Comscore Tracker

Deretan Artis yang Disebut KPK Terima Mobil Mewah dari Wawan

Wawan didakwa rugikan negara Rp94,2 miliar dari korupsi

Jakarta, IDN Times - Sudah jatuh tertimpa tangga pula mungkin merupakan kalimat yang cocok bagi adik mantan Gubernur Banten, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Betapa tidak di saat ia tengah menjalani vonis delapan tahun untuk dua kasus korupsi berbeda, Wawan harus kembali duduk di kursi pesakitan. 

Dalam sidang perdana yang digelar pada Kamis (31/10), Wawan didakwa melakukan dua tindak kejahatan rasuah. Pertama, ia telah korupsi pada pengadaan alat kedokteran RS rujukan Banten pada APBD TA 2012 dan APBD Perubahan 2012. Ia juga korupsi pengadaan alat kesehatan kedokteran umum Puskesmas kota Tangerang Selatan tahun 2012. Kedua, Wawan melakukan pencucian uang dari tindak kejahatan korupsinya tersebut. 

Dari perbuatan korupsi pengadaan alat kesehatan, suami dari Wali Kota Tangerang Selatan tersebut telah diuntungkan Rp58 miliar. Sementara, negara dirugikan sebanyak Rp94 miliar. 

"Terdakwa Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan selaku pemilik atau komisaris utama bersama-sama dengan Ratu Atut Chosiyah baik selaku pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten sejak tanggal 10 Oktober 2005 dan Gubernur Banten yang menjabat selama dua periode yaitu periode tahun 2007 - 2012 dan tahun 2012 - 2017 dalam pengadaan alat kedokteran RS rujukan provinsi Banten TA 2012 dan APBD-P TA 2012 yang dapat merugikan keuangan negara sebesar Rp79,7 miliar dan terkait pengadaan alkes Kedokteran Umum Puskesmas Kota Tangerang Selatan TA 2012 senilai Rp14,5 miliar," ujar Jaksa KPK, Asri Irwan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Kamis kemarin. 

Uniknya, dalam kasus korupsi ini turut menyeret nama sejumlah publik figur. KPK menyebut publik figur tersebut telah menerima hadiah berupa mobil mewah dari Wawan. Siapa saja kah mereka?

1. Nama Jenifer Dunn, Catherine Wilson, hingga penyanyi Rebecca Reijman diduga pernah terima mobil mewah dari Wawan

Deretan Artis yang Disebut KPK Terima Mobil Mewah dari Wawan(Deretan mobil mewah milik Wawan yang pernah disita oleh KPK) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Dakwaan yang disusun oleh jaksa tebalnya mencapai 366 halaman. Namun, ketika ditunjukkan ke ruang sidang, publik terkejut lantaran tebalnya surat dakwaan tersebut. 

Di dalam dakwaan itu, jaksa KPK menyebut lima publik figur yakni Catherine Wilson, Jenifer Dunn, Aima Diaz, Rebecca Soejatie Reijman dan Renny Yuliani. Catherine atau yang akrab disapa Keket ditulis oleh jaksa pernah menerima mobil mewah Nisan Elgrand type keluaran tahun 2008. 

Wawan diketahui membeli mobil itu senilai Rp650 juta pada 17 Januari 2009 lalu. Lalu, sekitar Mei 2012, mobil itu dibalik nama menjadi Catherine Wilson dan Selvia (kakak Catherine). 

Sedangkan, kendaraan yang diterima oleh aktris Jenifer Dunn yakni Toyota Velfire warna putih keluaran tahun 2013. Mobil itu telah disita oleh KPK pada 2014 lalu. 

"Nomor polisi B510 JDC seharga Rp910 juta. Mobil tersebut diatasnamakan Jenifer Dunn," demikian isi surat dakwaan yang dibacakan kemarin. 

Kemudian jaksa menyebut pada Januari 2012 lalu Wawan membeli mobil Honda CRV warna abu-abu dengan nomor polisi B 1413 SJF senilai Rp383 juta. 

"Selanjutnya, terdakwa memberikan mobil CRV tersebut kepada Rebecca Soejatie Reijman," kata jaksa. 

Sementara, untuk aktris Aima Diaz menerima mobil mewah BMW 320i warna hitam metalik keluaran tahun 2005. 

"Mobil dengan nomor polisi B1621 TO dialihkan kepada Aima Mawaddah Warahmah. Kemudian, sekitar Oktober 2013, Aima menjual mobil itu ke Adit seharga Rp230 juta," tutur jaksa. 

Sedangkan, aktris Renny Yuliani menerima sebuah mobil Mercedes Benz C200 dengan harga Rp575 juta pada tahun 2009. Di tahun yang sama, ia jual mobil tersebut dengan harga Rp284 juta. 

Baca Juga: Wawan Jadi Tersangka Lagi karena Diduga Beri Suap di Lapas Sukamiskin

2. Aktris Jenifer Dunn juga disebut menerima uang dari Wawan senilai hampir Rp4 miliar

Deretan Artis yang Disebut KPK Terima Mobil Mewah dari WawanInstagram.com/jeje.dunn

Selain diberikan mobil mewah, aktris Jenifer Dunn diketahui juga menerima aliran dana dari Wawan. Tercatat ada tiga aliran dana dari rekening bernama Yayah Rodiah pada tahun 2013 yakni pada tanggal 30 Januari sebanyak dua kali dan 6 September. 

Setoran pertama pada 30 Januari sebesar Rp1 miliar. Lalu, setoran kedua diterima Jenifer Dunn senilai Rp1,9 miliar dan setoran ketiga, senilai Rp1 miliar. 

"Selanjutnya saldo akhir yang tersisa pada rekening BCA atas nama Jenifer Dunn per 24 Juni 2016 adalah sebesar Rp44,5 juta," demikian kata jaksa. 

Jenifer sendiri pernah diperiksa oleh penyidik KPK pada tahun 2014 lalu. Kuasa hukum Jenifer saat itu, Hotman Paris Hutapea menyebut kliennya diperiksa selama lima jam oleh penyidik. Ia sempat ditanya mengenai mobil pemberian Wawan tersebut. 

"Jadi, Jenifer mengakui mobil itu adalah pemberian Wawan dalam kaitan pekerjaan, karena Jenifer diajak masuk di PH (production house) miliknya," kata Hotman lima tahun lalu. 

3. Wawan terjerat lima sangkaan perbuatan korupsi

Deretan Artis yang Disebut KPK Terima Mobil Mewah dari Wawan(Adik Gubernur Banten Tubagus Chaeri Wardana) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Selain dua dakwaan tindak kejahatan korupsi tadi, Wawan sudah berada di Lapas Sukamiskin lantaran terbukti melakukan dua tindak kejahatan rasuah. Pertama, ia memberikan suap kepada mantan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar senilai Rp1 miliar dalam sidang gugatan perkara Pilkada Lebak pada 2013 lalu. 

Kedua, Wawan terbukti melakukan korupsi pembangunan tiga puskesmas dan RSUD Kota Tangerang. Dari korupsi ini, Wawan telah merugikan negara Rp9,6 miliar. Anehnya, ia hanya dijatuhi vonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim. 

Ada satu dakwaan yang belum dimasukan ke dalam 366 halaman surat dakwaan tersebut yakni mengenai perkara dugaan Wawan memberikan suap kepada eks kepala lapas Sukamiskin agar bisa mendapatkan izin keluar dari lapas. Tidak diketahui dengan jelas mengapa dugaan perbuatan itu tidak dimasukan ke dalam surat dakwaan. 

Baca Juga: Ini Deretan Aset Milik Wawan Senilai Rp500 Miliar yang Disita KPK

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya