Jokowi Tantang Kapolda-Pangdam Capai Target 1 Juta Vaksinasi per Hari 

Jokowi minta vaksinasi diperbanyak dua kali lipat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses vaksinasi di Mabes Polri dan Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (26/6/2021). Dalam peninjauan vaksinasi tersebut, Jokowi menantang para Kapolda dan Pangdam untuk mempercepat program vaksinasi.

Salah satu yang diberi tantangan oleh Jokowi adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi. Sebelum ditantang, Luthfi melaporkan kepada Jokowi bahwa hari ini telah dilakukan vaksinasi sebanyak 141 ribu yang dilakukan di 340 titik.

"Hari ini dalam rangka pelaksanaan 1 juta vaksin telah dilaksanakan secara serentak di 35 Polres sebanyak 340 titik, 141 ribu telah dibagi habis. Tenaga kesehatan yang dimiliki antara TNI-Polri dan Dinkes 5.458," kata Lutfhi melaporkan kepada Presiden Jokowi, seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/6/2021).

Lalu, bagaimana respons Presiden Jokowi?

Baca Juga: Jokowi: Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Dimulai Hari Ini

1. Jokowi minta Kapolda Jawa Tengah perbanyak vaksinasi dua kali lipat

Jokowi Tantang Kapolda-Pangdam Capai Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Mendengar laporan dari Lutfhi, Jokowi pun menantangnya agar memperbanyak proses vaksinasi di Jawa Tengah. Jokowi ingin ke depannya proses vaksinasi bisa dua kali lipat lebih banyak dari hari ini.

"141 ribu dalam satu hari. Kalau ditingkatkan jadi dua kali bisa gak?" tanya Jokowi pada Kapolda Jawa Tengah itu.

Mendapatkan tantangan dari orang nomor satu di Indonesia itu, Lutfhi pun tak ragu langsung menyanggupinya. "Sanggup Bapak," jawab Lutfhi tegas.

2. Jokowi tantang Pangdam V Brawijaya untuk laksanakan vaksinasi dua kali lipat

Jokowi Tantang Kapolda-Pangdam Capai Target 1 Juta Vaksinasi per Hari ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Selanjutnya, Jokowi memberikan tantangan pada Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Jokowi ingin program vaksinasi di Jawa Timur bisa meningkat dua kali lipat ke depannya.

"Ini kan 209 ribu, kalau saya siapkan vaksin 400 ribu sanggup gak menghabiskan?" Jokowi bertanya pada Suharyanto.

Mendengar tantangan dari Jokowi, Suharyanto pun menyanggupinya.

"Sanggup Bapak. Kami menunggu tambahan vaksin untuk Jawa Timur. Kami akan melaksanakan secepat mungkin Bapak. Sehingga target 1 juta vaksin dan dua juta vaksin bisa terealisasi," jawab Suharyanto.

"Yakin sanggup?" tanya Jokowi lagi.

"Siap, yakin Bapak," tegas Suharyanto.

3. Jokowi sebut program 1 juta vaksinasi per hari dimulai hari ini

Jokowi Tantang Kapolda-Pangdam Capai Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di Mabes Polri (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi menuturkan, hari ini memang dilakukan vaksinasi serentak di seluruh Polda dan Kodam. Proses vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri itu juga bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Dengan adanya proses vaksinasi yang dilakukan serentak di Polda dan Kodam ini, Jokowi mengatakan bahwa program 1 juta vaksinasi per hari dimulai hari ini.

“Saya berharap dimulai hari ini target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul-betul kita jaga sampai nantinya bulan Juli,” kata Jokowi

Terkait proses vaksinasi yang dilakukan serentak hari ini, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang membantu sukseskan program 1 juta vaksinasi per hari.

“Seluruh pimpinan daerah, kapolda, pangdam, gubernur, wali kota, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada acara vaksinasi massal pada pagi hari ini yang dikerjakan secara serentak di seluruh Polda dan di seluruh Kodam, dan bekerja sama dengan Pemda,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Pemda dan TNI-Polri Perketat Prokes di Lapangan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya