Terbang ke Kaltim, Jokowi Siap Berkemah di Titik Nol IKN 

Jokowi ditemani Iriana hingga sejumlah menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Iriana Joko Widodo berkunjung ke Kalimantan Timur (Kaltim) bersama sejumlah pejabat Kabinet Indonesia Maju. Rombongan Jokowi akan mengunjungi titik nol kilometer (km) Ibu Kota Negara (IKN) untuk berkemah.

Adapun kunjungan ke titik nol km IKN akan dilaksanakan besok, Senin (14/3/2022). Pada kunjungan kali ini, Jokowi dan rombongan berangkat dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu, (13/3/2022).

Pesawat rombongan Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. Berdasarkan agenda, Jokowi langsung menuju hotel tempatnya bermalam, untuk keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke titik nol km IKN.

Baca Juga: Selain Kemah, Jokowi Bakal Ritual 'Kendi' di Titik Nol IKN Nusantara

1. Jokowi akan bermalam di titik nol IKN Nusantara

Terbang ke Kaltim, Jokowi Siap Berkemah di Titik Nol IKN Presiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Dilansir ANTARA, Jokowi direncanakan akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam di titik nol km IKN Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Adapun rombongan yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri BUMN, Erick Thohir; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia; Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjonol; Komandan Paspampres, Mayjen TNI Tri Budi Utomo; dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Rencananya, lima gubernur di Pulau Kalimantan akan turut bermalam dengan rombongan Jokowi di titik nol km IKN Nusantara itu.

2. Pemprov Kaltim siapkan sarana untuk Jokowi bermalam di titik nol IKN Nusantara

Terbang ke Kaltim, Jokowi Siap Berkemah di Titik Nol IKN Sejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sebelumnya, Gubernur Kaltim, Isran Noor, mengatakan sarana dan prasarana untuk rombongan Jokowi bermalam sudah dipersiapkan. Adapun sarana dan prasarana yang disiapkan, antara lain jaringan listrik, telekomunikasi, tenda, dan lain-lain.

"Alhamdulillah persiapan sudah sudah dikerjakan, dan pada hari H-nya nanti sudah 100 persen dan kemah sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo," ucap Isran.

Baca Juga: Terpilih Jadi Bos Otorita IKN, Bambang Susantono Punya Harta Rp3,9 M

3. Gubernur yang hadir wajib kenakan pakaian adat

Terbang ke Kaltim, Jokowi Siap Berkemah di Titik Nol IKN Presiden RI Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat menujuk kawasan bakal IKN yang berkontur penggunungan (IDN Times/ Istimewa)

Isran mengatakan, pada kunjungan Jokowi esok hari, turut diundang gubernur seluruh Indonesia. Nantinya, setiap gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

"Karena ini ibu kota negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi, namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," kata Isran.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya