KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Hari, Dibagi 3 Zonasi

Kampanye akbar berlangsung 21 Januari-10 Februari 2024

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan kampanye rapat umum Pemilu 2024 alias kampanye akbar akan dilaksanakan mulai 21 Januari sampai 10 Februari 2024.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU, August Mellaz usai rapat koordinasi dengan tim paslon dan partai politik peserta kampanye Pemilu 2024.

“Untuk pelaksanaan kampanye rapat umum selama 21 hari, yang akan berlangsung mulai 21 Januari sampai 10 Februari 2024,” kata August di kantor pusat KPU, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

1. Ada tiga zonasi kampanye akbar yang ditetapkan berdasarkan tiga zona waktu Indonesia

KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Hari, Dibagi 3 ZonasiKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

August mengatakan, pelaksanaan kampanye paslon dalam Pilpres 2024 akan dibagi menjadi tiga zona untuk masing-masing paslon. Dari 38 provinsi di Indonesia, pembagian zonasinya dilakukan berdasarkan zona waktu Indonesia, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

“Jadi nanti akan ada dalam konteks pembagian zona, setiap paslon akan berkampanye juga di zona, ya masing-masing. Misalnya sekarang paslon tertentu di zona A, paslon berikutnya di zona B, paslon berikutnya di zona C itu pada hari yang sama, itu akan bergantian,” ujar August.

Baca Juga: Megawati: KPU, Bawaslu, Tolong Dong Kerja yang Benar!

2. Pergantian zonasi setiap paslon dilakukan setiap hari

KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Hari, Dibagi 3 ZonasiIlustrasi TPS. (IDN Times/Mela Hapsari)

Adapun pergantian zonasi kampanye tiga paslon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dilakukan setiap hari.

“Skemanya cuma per hari, per satu hari untuk paslon, itu yang disampaikan tim paslon dan peserta pemilu,” ujar August.

3. Paslon dan partai pengusul siapkan kampanye dengan pembagian zonasi

KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Hari, Dibagi 3 ZonasiKasubbag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, KPU Bantul, Rahmat Purwono.(IDN Times/Daruwaskita)

August mengatakan, KPU sedang melakukan pembahasan lebih lanjut dengan koordinator setiap paslon, dan juga partai politik pengusul.

“Kalau sekarang tim teknis dari masing-masing LO, baik LO paslon maupun LO partai politik sedang membahas dengan Tim Teknis KPU,” tutur August.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: 3 Tim Capres Pastikan Alat Peraga Kampanye Buatan UMKM    

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya