Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Pengaruhi Suara Anak Muda

Gimik Prabowo juga pengaruhi elektoral

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Wibawa Satria menilai elektabilitas capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, tertinggi di kalangan anak muda karena kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Dia mengatakan sejak awal Prabowo berkomitmen memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional. Kini, kekuatan militer Indonesia menempati peringkat ke-13 di dunia.

"Dukungan yang didapat didasarkan oleh kerja nyata Prabowo yang terus memenuhi dan melaksanakan komitmen yang ia miliki baik secara pribadi maupun ketika menjadi Menhan," kata dia dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

1. Perkataan dan perbuatan dinilai selaras

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Pengaruhi Suara Anak Mudailustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Hariqo mengatakan, anak muda cenderung lebih menyukai pemimpin yang kerja nyata. Hal itu terbukti dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 lalu, di mana Jokowi berhasil menang karena menawarkan gagasan kerja nyata.

"Membuat Prabowo itu belakangan ini diminati oleh masyarakat Indonesia terutama kaum muda, karena keselarasan perkataan dan perbuatan," tuturnya.

Baca Juga: Viral Anies Baswedan Ditempeleng, Jubir Amin Pastikan Tak Sengaja

2. Citra humanis dan gimik Prabowo gaet dukungan kuat

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Pengaruhi Suara Anak MudaKetua Umum Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, kata Horiqo, sifat humanis dan gimik yang dilakukan Prabowo juga memikat suara kaum muda. Gaya tersebut membentuk citra kepemimpinan positif di Partai Gerindra sebagai inklusif tanpa membeda-bedakan suku, agama, usia, atau kelompok tertentu.

"Prabowo itu tidak membeda-bedakan orang dari suku dan agama, tidak melihat tua dan muda," ujar Hariqo.

Baca Juga: Survei: Prabowo Gibran Butuh 7 Persen Lagi untuk Menang 1 Putaran

3. Survei Poltracking: Prabowo-Gibran unggul di kalangan pemilih muda

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Pengaruhi Suara Anak MudaIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam survei Poltracking Indonesia periode 29 November sampai 5 Desember 2023, menunjukkan Prabowo-Gibran unggul di kalangan pemilih Gen Z, dengan elektabilitas 55,7 persen.

Raihan itu mengalahkan pasangan PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memperoleh 23 persen dan paslon dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 18 persen.

“Ada peningkatan segmentasi Gen Z pada Prabowo-Gibran yang cukup signifikan,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dikutip dari kanal YouTube Poltracking Indonesia.

Kemudian, kelompok milenial juga mayoritas memilih Prabowo-Gibran sebesar 49,4 persen. Raihan itu mengalahkan Anies-Muhaimin yang mengantongi 23,9 persen dukungan, sementara Ganjar-Mahfud memperoleh 23 persen.

“Di pemilih milenial juga sama, kenaikan cukup signifikan pada pasangan Prabowo-Gibran,” ucap Hanta.

Baca Juga: PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog Pers

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya