Comscore Tracker

Zumi Zola Diizinkan Ikut Pemakaman Ayahnya di Jambi

Ayah Zumi Zola wafat Rabu kemarin.

Jakarta, IDN Times - Gubernur nonaktif Zumi Zola akhirnya diizinkan oleh Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat untuk terbang ke Jambi guna mengikuti proses pemakaman ayahnya, Zulkifli Nurdin. 

Ayah Zumi Zola tutup usia, Rabu (28/11) sekitar pukul 20.05 WIB, di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kematian sang ayah jelas menjadi situasi yang sangat berat bagi Zumi, mengingat mantan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu saat ini sedang menjalani proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berita kematian mantan Gubernur Jambi itu diperoleh dari kuasa hukum Zumi Zola, Muhammad Farizi. "Jadi, saya konfirmasi betul Ayah Zola meninggal pukul 20.00 WIB," ujar Farizi ketika dikontak IDN Times melalui telepon, Rabu (28/11) malam. 

1. Zumi Zola diizinkan melayat karena alasan kemanusiaan

Zumi Zola Diizinkan Ikut Pemakaman Ayahnya di Jambi(Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, jaksa sempat memberikan izin kepada mantan aktor sinetron itu untuk ke RS Pondok Indah dan ke rumah duka, tempat jenazah ayahnya dimakamkan.

"Atas faktor kemanusiaan, JPU tadi mengantar ZZ (Zumi Zola) ke rumah duka sembari menunggu penetapan hakim terbit," ujar Febri.

Kalau penetapan hakim sudah keluar, kata dia, maka Zumi diizinkan untuk berangkat menghadiri pemakaman ayahnya di Jambi hari ini, Kamis (29/11).

Menurut kuasa hukum Zumi Zola, Muhammad Farizi, kliennya tidak memiliki banyak waktu untuk meratapi kepergian sang ayah. Sebelum pukul 22.00 WIB Rabu kemarin, Zumi sudah kembali ke rutan KPK. 

2. Jenazah ayah Zumi Zola sudah tiba di Jambi

Zumi Zola Diizinkan Ikut Pemakaman Ayahnya di JambiInstagram.com/@amirzansh

Menurut Farizi, jenazah Zulkifli sudah tiba di Jambi hari ini, Kamis (29/11) sekitar pukul 06.00 WIB. Jenazah diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia dan tiba di rumah duka sekitar pukul 07:00 WIB.

Kedatangan jenazah ayah Zumi Zola disambut oleh pejabat Pemprov dan Kapolda Jambi.

3. Jenazah ayah Zumi Zola akan dimakamkan di pemakaman keluarga

Zumi Zola Diizinkan Ikut Pemakaman Ayahnya di Jambi(Gubernur non aktif Jambi Zumi Zola) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut salah satu anggota keluarga, Sum Indra, jenazah ayah Zumi Zola akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Jambi.

Zulkifli meninggal akibat sakit diabetes. Di dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor, Zumi bahkan menuturkan ayahnya sudah mengalami penurunan daya ingat atau demensia.

4. Zumi Zola minta maaf pada keluarga

Zumi Zola Diizinkan Ikut Pemakaman Ayahnya di Jambi(Gubernur non aktif Jambi Zumi Zola) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Nasib Zumi Zola sendiri akan ditentukan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Kamis (6/12) mendatang. Sebelumnya jaksa menuntut Zumi 8 tahun penjara.

Di dalam nota pembelaan setebal 9 lembar yang telah dibacakan sebelumnya, Zumi menyampaikan permintaan maaf kepada keluarganya karena terjerat kasus korupsi. 

"Saya berharap, kalian dapat memaafkan saya karena saya telah mencoreng muka dan mempermalukan kalian. Saya salah melangkah," ujar Zumi ketika membacakan nota pembelaan dengan suara yang terdengar sesunggukan, Kamis (22/11) lalu.

Topic:

  • Sunariyah

Just For You