Comscore Tracker

Singapura-Malaysia Lapor Kasus Baru, Indonesia Dikepung Virus Corona

Seorang penderita di Malaysia merupakan seorang perawat

Jakarta, IDN Times - Indonesia saat ini dikepung oleh negara-negara tetangganya yang sudah terjangkit virus corona Covid-19.

Di Malaysia, empat kasus baru virus corona dilaporkan terjadi pada Minggu (1/3) kemarin. Dua di antara korban merupakan seorang perawat magang dan seorang pekerja lembaga donor Khazanah Nasional.

Selain Malaysia, kasus baru virus corona juga terjadi di Singapura. Sama seperti Malaysia, Singapura juga mencatat 4 kasus baru Covid-19.

1. Penderita memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok dan Italia

Singapura-Malaysia Lapor Kasus Baru, Indonesia Dikepung Virus CoronaIlustrasi Jamaah Umrah di Bandara Soekarno-Hatta (27/02) (IDN Times/Muhamad Iqbal))

Dilansir South China Morning Post, Minggu (1/3), dengan adanya kasus baru ini, total jumlah korban positif virus corona di Malaysia menjadi 29 orang.

Kementerian Kesehatan Malaysia menyebutkan, di antara penderita ada yang memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok dan Milan, Italia.

2. Perawat yang terjangkit virus corona sebelumnya melakukan kontak dengan pasien

Singapura-Malaysia Lapor Kasus Baru, Indonesia Dikepung Virus CoronaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Perawat yang terjangkit virus corona di Malaysia, dilaporkan berusia 20 tahun dan sebelumnya telah melakukan kontak dengan seorang pasien tanpa menggunakan masker pelindung. Dikutip South China Morning Post dari the Star Online, perawat itu menjadi petugas kesehatan pertama yang diketahui positif terjangkit virus corona.

Sementara lembaga donor Khazanah Nasional membenarkan, seorang pegawai mereka terjangkit virus mematikan asal Wuhan, Tiongkok itu.

Meski ada kasus baru, namun disebutkan 22 orang pasien di Malaysia dinyatakan sudah sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah sakit.

3. Tiga penderita virus corona di Singapura terkait dengan Wizlearn Technologies

Singapura-Malaysia Lapor Kasus Baru, Indonesia Dikepung Virus CoronaGejala orang yang terkena virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara di Singapura, dari 4 kasus baru, 3 penderita virus corona merupakan bagian dari klaster baru yang terkait dengan Wizlearn Technologies.

Menurut Kementerian Kesehatan Singapura, dari 4 kasus baru itu, seorang penderita merupakan warga negara Singapura berusia 37 tahun, satunya perempuan Myanmar usia 25 tahun, satu lagi laki-laki warga negara Singapura usia 49 tahun, dan terakhir seorang warga negara Jepang berusia 54 tahun.

Dalam pernyataannya, Kementerian Kesehatan Singapura juga menyebutkan, dua pasien sudah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit, sehingga total jumlah pasien yang sudah sembuh 74 orang.

4. Indonesia dikepung negara-negara yang sudah terjangkit virus corona

Singapura-Malaysia Lapor Kasus Baru, Indonesia Dikepung Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat, per 2 Maret 2020, negara-negara Asia Tenggara selain Malaysia dan Singapura yang sudah terjangkit virus corona Covid-19, yakni Vietnam dengan jumlah penderita 16 orang, Filipina 3 orang, dan Kamboja 1 orang.

Sementara di sebelah Selatan Indonesia yakni Australia dan Selandia baru juga sudah ada penderita virus corona. Di Australia dilaporkan 29 orang dan Selandia Baru 1 orang. 

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Baca Juga: Seorang Karyawan Google Terinfeksi Virus Corona

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya