5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 Jam

Ratusan pemudik sepeda motor ngamuk ke petugas pelabuhan

Jakarta, IDN Times - Aktivitas mudik Lebaran ke kampung halaman mulai mendekati puncaknya pada pekan ini. Meski telah mengikuti anjuran pemerintah untuk pulang ke kampung halaman lebih awal, namun sebagian pemudik tetap terjebak kemacetan dan antre selama berjam-jam. Situasi tersebut jamak ditemukan di Pelabuhan Merak, Banten. 

Kemacetan parah sudah dimulai dari Gerbang Tol Merak Banten pada Rabu, 27 April 2022. Padatnya jumlah pemudik mengakibatkan calon penumpang harus menunggu hingga empat jam lamanya hanya untuk bisa masuk ke dalam kapal. 

Banyak yang menyayangkan dan mengeluh mengenai hal ini di media sosial. Pengguna platform Twitter saling berbagi informasi, dan cerita mengenai kondisi terkini jalanan menuju ke Pelabuhan Merak. 

"Tetangga rumah dari Cirendeu jam 5 pagi, jam 11 masih baru mau turun tol," tulis salah satu akun di Twitter, seperti dikutip pada Rabu kemarin. 

Di sisi lain, cekcok juga sempat terjadi antara pemudik sepeda motor dengan petugas di pelabuhan. Mereka memprotes petugas jaga di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, lantaran sudah menunggu berjam-jam, tapi tetap tak dibolehkan masuk ke dalam kapal. 

Ratusan pengendara sepeda motor di Dermaga 2 Pelabuhan Merak terlibat cekcok lantaran sudah menunggu antrean sejak Senin, 25 April 2022 pukul 23.00 WIB, namun hingga Selasa, 26 April 2022 dini hari, mereka masih belum dibolehkan masuk ke dalam kapal. Petugas pelabuhan diduga lebih mendahulukan masuk kendaraan roda empat ke dalam kapal.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, pun mengimbau pemudik agar menyeberang pada siang hari ketimbang malam. Lantaran, situasi pelabuhan lebih padat saat malam hari. 

Berikut sejumlah foto yang menggambarkan antrean pemudik hingga berjam-jam di Pelabuhan Merak untuk dapat menyeberang ke Pulau Sumatra.

1. Kepadatan pemudik sudah dirasakan jauh sebelum puncak mudik pada 30 April 2022

5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 JamSejumlah pemudik pejalan kaki antre masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Baca Juga: Mulai Malam Ini, Truk Dilarang Melintas di Pelabuhan Merak 

2. Calon penumpang harus antre sekitar 4-5 jam untuk bisa masuk ke Pelabuhan Merak

5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 JamRatusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan sebelum masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

3. Kemenhub sebut antrean berjam-jam terjadi karena kantong parkir di Pelabuhan Merak sudah penuh

5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 JamPemudik bersepeda motor dengan membawa anak antre menunggu giliran masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

4. Kemenhub janji tambah 34 unit kapal penyeberangan setiap hari untuk kurangi antrean

5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 JamRatusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. (ANTARA FOTO/Asep Fatulrahman)

5. Masyarakat diimbau menyeberang ke Pulau Sumatra pada siang hari, cegah kemacetan pada malam hari

5 Potret Antrean Kendaraan Mudik di Merak yang Makan Waktu 5 JamRatusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. (ANTARA FOTO/Fathulrahman)

Semoga jangan sampai terulang ya seperti tragedi Brexit di Tol Cikopo - Palimanan (Tol Cipali) pada saat mudik Lebaran 2016, yang terjadi antrean panjang hingga belasan bahkan puluhan jam dan menewaskan sejumlah orang.

Baca Juga: Pemudik Adu Mulut dengan Petugas Tiket Pelabuhan Merak 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya