Profil Titiek Soeharto, Mantan Istri Prabowo Melaju ke Kursi DPR RI

Profil Titiek Soeharto 

Jakarta, IDN Times - Titiek Soeharto berpotensi lolos menjadi anggota DPR RI. Titiek yang maju dari Partai Gerindra di Dapil Yogyakarta meraih suara terbanyak, yaitu 145.489 suara berdasarkan hitungan KPU RI, pada Sabtu (9/3/2024). 

Titiek Soeharto dengan nama asli Siti Hediati Hariyadi adalah putri Presiden Kedua RI, Soeharto yang memerintah pada orde baru. Dahulu, ia merupakan istri dari capres terpilih 2024, Prabowo Subianto. Darah politik sejatinya sudah mengalir pada Titiek. 

Putri dari Presiden orde baru ini sudah pernah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia bergabung menjadi kader Golkar sejak 2012. Namun, ia tidak menyelesaikan masa jabatannya dan memilih hijrah ke Partai Berkarya, milik adiknya, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), pada 2018. Tahun 2023, Titiek akhirnya bergabung dengan Partai Gerindra dan diangkat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra di bawah pimpinan Prabowo Subianto.

Sebelum terjun ke dunia politik, Titiek pernah muncul sebagai pembawa acara di SCTV pada siaran Piala Dunia 2006. Namun, kejadian ini menuai kontroversi lantaran publik menganggap Titiek tidak memiliki kompetensi sebagai presenter. Ia dicibir oleh penggemar sepak bola karena menalangi 25 persen pembelian hak siar Piala Dunia 2006. 

Pada Pileg 2024, Titiek kembali mencalonkan diri untuk kedua kalinya sebagai caleg dari dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan berhasil meraih suara tertinggi. Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, ia diperkirakan akan lolos ke Senayan.

Baca Juga: Prabowo Unggah Foto Berbuka Bersama Titiek dan Didit, Terlihat Akrab

1. Profil Titiek Soeharto

Profil Titiek Soeharto, Mantan Istri Prabowo Melaju ke Kursi DPR RIPrabowo Subianto bersama mantan istrinya, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, dan anaknya, Didit Hediprayitno, berbuka puasa bersama. (Dok/IG Prabowo Subianto)

Mantan istri Prabowo Subianto yang juga putri dari Presiden kedua RI Soeharto ini lahir di Semarang, 14 April 1959. Menjadi bagian dari Keluarga Cendana, tidak membuatnya puas dengan capaian politik keluarganya.

Dalam masa mudanya, ia sudah aktif berorganisasi menjadi anggota Yayasan Seni Indonesia, dan Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI). 

Titiek dikenal sebagai sosok bangsawan yang menyukai produk-produk bermerek. Bahkan, anak tunggalnya, yaitu Didit Hediprasetyo berkarier sebagai penata busana profesional hingga mancanegara.

Harta kekayaan keluarganya ditafsir mencapai 75 juta dolar AS. Ia pernah memberikan berbagai sumbangan kepada pengungsi Gunung Merapi.

Baca Juga: Deretan Caleg Potensial Lolos di Dapil Yogyakarta, Ada Titiek Soeharto

2. Pendidikan dan karier Titiek Soeharto

Profil Titiek Soeharto, Mantan Istri Prabowo Melaju ke Kursi DPR RIFoto Titiek bersama Prabowo (kiri) dan anak Didit (tengah) bersama instagram.com/titieksoeharto

Titiek sempat bersekolah di SMA Negeri 3 Jakarta pada 1974-1977. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia tahun 1978-1985. 

Berikut adalah deretan karier Titiek Soeharto.

  • Ketua Yayasan Seni Indonesia
  • Anggota Persit Candrakirana
  • Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI)
  • Pembina Yayasan Supersemar
  • Pembina Yayasan Purna Bhakti Pertiwi
  • Komisaris Utama PT Abhitama
  • Pembawa Acara World Cup 2006
  • Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP Partai Golkar
  • Anggota Komisi IV DPR RI DPP Partai Golkar
  • Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya

Baca Juga: 7 Potret Kebersamaan Titiek Soeharto dengan Para Artis, Akrab!

3. Rekam jejak politik Titiek Soeharto

Profil Titiek Soeharto, Mantan Istri Prabowo Melaju ke Kursi DPR RIInteraksi Prabowo Subianto bersama Titiek Soeharto, dan Didit Prabowo. (instagram.com/titieksoeharto)

Sebelum Pileg 2024, Titiek sempat mencalonkan diri dari partai Golongan Karya (Golkar) pada 2014. Ia berhasil menduduki kursi DPR setelah mengantongi suara terbesar di dapil yang sama, yakni DIY. 

Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2019. Namun, ia memutuskan untuk keluar sebelum jabatannya selesai pada 2018, Titiek memilih untuk berpindah dari Partai Golkar. 

Titiek kemudian menyatu dengan Partai Berkarya milik adiknya yakni Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Partai tersebut, membuat Titiek berada di bagian koalisi pendukung mantan suaminya, Prabowo Subianto, pada Pemilu 2019. 

Pada Pemilu kali ini, Titiek kembali mendukung Prabowo di bawah Partai Gerindra. Seperti halnya 2014, Titiek lagi-lagi berhasil menduduki kursi parlemen tahun 2024.

Baca Juga: Rajin Unggah Foto Prabowo, Akankah Titiek jadi Ibu Negara?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya