Videotron Iklannya Diturunkan Paksa, Anies: Kita Hadapi Sama-Sama 

Anies apresiasi upaya swadaya untuk buat iklan videotron

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan merespons cuitan yang disampaikan oleh akun Olppaemi Project yang mengabarkan videotron berisi iklan mantan Gubernur DKI Jakarta itu diturunkan tiba-tiba. Ia mengapresiasi urunan swadaya yang dilakukan oleh publik untuk membantunya dalam proses kampanye. Meski semua berakhir tak seperti yang diharapkan. 

"Apresiasi yang setinggi-tingginya buat semua yang sudah jalankan dan dukung inisiatif luar biasa ini walau berujung tidak seperti yang kita harapkan. Tetap semangat, karena sebesar apapun tekanan yang kita terima tidak ada apa-apanya dibandingkan tekanan hidup yang dijalani rakyat kebanyakan setiap hari," demikian cuit Anies di akun platform X pada Selasa (16/1/2024). 

Ia merespons cuitan Olppaemi Project langsung ketika berada di Sorong, Papua. Anies kemudian turut menyemangati semua pihak yang merasa kecewa karena upaya mereka dijegal oleh pihak tertentu. 

"Jadi, apapun tantangan yang kita temui dalam perjuangan untuk masyarakat Indonesia ini, ya kita hadapi sama-sama," kata dia. 

"Terima kasih semuanya, jaga kesehatan ya! Salam dari Sorong, Papua," tutur Anies lagi. 

Videotron berisi iklan Anies yang tiba-tiba diturunkan dipasang di depan Grand Metropolitan Mall, Bekasi dan Graha Bank Mandiri, Jakarta Pusat. Menurut akun Olppaemi Project, mereka sudah memastikan agar iklan videotron itu tayang pada periode 15 Januari 2024 hingga 21 Januari 2024. 

1. Videotron iklan Anies diturunkan tiba-tiba meski kontrak berlaku selama seminggu

Videotron Iklannya Diturunkan Paksa, Anies: Kita Hadapi Sama-Sama LED Ads Anies di depan Grand Metropolitan, Bekasi. (Tangkapan layar Twitter Anies Bubble)

Lebih lanjut, di dalam akunnya, Olppaemi Project hanya menjelaskan bahwa LED ads Anies itu tidak dapat lanjut tayang di dua lokasi karena hal yang disebut berada di luar kuasa mereka. "Saat ini, kami sedang mengupayakan solusi terbaik dengan pihak-pihak terkait. Humanies tidak perlu khawatir dan mohon dukungannya untuk menyertai kami dalam memaksimalkan project serta memberikan update secara berkala," demikian tulis akun tersebut pada Senin kemarin. 

Di sisi lain, mereka juga merasa terharu karena notifikasi yang disampaikan ternyata direspons langsung oleh Anies. "Abah, terima kasih banyak atas apresiasinya. Kami bangga dapat melaksanakan project ini dengan kolaborasi dari Humanies. Kami selalu ingat pesan Abah: terus semangat menghadapi tantangan dan terus berikhtira," kata mereka lagi. 

Baca Juga: Anies Tak Setuju Ada Pembatasan Usia di Lowongan Pekerjaan

2. Dana untuk pasang videotron dilakukan secara patungan

Videotron Iklannya Diturunkan Paksa, Anies: Kita Hadapi Sama-Sama LED Ads Anies di depan Grand Metropolitan, Bekasi. (Tangkapan layar Twitter Anies Bubble)

Sementara, akun Olppaemi Project menolak bila disebut merupakan bagian dari tim kampanye Anies-Muhaimin. Hal itu tertulis di bio mereka di platform X. 

Ide untuk memasang videotron Anies disampaikan ke publik pada 5 Januari 2024 lalu. Mereka kemudian melakukan penggalangan dana. 

"Project ini bersifat dari Humanies untuk Humanies dan tidak terafiliasi oleh tim manapun," demikian cuitan di akun tersebut pada 5 Januari 2024 lalu. 

Humanies merupakan sapaan pihak-pihak yang ingin mendukung Anies. Informasi penggalangan dana tersebut menjadi perbincangan dan sudah menyentuh lebih dari 948 ribu impresi. 

"Ada project dari relawan Anies nih. Project apa? Project mengirimkan foodtruck (truk makanan gratis) ke setiap acara Desak Anis. Plus kami akan membuatkan ads/videotron di titik poin tertentu untuk memperkenalkan abah kita satu ini," demikian yang ditulis oleh admin akun Olppaemi di platform X. 

3. Timnas AMIN mengutuk keras penurunan paksa videotron Anies

Videotron Iklannya Diturunkan Paksa, Anies: Kita Hadapi Sama-Sama Juru bicara timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, juru bicara timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan mengutuk keras penurunan paksa videotron iklan Anies di masa kampanye. Iwan juga menyebut bahwa Timnas AMIN akan menempuh jalur hukum. 

"Kami akan mengambil langkah-langkah hukum," ujar Iwan kepada IDN Times melalui pesan pendek pada hari ini. 

Ia menilai perlakuan yang diterima oleh paslon 01 sangat tidak adil. Iwan menduga kuat bahwa penurunan paksa videotron Anies dilakukan oleh penguasa terhadap aktivitas Anies. 

"Hal ini bukan sekali ini saja terjadi. Tapi, sudah berulang kali," katanya. 

Meski begitu, Timnas AMIN mengaku percaya angin perubahan sudah menjadi kehendak rakyat. Bila rakyat sudah menginginkan perubahan maka tidak ada kekuasaan manapun yang bisa menghalangi. 

"Saat ini rakyat ingin perubahan itu melalui Bapak Anies-Muhaimin," tutur dia lagi. 

https://www.youtube.com/embed/Cyio9ZOaO9c

Baca Juga: Iklan Videotron Anies Baswedan di Jakarta dan Bekasi Kena Take Down

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya