MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi Dunia

Jadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata Indonesia

Indonesia dalam waktu dekat akan menyelenggarakan ajang balap motor kelas dunia MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan #PertaminaMotoGP sebagai pendukung utamanya. Acara berskala internasional ini akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Ajang yang diberi judul Pertamina Grand Prix of Indonesia ini akan disiarkan di 200 negara, 428 juta rumah tangga dan 7 juta penonton. Tema yang diangkat yaitu 'Energi untuk Berani Melesat'.

Seperti melesatnya motor para pembalap di sirkuit, masyarakat Indonesia pun diajak untuk ikut 'melesat' dengan penuh percaya diri dalam momentum ajang balap motor berkelas dunia ini.

 1. MotoGP 2022 diadakan di sirkuit berkualitas internasional dengan sentuhan Indonesia 

MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi DuniaPertamina Mandalika International Street Circuit tampak atas (instagram.com/sirkuitmandalikalombok_)

Pertamina Mandalika International Street Circuit yang baru selesai dibangun pada November 2021 lalu, menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Sirkuit dengan panjang 4,31 km dengan 17 tikungan unik ini dianggap cukup menantang sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaik para pembalap yang berkompetisi di sini.

Walaupun bertaraf internasional, sirkuit ini tetap memberikan sentuhan Indonesia di dalamnya. Pit building seluas 350 meter pesegi dengan 50 garasi di kawasan sirkuit ini bahkan dibangun dengan material lokal Indonesia.

Pada beberapa tikungan terdapat aksen berwarna merah putih yang ternyata merupakan corak subahnale, yaitu corak tenun yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok.

2. Pembalap dunia sudah menguji coba Pertamina Mandalika International Street Circuit

MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi Duniasalah satu pembalap melakukan uji coba di Sirkuit Mandalika (motogp.com)

Uji coba perdana pra musim MotoGP di Sirkuit Mandalika telah dilaksanakan 11-13 Februari 2022 lalu. Pada hari pertama uji coba, lintasan terlihat kotor karena sudah beberapa lama tidak digunakan untuk balapan. Kondisi cuaca yang gerimis juga membuat lintasan menjadi agak berlumpur. Tetapi hal itu dianggap normal untuk sebuah sirkuit baru dan setelah dibersihkan, uji coba berjalan dengan baik dan lancar.

Para pembalap yang menjajal sirkuit ini memberikan kesan-kesan positif dan saran yang membangun agar sirkuit ini semakin baik lagi.

Dilansir bikesportnews, pembalap dari Repsol Honda, Marc Marquez,  mengatakan bahwa dia menyukai tikungan satu dan empat, tetapi tidak menyukai tikungan dua karena terlalu cepat. Marc mengakui bahwa sirkuit ini menarik dan menyenangkan sebagai tempat balapan.

3. Ajang MotoGP 2022 membantu mengangkat sektor pariwisata Indonesia 

MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi DuniaPertamina Mandalika International Street Circuit (instagram.com/sirkuitmandalikalombok_)

Sirkuit tempat diadakannya ajang MotoGP berlokasi di kawasan wisata Mandalika, yang merupakan salah satu dari 5 destinasi prioritas wisata yang ditetapkan pemerintah.

Sejak 2017, Mandalika resmi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus dan diharapkan dapat mempercepat bangkitnya sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Wilayah Mandalika sendiri menghadap Samudera Hindia sehingga menyajikan wisata pantai dengan panorama cantik yang mempesona. Terdapat beberapa pantai di kawasan ini dengan ombak yang ramah untuk peselancar, antara lain Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Selong.

Berbagai fasilitas dan program paket wisata dibuat dan dipromosikan dengan gencar untuk menarik lebih banyak pengunjung datang ke Mandalika.

4. Ajang MotoGP memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat dan pelaku UMKM 

MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi Duniafasilitas hotel di kejauhan terlihat dari Sirkuit Mandalika (instagram.com/motogp.mandalika)

MotoGP sebagai salah satu ajang besar berskala internasional dipastikan akan menarik ribuan pengunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok. Arus besar masyarakat ini potensial menjadi pasar bagi produk-produk lokal Indonesia yang dibuat oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dalam menyambut acara besar ini, pemerintah memfasilitasi 1032 pelaku UMKM yang akan ditempatkan di dalam dan di luar sirkuit. #PertaminaMotoGP sendiri telah menyiapkan 50 booth UMKM yang akan menyuplai kebutuhan kuliner penonton selama acara MotoGP berlangsung.

Selain memberikan perhatian kepada UMKM, usaha hotel, penginapan dan homestay di NTB juga mendapat perhatian khusus. Sebanyak 23.000 hotel di Lombok disiapkan untuk melayani para penonton MotoGP dan diharapkan okupansinya mencapai 100%saat acara berlangsung.

Untuk alternatif tempat menginap, disediakan juga camping ground dengan harga bervariasi pada beberapa titik di sekitar kawasan Mandalika.

5. MotoGP 2022 akan membuat Indonesia lebih dikenal oleh dunia internasional

MotoGP 2022, Kiprah Indonesia dalam Ajang Balap Bergengsi DuniaPertamina Mandalika International Street Circuit dengan latar pemandangan indah (boxrepsol.com)

Dengan ratusan negara dan jutaan mata memusatkan perhatiannya ke ajang besar ini, nama Indonesia diharapkan bisa lebih dikenal dan dihargai di dunia internasional. Dunia akan tahu bahwa Indonesia mampu mengemban tugas sebagai tuan rumah sebuah acara berskala internasional, dengan fasilitas yang juga berkualitas dunia.

Selain kemampuan Indonesia yang diakui dunia, ajang balapan ini diharapkan juga bisa mangangkat nama Indonesia, khususnya Lombok, dalam bidang pariwisata. Hal ini sebenarnya sudah terlihat sejak pramusim MotoGP Februari lalu, di mana beberapa pembalap berkomentar tentang keindahan panorama Mandalika di sosial media mereka masing-masing.

Penggemar MotoGP di Indonesia adalah salah satu yang terbanyak di dunia. Bisa dibilang masyarakat Indonesia cukup fanatik terhadap balapan kelas elit ini, sehingga perhelatan MotoGP kali ini sangat ditunggu-tunggu.

Semoga kompetisi MotoGP tahun 2022 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti dan memberikan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia yang sejalan dengan misi Pertamina yakni #EnergiUntukMelesatBebas.

Umara Sri Photo Verified Writer Umara Sri

senang desain, suka foto, hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya