Anies: Formula E Tak Pakai Pawang Hujan, tapi Kerja Sama dengan BMKG

Anies mengedepankan ilmu pengetahuan dan data 

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan tak akan menggunakan pawang hujan dalam ajang balap mobil listrik internasional, Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang.

Anies mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengantisipasi cuaca di sirkuit Ancol.

“Satu kata, Formula E enggak ada pawang-pawangan. Kita bekerja sama dengan BMKG untuk memonitor perkembangan cuaca,” kata Anies, dalam acara Tea Time, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/6/2022).

1. Cuaca terang dan hujan adalah rahmat yang perlu disyukuri

Anies: Formula E Tak Pakai Pawang Hujan, tapi Kerja Sama dengan BMKGGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Co Founder Formula E Alberto Longo di Gedung Balai Kota Jakarta, Kamis (2/6/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Mantan Mendikbud ini menuturkan, cuaca di Jakarta akhir-akhir ini memang sulit diprediksi. Namun, dia tetap mensyukuri cuaca yang akan terjadi nanti.

“Bila terang kita syukuri bila hujan kita syukuri. Semuanya adalah rahmat kita tinggal di khatulistiwa yang terbiasa dengan terang dan basah,” ujar dia.

Di sisi lain, kata Anies, pembalap juga sudah mengetahui mereka akan melakukan balapan di negara yang bisa terang dan juga basah.

“Pembalap sudah tahu mereka akan melakukan lomba balapan di tempat yang bisa terang, bisa basah,” ungkapnya.

Baca Juga: BUMN Ogah Jadi Sponsor Formula E, Pengamat: Ini Panggung Politik Anies

2. Anies mengedepankan ilmu pengetahuan dan data dalam bekerja

Anies: Formula E Tak Pakai Pawang Hujan, tapi Kerja Sama dengan BMKGGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Co Founder Formula E Alberto Longo di Gedung Balai Kota Jakarta, Kamis (2/6/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Lebih jauh Anies menekankan, pihaknya selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data dalam bekerja. Sehingga, ia yakin cuaca di sirkuit bisa diantisipasi tanpa menggunakan pawang hujan.

“Kami dari Pemprov DKI Jakarta selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data dalam bekerja,” ujar dia.

3. Anies pastikan Formula E siap digelar

Anies: Formula E Tak Pakai Pawang Hujan, tapi Kerja Sama dengan BMKGIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan jika seluruh fase persiapan Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E Jakarta sudah selesai. Kini, panitia tinggal melakukan finalisasi menuju hari H yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Anies mengaku bersyukur atas kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pihak, khususnya Ketua Pelaksana atau OC, Ahmad Sahroni.

"Terima kasih khususnya kepada ketua OC pak Sahroni yang telah bekerja all out sehingga event ini terlaksana dengan baik, juga seluruh jajaran JakPro," kata dia menerangkan, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Jakpro: Sirkuit Formula E Sama dengan Aspal Jalan Raya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya