Ustaz Abdul Somad Resmi Dukung Anies di Pemilu 2024

UAS kerap ditanya oleh pengikutnya capres mana yang didukung

Jakarta, IDN Times - Pendakwah kenamaan, Ustaz Abdul Somad (UAS), resmi memberikan dukungan kepada capres nomor urut 1, Anies Baswedan, di Pemilu 2024. Dukungan itu disampaikan UAS ketika Anies berkampanye di Pekanbaru, Riau pada Rabu, 13 Desember 2023. 

UAS menyampaikan dukungannya saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkunjung ke Pesantren Ma'had Az-Zahra milik UAS pada Rabu malam kemarin. Awalnya Anies hanya sekedar berkunjung dan mendengarkan ceramah UAS, lalu berubah jadi menginap di kediaman pemuka agama tersebut. Dalam kunjungannya ke Pesantren Ma'had Az-Zahra itu, Anies turut mengajak sang ibu, Aliyah Rasyid. 

"Hari ini saja dari pagi buka IG (Instagram), saya ditanya Ustaz, arah kami ke mana?' Buka WA (WhatsApp) ditanya 'Ustaz kami ikut ke mana (di pemilu)? Kan capek saya jawab. Nah, ini sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. UAS berkontribusi dalam pesta demokrasi Republik Indonesia 14 Februari 2024. Gunakan hak pilih lima menit di TPS (Tempat Pemungutan Suara) karena itu menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan," ujar UAS bersama Anies di Pesantren Ma'had Az-Zahra, Pekanbaru, Riau. 

Ia pun turut mengajak para pengikutnya agar menunjukkan prestasi, tidak mem-bully, tak saling menjelekan paslon tertentu dan tidak memfitnah. "Jangan juga menjadi masyarakat yang kagetan, seakan-akan ini pesta pertama padahal ini adalah pesta sejak 1945," tutur dia lagi. 

Di dalam kunjungan itu, Anies memakaikan jaket AMIN kepada UAS. Perwakilan dari parpol pengusung seperti Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid dan Waketum Partai NasDem Ahmad Ali turut mendampingi Anies ke pesantren milik UAS. 

1. Persahabatan Anies dan UAS terjalin sudah lama

Ustaz Abdul Somad Resmi Dukung Anies di Pemilu 2024Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkunjung ke Pondok Pesantren milik UAS di Pekanbaru, Riau pada 13 Desember 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, UAS mengatakan, sudah mengenal Anies sejak enam tahun lalu. Kali pertama, keduanya berjumpa di acara multaqo atau pertemuan ulama-ulama internasional. 

"Di sana, saya duduk, makan dan minum dan mereka mengatakan ketika itu, ada Bapak Anies Baswedan di dalam. Saya katakan biar lah, saya ada pertemuan. Tak lama setelah itu, Beliau datang ke tempat saya dan duduk di samping saya. Itu terjadi 5 atau 6 tahun lalu," kata UAS mengenang perjumpaan pertamanya dengan Anies. 

Sejak saat itu, kata UAS, Anies kerap menyempatkan hadir di acara-acara yang ia gelar di Jakarta. Termasuk ketika itu melakukan tausiyah di Masjid Cut Nyak Dien, lalu di acara haul KH Zainuddin MZ. Setiap Beliau tahu saya di Jakarta, Beliau kerap datang padahal Beliau sibuk sekali," tutur dia lagi. 

Lalu, UAS pun menyebut sering berkunjung ke rumah Anies di Jakarta. Ia dijamu di sana dan kerap melepas rindu dengan ibunda Anies, Aliyah. Sedangkan, Anies baru bisa sekali berkunjung ke Riau. 

"Jadi, artinya mestinya berkali-kali datangnya. Artinya, persahabatan ini memang sudah lama (terjalin). Seperti bala tentara fana taaraafah minathalaf. Kalau dia ada kecocokan, maka dia akan mudah berkolaborasi atau berinteraksi," ujarnya. 

Baca Juga: Wakanda No More, Timnas AMIN: Tagline Anies Jamin Kebebasan Berpendapat

2. UAS doakan Anies agar tetap sehat selama berkampanye

Ustaz Abdul Somad Resmi Dukung Anies di Pemilu 2024Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkunjung ke Pondok Pesantren milik UAS di Pekanbaru, Riau pada 13 Desember 2023. (Istimewa)

Pada kesempatan itu, UAS juga mendoakan agar Anies tetap sehat selama menjalani kampanye. Sebab ia tahu berkampanye ke seluruh Indonesia membutuhkan stamina dan energi yang kuat. 

"Saya merasakan sendiri. Tentu beban Beliau lebih berat daripada saya yang datang tausiyah, lalu selesai. Sedangkan Beliau melakukan segala macam kegiatan agar bisa memimpin Indonesia ke depan," kata UAS. 

Dalam pertemuan itu, UAS meminta tips kepada Anies agar bisa mengendalikan emosi. Sebab, Anies terlihat bisa tetap tenang ketika menjalani sesi debat perdana capres pada Selasa kemarin. 

"Pada malam ini, kami justru ingin mendapatkan jawaban dan menuntaskan rasa penasaran, gimana caranya mengontrol emosi. Saya kalau sudah debat dengan orang, detak jantung sudah deg-degan. Dia kok bisa tetap tenang, ternyata sudah dilatih sejak SD dan SMP," tutur UAS lagi. 

3. Anies mohon doa dan petunjuk kepada Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad Resmi Dukung Anies di Pemilu 2024Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkampanye di Kampung Bata, Riau pada 13 Desember 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Anies mengaku bersyukur akhirnya bisa mengunjungi pesantren milik UAS di Pekanbaru, Riau. Sebab, sang ibu, Aliyah, sudah lama ingin berkunjung ke pesantren tersebut. 

"Hamdalah hari ini tanggal 13 Desember, niat itu tertunaikan," kata Anies. 

Ia mengaku sempat ngobrol panjang dengan UAS. Menurutnya, hal yang dibicarakan menyangkut pengalaman perjalanan hidup dan refleksi ke depan. 

Mantan Menteri Pendidikan itu juga memohon doa dari UAS dalam menjalani tahapan Pemilu 2024. "Kami mohon dari Beliau sebagai seorang yang memiliki keluasan pandangan, kebijaksanaan dan dalamnya pengetahuan agama, mudah-mudahan bisa menjadi pemberi arahan, pengingat dalam perjalanan dan amanah yang sedang kami kerjakan saat ini," tutur dia. 

https://www.youtube.com/embed/ZedyW9SlrPY

Baca Juga: Penampilan Debat Perdana Disambut Positif, Anies: Alhamdulilah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya