Resmi Dukung Prabowo, Eks KSAD Dudung: Di Benak Beliau Hanya Indonesia

Dudung minta warga Banten beri dukungan untuk Prabowo

Jakarta, IDN Times - Eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman, resmi memberikan dukungannya bagi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Momen itu terjadi ketika Dudung ikut dalam kampanye Prabowo di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Sabtu (27/1/2024). Di hadapan para pendukung Prabowo, Dudung mengaku sudah pensiun dan kembali menjadi warga sipil. 

"Saya jenderal TNI (Purn), Dudung Abdurachman. Saya asli (orang) Serang," ujar Dudung seperti dikutip dari video tim media Prabowo-Gibran, Minggu (28/102024). 

Ia mengaku yakin warga Banten akan memilih Prabowo sebagai Presiden pada Pemilu 2024. Penyampaian dukungan bagi Prabowo disampaikan oleh Dudung dalam Bahasa Jawa. 

"Saya orang Serang. Kampung saya di Cilegon, ning kampunge ning Serdang iku loh pareuk pasar iku (kampung saya di Serang, dekat pasar). Jadi, kalau Pak Dudung melu Pak Prabowo, melu kabeh (jadi kalau Pak Dudung ikut Prabowo, ikut semua ya)," tutur dia. 

Baca Juga: Prabowo Minta Pendukung Awasi Agar Tak Ada Perusakan Surat Suara

1. Dudung sebut yang ada di benak Prabowo hanya Indonesia

Resmi Dukung Prabowo, Eks KSAD Dudung: Di Benak Beliau Hanya IndonesiaEks KSAD, Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman ketika berbicara di atas panggung kampanye Prabowo-Gibran. (Tangkapan layar video)

Menurut Dudung, Prabowo adalah calon pemimpin ideal yang dibutuhkan oleh Indonesia. Ia bisa berpendapat begitu lantaran pernah bekerja sama-sama. 

"Beliau kalau dadanya dibelah (isinya) merah putih masih jam 12.00. Berkibar. Di benak Pak Prabowo tidak ada yang lain, di benaknya hanya bangsa dan negara. Tidak ada kepentingan pribadi, kepentingan bangsa dan negara," kata Dudung. 

Oleh sebab itu, ia rela maju dan mendukung Prabowo. Dengan bergabungnya Dudung, maka semakin panjang daftar perwira tinggi TNI aktif yang pensiun yang ada di barisan Prabowo. Selain Prabowo sendiri, sudah ada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agum Gumelar. 

Baca Juga: Nasib HTI-FPI Jika Anies Jadi Presiden: Kita Hormati Keputusan Negara

2. Dudung minta masyarakat tidak terpengaruh calon selain Prabowo

Resmi Dukung Prabowo, Eks KSAD Dudung: Di Benak Beliau Hanya IndonesiaPaslon capres nomor urut 2 Prabowo-Gibran saat kampanye terbuka di Simpang Lima Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dalam Bahasa Jawa, Dudung juga mendorong masyarakat agar tidak terpengaruh dengan calon presiden yang lain. Banten, kata Dudung, agar mengarahkan dukungannya ke Prabowo pada Pemilu 2024. 

"Ajeu terpengaruh sing laine yah (jangan terpengaruh yang lain ya)," ujar Dudung. 

Baca Juga: Pengemudi Bajaj Harap Prabowo-Gibran Bawa Keadilan Rakyat

3. Eks Panglima TNI Jenderal Andika enggan komentari Dudung yang dukung Prabowo

Resmi Dukung Prabowo, Eks KSAD Dudung: Di Benak Beliau Hanya IndonesiaTPN Ganjar-Mahfud (IDN Times/Triyan Pangastuti)

Sementara, menanggapi bergabungnya Dudung mendukung Prabowo-Gibran, Wakil Ketua TPN, Jenderal (Purn) Andika Perkasa enggan memberikan jawaban. Ia meminta media agar langsung menanyakan respons kepada mantan Pangkostrad tersebut. 

"Nanti, tanya aja langsung yang bersangkutan," ujar Andika di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Ia juga sempat menyinggung elektabilitas Ganjar-Mahfud di beberapa lembaga survei. Mantan Panglima TNI itu mengaku masih optimistis paslon nomor urut tiga tersebut bisa memenangkan kontestasi pilpres.

"Bahwasanya ada survei segala macam, itu kan semua juga dilakukan dengan caranya masing-masing. Tapi kita yakin kita punya momentum, artinya kan tidak stagnan terus," katanya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/KKO_c-GBllE

Baca Juga: Anggaran Makan Petugas KPPS Sleman Dipangkas, Anies: Untung Ketahuan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya