Comscore Tracker

Aksi Siswa SMP Atambua yang Rela Panjat Tiang Bendera Saat HUT RI

Johannes memanjat tiang karena talinya putus

Jakarta, IDN Times - Aksi heroik seorang siswa SMP di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat decak kagum semua orang. Siswa kelas VII bernama Johannes Adekalla tiba-tiba langsung memanjat tiang bendera karena tali tiang benderanya bermasalah.

Pengibaran bendera di area lapangan terbuka pun nyaris gagal kalau tidak dibantu oleh Johannes. Maka, Johannnes pun langsung berinisiatif memanjat tiang bendera memperbaiki masalah tersebut.

Informasi itu dikonfirmasi oleh akun media sosial resmi Kementerian Luar Negeri @Kemlu_RI.

"Bagi adik Joni (dan kita semua), apa pun yang terjadi bendera Merah Putih harus tetap berkibar," tulis akun media sosial Kemlu pada Jumat (17/8).

Video itu pun viral dan menuai banyak pujian. Penasaran bagaimana videonya?

1. Upacara bendera dilakukan di Pantai Motaain tak jauh dari Timor Leste

Upacara bendera peringatan HUT ke-73 berlangsung di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Letaknya hanya berjarak kurang dari satu kilometer dengan perbatasan Timor Leste.

Inspektur upacara bendera hari ini adalah Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan.

Baca Juga: FOTO: Parade Pakaian Daerah Pejabat Tinggi di HUT ke-73 RI

2. Johannes memanjat tiang bendera tanpa menggunakan alat pengaman

Dalam video yang diunggah oleh akun media sosial Kementerian Luar Negeri, Joni tetap memanjat tanpa rasa takut walau kondisi tiang dalam keadaan miring. Layaknya spider man, Joni terus memanjat tanpa alat pengaman apa pun.

Sementara, bendera merah putih tetap dibentangkan di bawah karena tali tiang bendera bermasalah.

3. Wakil bupati memuji Johannes sebagai pahlawan kecil

Ujung tali di tiang bendera yang terputus berhasil diambil oleh Johannes. Tali itu kemudian diambil oleh petugas pengibar bendera dibantu oleh personel TNI-Polri. Mereka langsung mengikatnya dan mengibarkan kembali bendera sambil memberi penghormatan.

Usai melihat aksi heroik bocah SMP itu, Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan, memuji keberanian Johannes. Menurut Ose apa yang dilakukan Johannes adalah sesuatu yang hebat dan mengingatkan kepada perjuangan para pejuang kemerdekaan.

"Ini adalah pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara kemerdekaan. Terima kasih pahlawan kecil, kejadian ini menggugah saya. Kau adalah pahlawan saya," kata Ose seperti dikutip media setempat pada siang ini.

Baca Juga: T-shirt sampai Batik, 10 Gaya Fashion Seleb Rayakan HUT RI ke 73

Topic:

  • Santi Dewi
  • Yogie Fadila

Just For You