Video dengan Prabowo Dipotong, Bahlil: Karena Gibran Unggul di Debat 

Tuding sengaja dipotong pihak lawan

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyayangkan pihak penyebar video viral yang memperlihatkan jaket yang dia kenakan ditarik calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto, saat debat cawapres, Jumat, 22 Desember 2023.

Bahlil menjelaskan video yang tersebar tidak mencakup keseluruhan konteks, sehingga penontonnya mungkin mendapat pemahaman yang tidak utuh dari situasi yang direkam. Narasi yang coba dibangun untuk mengesankan Prabowo sosok emosional. 

"Itu kan cuma kepingan video saya aja yang dipotong itu. Jadi saya juga kaget," kata Bahlil di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga: Bahlil Buka Suara Soal Video Viral Jaketnya Ditarik Prabowo

1. Bahlil menduga videonya sengaja diviralkan karena Gibran unggul dalam debat cawapres

Video dengan Prabowo Dipotong, Bahlil: Karena Gibran Unggul di Debat Ketiga Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Peristiwa dalam video tersebut terjadi di tengah-tengah debat perdana antar calon wakil presiden (cawapres). Momen itu terjadi ketika sesi tanya jawab antar cawapres.

Bahlil menduga video tersebut sengaja diunggah, karena cawapres lain kalah dalam debat dengan cawapres yang mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024, yakni Gibran Rakabuming Raka.

"Mungkin, saya melihat, karena dari calon lain itu gak ada lagi materi perdebatan yang lain, dimunculkanlah video itu," tutur Bahlil.

2. Bahlil sebut kejadian sebenarnya mesra dengan Prabowo

Video dengan Prabowo Dipotong, Bahlil: Karena Gibran Unggul di Debat Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam Simposium Demokrasi & Deklarasi Pemilu Damai "Pemilu Damai, Investasi Tumbuh untuk Indonesia Maju" di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (23/12/2023). (IDN Times/Trio Hamdani)

Meskipun dalam video beredar hanya memperlihatkan jaketnya yang ditarik Prabowo, Bahlil mengklarifikasi hal itu hanya refleks, dan dia tidak merasa terganggu karena apa yang dilakukan Prabowo tidak menyakitkan.

Bahlil pun menekankan keakraban dan kedekatan dirinya dengan Prabowo.

"Bahwa apa yang diputarkan (di video) itu sengaja dipotong. Tidak seutuhnya itu. Yang ke dua, videonya tidak seperti itu. Videonya saya mesra sekali. Habis peluk-peluk, dipukul-pukul kaki saya," tambahnya.

Baca Juga: Viral Video Prabowo Tarik Jaket Bahlil

3. Isi percakapan Prabowo dan Bahlil di dalam video

Video dengan Prabowo Dipotong, Bahlil: Karena Gibran Unggul di Debat Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memberikan pertanyaan kepada Cawapres nomor urut 1, Cak Imin. (dok. TKN Prabowo-Gibran)

Terkait apa yang dibicarakan keduanya di dalam video tersebut, Prabowo menanyakan pendapat Bahlil tentang materi debat ekonomi dan investasi yang disampaikan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Topik seputar ekonomi dan investasi, menurut Bahlil, merupakan bagian dari pekerjaannya. Lantas, Prabowo menanyakan pendapat Bahlil mengenai pemaparan yang disampaikan Gibran.

"Beliau menanyakan kepada saya, karena itu kan materinya kan ekonomi, investasi, dan itu kan bagian pekerjaan saya. (Prabowo) nanya kepada saya, 'Gimana menurut Mas Bahlil?' 'Bagus'. 'Gimana cawapres (Gibran), menguasai gak?' 'Itu buktinya yang paling menguasai materi pak cawapres'," terang Bahlil.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 pada Senin, 13 November 2023. KPU juga sudah mengundi nomor urut capres-cawapres pada Selasa 14 November 2023.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan atau pemungutan suara yang bertepatan dengan Hari Valentin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/ZZQOAgH_mzc

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya