pengamat: Pengaruh Amien Rais Masih Sangat Besar di PAN

2. Zulkifli sebut PAN lahir untuk meluruskan cita-cita Indonesia merdeka

Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres Tertunda(ANTARA FOTO/Jojon)

Zulkifli mengatakan PAN lahir di tengah-tengah perjuangan reformasi 1998 dengan tokoh utamanya Amien Rais, untuk meluruskan cita-cita Indonesia merdeka. Dia mengklaim cita-cita PAN adalah merdeka, bersatu, berdaulat, karena dengan berdaulat, Indonesia bisa berlaku adil.

"Dengan berlaku adil maka Indonesia bisa setara. Kesetaraan, keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia itu adalah cita-cita PAN yang dilahirkan pak Amien Rais dan kawan-kawan pada waktu itu," kata dia.

3. Amien Rais dan Wakil Ketum PAN Mulfachri Harahap tidak hadir

Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres TertundaAmien Rais saat menghadiri Musywil PAN Jatim, Minggu (12/1). (IDN Times/Fitria Madia)

Dalam pembukaan kongres ke V PAN di lapangan MTQ, Kendari itu, Wakil Ketua Umum DPP PAN Mulfachri Harahap dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tidak hadir.

PAN menggelar kongres ke V pada 10-12 Februari 2020 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Banyak hal yang akan dibahas dalam momentum tersebut, salah satunya pemilihan Ketua Umum DPP PAN periode 2020-2025.

Ada empat kandidat yang akan ikut kontestasi pemilihan caketum PAN 2020-2025 yaitu Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Dradjat Wibowo.

4. Sempat ricuh karena protes dari sejumlah pengurus PAN

Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres Tertunda(ANTARA FOTO/Asmin Darsito)

Sejumlah pengurus dari 27 DPD PAN Maluku dan Maluku Utara melakukan protes hingga mengakibatkan kericuhan di lokasi kongres.

Kericuhan terjadi akibat proses registrasi peserta kongres ditolak panitia penyelenggara kongres PAN. Namun, akhirnya kericuhan berhasil diredamkan.

Baca Juga: Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PAN

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya