Tsunami 23 Meter Bisa Sapu Tasikmalaya Jika Ada Gempa Megathrust  

Jabar rawan karena berhadapan dengan subduksi selatan Jawa

Jakarta, IDN Times - Berdasarkan hasil pemetaan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat menjadi daerah yang terancam terkena gelombang tsunami paling tinggi akibat gempa megathrust atau zona subduksi di pantai selatan Jawa Barat.

Menurut pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Stasiun Geofisika Bandung Sandy Nur Eko, ancaman gelombang tsunami yang  bisa menghantam Tasikmalaya, khususnya di Pantai Cipatujah, yakni setinggi 23 meter jika gempa megathrust terjadi.

"Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, ketinggian maksimum tsunami yang akan melanda jika terjadi gempa di zona megathrust adalah 23 meter, dengan waktu tiba sekitar 15 menit," kata Sandy dalam seminar daring yang digelar BMKG Bandung, Jawa Barat, Senin (21/3/2022), seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: BMKG: Pacitan Berada di Zona Aktif Gempa dan Megathrust 

1. Tidak hanya Tasikmalaya, daerah Garut juga terancam tsunami setinggi 18 meter

Tsunami 23 Meter Bisa Sapu Tasikmalaya  Jika Ada Gempa Megathrust  Ilustrasi pantai (IDN Times/Sunariyah)

Berdasarkan hasil pemetaan, diprediksi kekuatan gempa mencapai magnitudo 8,7 baik di zona subduksi Selat Sunda maupun di selatan Jawa Barat.

Pemetaan ini telah dilakukan di lima kabupaten yang memiliki pesisir selatan yakni mulai dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Selain Tasikmalaya, daerah lain yang terancam dihantam tsunami jika gempa megathrust terjadi yakni Kecamatan Pamengpeuk, Garut, dengan tsunami setinggi 18 meter. Diprediksi, tsunami tersebut bakal sampai 15 menit ke bibir pantai sejak terjadinya gempa.

2. Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Pangandaran juga terancam dihantam tsunami

Tsunami 23 Meter Bisa Sapu Tasikmalaya  Jika Ada Gempa Megathrust  Ratusan bagan nelayan berada di perairan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/12/2018). (ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan/kye)

Adapun Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, terancam terkena gelombang setinggi 18 meter dengan waktu sekitar 18 menit sampai ke pesisir setelah gempa.

Sedangkan Pantai Pangandaran diprediksi bakal terkena gelombang tsunami dalam waktu 36 menit usai terjadi gempa megathrust, dengan ancaman gelombang setinggi 15 meter.

3. Jabar sangat rawan disapu tsunami karena berhadapan langsung dengan subduksi selatan Jawa

Tsunami 23 Meter Bisa Sapu Tasikmalaya  Jika Ada Gempa Megathrust  (Ilustrasi laut) IDN Times/Daru Waskita

Dengan pemetaan tersebut, kata Sandy, pesisir selatan Jawa Barat memiliki waktu sekitar 10 hingga 30 menit untuk merespons dengan cepat mitigasi masyarakat guna menghindari dampaknya.

Perhitungan waktu itu pun perlu diasumsikan, dengan prediksi waktu gelombang tiba dikurangi waktu peringatan yang dikeluarkan sebelum terjadinya tsunami.

"Jadi bisa dikatakan Jawa Barat ini sangat rawan karena berhadapan langsung dengan subduksi di selatan Jawa itu," kata Sandy.

Baca Juga: Mengancam Jakarta, Ini Tanda-Tanda Megathrust Menurut BNPB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya