PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog Pers

TPN janjikan Prabowo hadir hari ini

Jakarta, IDN Times - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kecewa atas ketidakhadiran Calon Presiden (Capres) nomor dua Prabowo Subianto menghadiri acara Dialog Capres dengan Pers.

Pihak Ketua Komunikasi Tim Pemenangan Nasional Pasangan Calon Nomor 2, Budi Satrio Djiwandono, sempat menjanjikan Prabowo akan hadir ke acara yang digelar di kantor pusat PWI di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan segenap Pengurus PWI Pusat dan Pengurus PWI Provinsi kecewa, karena PWI telah mempersiapkan seluruh aspek teknis untuk acara tersebut.

Baca Juga: Anies: KPK Masih Dibutuhkan untuk Berantas Korupsi karena Keserakahan

1. Prabowo akan hadir memenuhi undangan PWI pada 4 Januari 2024

PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog PersCalon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, bersama Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke Aceh demi peringatan 19 tahun tragedi tsunami (IDN Times / Irfan Faturrohman)

Pembatalan kehadiran Prabowo disampaikan Budi Djiwandono pada Kamis malam, 28 Desember 2023.

“Mudah-mudahan komunikasi dengan TKN Prabowo-Gibran dapat berjalan dengan baik. Sehingga masing-masing pihak memperoleh manfaat yang pada akhirnya berguna untuk masyarakat pada umumnya, khususnya terkait dengan pemilihan presiden dan legislatif. Sebagaimana sudah terjalin dengan TKN Capres Ganjar Pranowo dan TKN Capres Anies Baswedan,” ujar Hendry Ch Bangun, dalam keterangan tertulis, Jumat (29/12/2023).

TPN pasangan capres nomor urut dua dalam surat tertulis kepada PWI hari ini, menjanjikan Prabowo akan hadir memenuhi undangan PWI pada 4 Januari 2024.

"Bapak Prabowo Subianto akan hadir ke PWI pada 4 Januari 2024 dalam acara berformat silaturahmi," demikian surat yang diteken Ketua Koordinator Strategis Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Nusron Wahid.

2. Anies dan Ganjar penuhi undangan PWI

PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog PersTiga paslon presiden dan wakil presiden saat mengikuti debat di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo memenuhi undangan tersebut pada Kamis, 30 November 2023 dan Capres nomor urut satu Anies Baswedan hadir di PWI Pusat sehari setelahnya, Jumat, 1 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar dan Anies menyampaikan visi, misi dan program unggulannya kepada PWI dan awak media nasional. Format acara hybrid itu juga diikuti secara daring oleh 38 pengurus cabang (provinsi) dan cabang khusus Solo.

Sebagaimana disampaikan dalam surat undangan resmi PWI Pusat kepada tiga calon presiden tertanggal 6 November 2023, penyampaian visi misi diharapkan dilakukan antara 28 November-10 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari menjelang Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2024 yang bakal diadakan di Jakarta, bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”.

PWI sebagai organisasi tertua (lahir 9 Februari 1946 di Solo) dan terbesar di Tanah Air, dengan anggota 20 ribu lebih tersebar di 38 provinsi dan cabang khusus Solo, ingin menjadikan event pra-HPN ini sebagai bentuk partisipasi media sebagai pilar keempat demokrasi.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Berbagai Tantangan Media Massa di Era Digital

3. PWI berlakukan format acara yang sama kepada semua capres

PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog PersKetiga paslon capres dan cawapres yang akan maju di 2024 memegang piagam dengan masing-masing nomor urut pada Selasa (14/11/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Acara Road To HPN ini memiliki format, di mana capres dalam 15 menit pertama menjawab lima pertanyaan terkait penguatan nilai-nilai demokrasi, penghormatan konstitusi, tata pengelolaan pemerintah yang baik dan konstitusi, komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan nepotisme, serta komitmen terhadap kemerdekaan pers dan kemerdekaan berekspresi.

Berikutnya, kesempatan diberikan kepada tiga sampai empat tokoh pers yang hadir untuk menyampaikan pertanyaan, dan diikuti tiga sampai empat ketua PWI provinsi melalui aplikasi Zoom.

PWI memberlakukan format acara yang sama kepada semua capres, termasuk peliputan terbuka oleh awak media. "Semuanya on the record, sama persis dengan capres Ganjar dan Anies. Tidak ada pengecualian, agar fair, " kata Uni Lubis, Ketua I Dewan Pengarah HPN 2024 kepada IDN Times.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/ZZQOAgH_mzc

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya