Nama Ketua KADIN Arsjad Rasjid Masuk Bursa Cawapres Partai Buruh

Padahal, KADIN dukung penerbitan Perppu soal Cipta Kerja

Jakarta, IDN Times - Selain mengumumkan bursa nama calon presiden, Partai Buruh juga menyampaikan nama-nama yang direkomendasikan untuk diajukan sebagai cawapres. Salah satu nama yang direkomendasikan oleh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Buruh adalah Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid. 

Ketua Umum Partai Buruh, Said Iqbal menjelaskan nama Arsjad didukung oleh 21 provinsi. Ia pun berdalih membutuhkan sosok pengusaha agar bisa mendukung capres yang diajukan nanti. Meskipun Said mengakui bahwa Partai Buruh tak dapat mengajukan capres seorang diri karena terbentur persyaratan presidential treshold

"Arsjad Rasyid didukung oleh 21 provinsi. Kami akui kami butuh pengusaha yang baik, jangan berhadap-hadapan walaupun kami kelas pekerja. Seperti Lula (Presiden Brasil), dia (pemimpin) sayap kiri tengah, tapi wakil presidennya adalah sayap kanan. Tapi, dia akhirnya berkompromi juga. Dia pilih wakil presidennya yang baik, bukan pro sistem outsourcing, pro upah murah, memiliki pertambangan yang merugikan rakyat," ungkap Said ketika memberikan keterangan pers di Hotel Ciputra Grogol, Jakarta Barat pada Selasa, (17/1/2023). 

Munculnya nama Arsjad dalam bursa cawapres Partai Buruh menjadi tanda tanya. Lantaran Arsjad berasal dari kalangan pengusaha. Selain itu, KADIN diketahui merupakan motor penggerak di balik pengesahan UU Cipta Kerja yang sempat dinyatakan inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi (MK). 

Bahkan, Partai Buruh dalam aksi pada Senin (16/1/2023) lalu mendesak agar pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar segera mencabut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja. 

Selain nama Arsjad, ada pula satu nama cawapres alternatif lainnya. Siapa nama cawapres hasil rekomendasi Partai Buruh?

1. Mahfud MD dan Najwa Shihab juga masuk ke dalam cawapres alternatif Partai Buruh

Nama Ketua KADIN Arsjad Rasjid Masuk Bursa Cawapres Partai BuruhMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Selain Asjad, ada pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD yang turut masuk dalam bursa cawapres Partai Buruh. Mahfud didukung oleh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) dari tiga provinsi. 

"Cawapres alternatif lainnya yaitu Said Iqbal yang didukung 7 provinsi dan Najwa Shihab didukung oleh 3 provinsi. Najwa rupanya populer di kalangan kawan-kawan Partai Buruh," kata Said. 

Selain itu, ada pula Ketua Serikat Petani Indonesia, Henri Saragih yang didukung oleh DPW Partai Buruh di dua provinsi. "Lalu, ada pula Khofifah Indarparawansa yang didukung oleh satu provinsi yakni Jawa Timur," ujarnya lagi. 

Dalam jumpa pers tersebut, ia mengatakan nama-nama yang masuk ke dalam bursa capres atau cawapres belum menjadi keputusan akhir Partai Buruh. Penentuan bakal dilakukan saat digelar konvensi. 

Meski begitu, Said mengaku bakal melakukan pendekatan dan lobi yang serius terhadap Najwa. Hal itu lantaran Partai Buruh ingin mengusung capres perempuan. Bahkan, ia sampai berkelakar rela mundur dari bursa capres asal Najwa tetap berjuang. 

"Saya mundur pun dari bursa capres gak apa-apa. Saya serius! Karena kami ingin ada capres perempuan," ujarnya. 

Baca Juga: Najwa Shihab, Ganjar, Anies Direkomendasikan Jadi Capres Partai Buruh

2. Konvensi Partai Buruh bakal digelar pada Juni 2023

Nama Ketua KADIN Arsjad Rasjid Masuk Bursa Cawapres Partai BuruhPresiden Partai Buruh, Said Iqbal saat bicara di Kongres Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Lebih lanjut, Said menjelaskan konvensi untuk menentukan capres Partai Buruh diperkirakan bakal digelar pada Juni 2023. Sementara, pengajuan gugatan materiil untuk presidential treshold di Mahkamah Konstitusi (MK), rencananya bakal diajukan pada Mei. Mereka mengaku juga sudah menyiapkan tim hukum untuk mengajukan gugatan ke MK.  

"Mungkin kami akan mengambil momentum 1 Mei, May Day," kata Said. 

Ia berencana bakal mengajak sekitar 400 ribu buruh akan berkumpul di Gelora Bung Karno pada May Day. Namun, bila hal tersebut mendapat izin. 

"Kami akan deklarasi darah juang. Capres dan cawapresnya Partai Buruh. Seluruh dunia akan menonton itu karena kan bersamaan dengan momentum May Day," tutur dia lagi. 

3. Proses penjaringan nama capres dan cawapres rekomendasi Partai Buruh diklaim lewat proses demokratis

Nama Ketua KADIN Arsjad Rasjid Masuk Bursa Cawapres Partai BuruhInstagram.com/najwashihab

Lebih lanjut, Said mengatakan penjaringan nama-nama capres dan cawapres sudah dilakukan tiga bulan sebelum rakernas digelar pada Januari 2023. Ia pun menyebut proses penjaringan nama itu dilakukan secara demokratis. Said sebagai ketua umum, mengaku tidak tahu bahwa nama-nama itu akan terjaring. 

"Forum tertingginya Partai Buruh, di antara dua kongres. Satu, rakernas, kedua rapat presidium. Saya aja gak tahu sebagai Presiden Partai Buruh, kemunculan nama Najwa Shihab atau Khofifah. Saya gak tahu," kata dia.

Bahkan, Said mengaku tidak tahu mengapa namanya ikut terjaring sebagai capres pada pemilu 2024. Namun, nama-nama itu muncul dari hasil rapat exco DPW Partai Buruh di 38 provinsi. 

"Kami pun juga tidak berkomunikasi dan mengonfirmasi sebelum nama-nama yang terjaring ini diumumkan ke publik. Saya saja tidak ajak berkomunikasi untuk diinfokan bahwa nama saya masuk," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Partai Buruh Desak Pemerintahan Jokowi Cabut Perppu Cipta Kerja

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya