Ganjar Tanggapi Roy Suryo soal Mikrofon Debat Capres-Cawapres

Menurut Ganjar semua kandidat punya jatah mik sama

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menyebut mikrofon atau mik untuk peserta debat untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024 memang ada tiga.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar untuk meluruskan pernyataan pakar telematika Roy Suryo, yang mempertanyakan banyaknya mikrofon yang dipakai cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

"Ada tiga memang, semuanya punya jatah yang sama. Jadi ada menempel di telinga, ada yang kemudian mikrofon yang dijepit (clip on) di baju, dan ada mikrofon yang dipegang (handheld)," kata Ganjar, dikutip ANTARA, Minggu (24/12/2023).

Baca Juga: Roy Suryo Tuduh Gibran Curang saat Debat, Ketua KPU: Tukang Fitnah!

1. Ganjar minta Roy Suryo tanyakan langsung ke tiga cawapres

Ganjar Tanggapi Roy Suryo soal Mikrofon Debat Capres-CawapresRoy Suryo hadiri pemakaman almarhumah Vanessa Angel dan suaminya, almarhum Febri 'Bibi' Andriansyah di Taman Makam Islam Malaka pada Jumat (5/11/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar pun mempersilakan Roy Suryo untuk mempertanyakan langsung kepada para cawapres, yang harus memakai ketiga-tiganya mik yang disediakan.

"Gampang saja, tanyakan saja orangnya," ucap Gubernur Jawa Tengah dua periode itu (2013-2023).

2. Ganjar sebut alasan kandidat pakai tiga mikrofon

Ganjar Tanggapi Roy Suryo soal Mikrofon Debat Capres-CawapresDebat Cawapres perdana pada Jumat (22/12/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ganjar menduga tiga mikrofon dipersiapkan agar jika salah satunya mengalami gangguan, masih ada dua yang masih berfungsi atau sebagai cadangan.

"Sebenarnya kalau saya ditanya, saya tidak tahu teknologi yang lebih canggih soal itu. Rasa-rasanya sih mereka menyiapkan tiga untuk cadangan, kalau satu tidak berfungsi masih ada pegangan," kata Ganjar.

"Saya dulu waktu dapat tiga mik itu, berpikir itu banyak sekali. Tapi 'oh, ada orang yang punya pemikiran lain' mungkin mereka punya ilmunya sendiri," sambungnya Ganjar.

Baca Juga: Alat Bantu hingga Ejaan SGIE Gibran saat Debat Disorot Warganet

3. Roy Suryo mempertanyakan tiga mikrofon yang dipakai Gibran saat debat

Ganjar Tanggapi Roy Suryo soal Mikrofon Debat Capres-Cawapres(X/@KRMTRoySuryo1)

Diketahui, dalam unggahan Roy Suryo di media sosial, pakar telematika itu mempertanyakan tiga mikrofon yang digunakan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, mulai dari clip-on, hand-held, hingga headset.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), tiga cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023 malam, menggunakan alat mikrofon yang sama.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan alat yang berada di telinga tiga cawapres merupakan cantolan mik.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," jelas Hasyim.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/ZZQOAgH_mzc

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya