Comscore Tracker

Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dikawal Paspampres

"Bukan karena wali kotanya."

Jakarta, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi, Bobby Nasution, resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo dan Medan.

Meski telah menjadi pimpinan daerah, Gibran dan Bobby akan tetap mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pengawalan tersebut tetap diberikan karena Gibran merupakan anak presiden.

"Anak-anak presiden dapat pengawalan dari Paspampres, bukan karena wali kotanya," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto, dalam keterangannya, Jumat (26/2/2021).

1. Pengawalan terhadap anak presiden sesuai aturan

Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dikawal PaspampresHobi Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Pengawalan terhadap anak Presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. PP tersebut mengatur Pengamanan Presiden dan Wapres, Mantan Presiden dan Wapres beserta Keluarganya, serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

Sehingga, Agus menegaskan bahwa tugas tersebut dilakukan Paspampres sesuai dengan aturan yang ada.

"Sesuai tugas pokok Paspampres, melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden dan wakil presiden," tutur Agus.

Baca Juga: Istri Gibran Selvi Ananda Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK Solo

2. Gibran resmi dilantik jadi Wali Kota Solo hari ini

Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dikawal PaspampresGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, resmi dilantik di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual.

Sebelumnya, Gibran mengaku akan langsung bekerja usai menjalani pelantikan. Dia mengaku tidak ingin menunggu hingga hari Senin. Sebab menurutnya, jabatannya sebagai Wali Kota dimulai usai dirinya diambil sumpah jabatan menjadi Wali Kota.

"Siapa bilang hari pertama itu hari Senin, lihat saja besok. Gak ada seperti itu," ujarnya kepada wartawan, Kamis (25/2/21).

3. Bobby janji akan hindari korupsi saat jadi kepala daerah

Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dikawal Paspampres(Suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution) www.instagram.com/@ayangkahiyang

Di hari yang sama, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman, juga dilantik hari ini. Menantu Jokowi ini mengaku telah siap untuk mulai menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Medan. Tak hanya itu, Bobby juga siap untuk melayani masyarakat Medan. 

"Hindari yang paling utama itu korupsi, itu yang paling dihindari dan yang harus dijaga betul jangan korupsi," ujar Bobby mengungkap pesan sang mertua, Kamis (25/2/2021).

Setelah resmi dilantik jadi Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan siap berkontribusi dalam pemerintahan kota Medan. Menurutnya, ia sudah bekerja sama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan para kepala bidang lainnya untuk fokus melaksanakan program pemerintah kota Medan.

"Persiapannya harus sehat dan harus siap kolaborasi dengan pemerintah kota/kabupaten dan stakeholder-nya," ujarnya.

Baca Juga: Isi Pidato Gibran Saat Pelantikan Wali Kota Solo, Kebut Vaksinasi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya