Comscore Tracker

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Istana: Tak Ada Perayaan 

Jokowi berkegiatan seperti biasa

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berulang tahun yang ke-60 pada hari ini, Senin (21/6/2021). Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, mengatakan tidak ada perayaan apa-apa. 

"Presiden Jokowi menjalankan tugas kepresidenan seperti biasa. Tidak ada perayaan ulang tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Fadjroel dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

1. Jokowi gelar rapat terbatas soal penanganan COVID-19 hari ini

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Istana: Tak Ada Perayaan Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pada hari ini Presiden Jokowi bertugas seperti biasa di Istana Negara. Dikutip dari wapres.go.id, Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diagendakan akan melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri untuk membahas penanganan COVID-19. Rapat terbatas tersebut akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

"Rapat terbatas dengan Presiden Republik Indonesia tentang Penanganan COVID-19 (melalui konferensi video)," tulis agenda Ma'ruf di situs wapres.go.id.

Baca Juga: Jokowi: Relawan Jokowi Itu Seksi, Bisa Antar Saya Presiden 2 Periode

2. Nama Jokowi trending di Twitter pagi ini

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Istana: Tak Ada Perayaan Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Di hari ulang tahun ke-60 Jokowi, namanya sempat menjadi trending topik di Twitter pagi ini. Salah satu ucapan datang dari musisi Addie Muljadi Sumaatmadja atau lebih dikenal dengan Addie MS.

"Selamat berulang tahun yang ke-60, Presidenku, Ir. H. Joko Widodo! Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amiiin," tulis Addie melalui akun Twitter-nya, Senin (21/6/2021).

Beberapa warganet mengucapkan selamat ulang tahun kepada eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Selamat Ulang Tahun Ke-60 Bapak Presiden RI, Ir. H. @jokowi. May God Bless you abundantly and exceedingly," tulis akun @Leo_Imannuel.

"Selamat ulangtahun Mr.President, may God bless you with Great Indonesia," tulis
Sahat Tobing @dr_reinkernasi.

3. Jejak karier Jokowi: Dari wali kota hingga jadi presiden

Jokowi Ulang Tahun ke-60, Istana: Tak Ada Perayaan Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Presiden Jokowi berasal dari keluarga di Solo. Ayahnya bernama Widjiatno Notomihardjo dan ibundanya bernama Sudjiatmi. Jokowi adalah anak pertama dan putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Sejak kecil ia terbiasa berjuang dan bekerja keras untuk mencari uang jajan sehari-hari. Bahkan ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta.

Pada Pilkada Kota Solo tahun 2005, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon wali kota Solo. Ia berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen. Ia lalu kembali terpilih sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo pada 2010.

Pada 2012, Jokowi diminta secara pribadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI. Ia diusung oleh Gerindra dan PDIP bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada 29 September 2012, KPUD DKI Jakarta menetapkan pasangan Jokowi - Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI yang baru untuk masa bakti 2012–2017 menggantikan Fauzi Bowo - Prijanto

Baru 2 tahun menjabat gubernur, Jokowi mengikuti Pilpres 2014 dan keluar sebagai pemenang. Berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi berhasil mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Jokowi pun tercatat sebagai Presiden ke-7 RI. Kini pemerintahan Jokowi telah memasuki periode kedua, dan akan berakhir pada 2024 mendatang. 

Baca Juga: Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya