Prancis dan Jerman Sarankan Undang Putin ke Pertemuan UE

Hal itu terjadi setelah pertemuan puncak antara AS-Rusia

Brussels, IDN Times - Prancis dan Jerman menyarankan untuk diundangnya Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke pertemuan puncak Uni Eropa dalam pernyataannya pada hari Rabu, 23 Juni 2021, waktu setempat. Hal ini terjadi setelah adanya pertemuan puncak antara Putin dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Para pemimpin Eropa dinilai dapat menyampaikan gagasan langsung terhadap perilaku Rusia

Prancis dan Jerman Sarankan Undang Putin ke Pertemuan UEPresiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Kanselir Jerman, Angela Merkel. (Twitter.com/ahval_en)

Dilansir dari The Guardian, Prancis dan Jerman telah menyarankan untuk mengundang Putin ke pertemuan puncak dengan Uni Eropa sebagai bagian dari pengaturan ulang yang lebih luas dari hubungan blok itu dengan Rusia. Proposal dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman, Angela Merkel muncul setelah pertemuan puncak Biden dengan Putin di Jenewa, Swiss, serta para pendukung gagasan tersebut berpendapat bahwa para pemimpin Eropa dapat menyampaikan pesan langsung yang sama tentang perilaku Rusia sambil tetap membuka pintu untuk kompromi dan kerja sama. Inisiatif tersebut tampaknya dimaksudkan untuk menciptakan adanya pendekatan baru terhadap Rusia oleh Uni Eropa, yang telah bekerja keras untuk tetap bersatu dalam menekan Rusia sejak invasi dan pencaplokan Krimea pada tahun 2014 lalu.

Para pejabat gagal menjelaskan alasan membuat langkah seperti itu pada waktu tertentu dapat menghasilkan hasil yang berbeda dari upaya sebelumnya untuk terlibat dengan Putin. Tetapi ada tanda-tanda cepat bahwa rencana itu bisa menjadi bumerang, berpotensi memecah Uni Eropa dengan bersikap terlalu lunak terhadap Putin dengan menawarkan pertemuan puncak, sementara secara bersamaan membuat marah Rusia dengan meningkatkan ancaman sanksi baru. Ancaman semacam itu dapat berisiko merusak upaya Biden untuk mengubah dinamika antara Barat dan Rusia, hanya seminggu setelah pertemuan dengan Putin di pertemuan puncak tinggi di Jenewa, Swiss.

2. Sebagian besar diplomat Uni Eropa merasa kecewa terhadap proposal tersebut

Prancis dan Jerman Sarankan Undang Putin ke Pertemuan UEGedung Kantor Uni Eropa di Brussels, Belgia. (Pixabay.com/dimitrisvetsikas1969)

Sebagian besar diplomat Uni Eropa menyatakan kekecewaannya terhadap proposal yang diajukan menit-menit akhir, dengan beberapa kemarahan terkuat datang dari 3 negara Baltik dan Polandia. Negara-negara tersebut telah lama menganjurkan tanggapan yang keras terhadap agresi militer Rusia di Ukraina, untuk memfitnah kegiatan operasi Rusia di tanah Eropa, termasuk pembunuhan, serta untuk meracuni dan memenjarakan tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny. Kasus Navalny khususnya membantu memperkuat persatuan Uni Eropa melawan Rusia, dengan Merkel secara pribadi mengumumkan hasil penyelidikan Jerman yang menunjukkan Navalny diracun dengan senjata kimia tingkat militer.

Gagasan tentang pertemuan puncak potensial antara Putin dan para pemimpin Uni Eropa membuat banyak diplomat dan pejabat dianggap tidak tepat dan tidak tepat waktu, yang pada dasarnya memberi penghargaan kepada pemimpin Rusia itu bahkan tanpa menunggu untuk melihat apakah dia akan menanggapi secara positif tawaran Biden. Uni Eropa juga memiliki alasan sendiri untuk menjaga jarak dengan Rusia. Menteri Luar Negeri Rusia,
Sergey Lavrov, mempermalukan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, selama perjalanan ke Moskow, Rusia, pada awal tahun 2021 lalu dan telah berulang kali mengecam untuk menuduh Uni Eropa memberlakukan sanksi ilegal serta menyalahkan Uni Eropa atas hubungan yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa pejabat menyarankan para pemimpin Eropa ingin memasukkan diri mereka ke dalam percakapan antara Biden dan Putin serta bahwa mereka kesal melihat Presiden Amerika Serikat membahas masalah-masalah yang lebih relevan secara strategis dengan Eropa, meskipun pandangan seperti itu sama sekali tidak terhubung dengan realitas geopolitik, mengingat sejarah Rusia dan Amerika Serikat yang jelas sebagai bekas Perang
Dingin, saingan negara adikuasa.

Baca Juga: Uni Eropa Lirik Potensi Perdagangan dan Investasi di Sumatra Selatan

3. Saat pertemuan antara AS-Rusia, Biden ingin membangun kembali hubungan kedua negara ini dengan pijakan yang dapat diprediksi dan pragmatis

Prancis dan Jerman Sarankan Undang Putin ke Pertemuan UEPertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Jenewa, Swiss, pada hari Rabu, 16 Juni 2021, lalu. (Twitter.com/KremlinRussia_E)

Selama 3 jam pertemuan di Jenewa, Swiss, pada hari Rabu, 16 Juni 2021, lalu Biden mengatakan dia ingin membangun kembali hubungan antara Amerika Serikat-Rusia dengan pijakan yang dapat diprediksi dan pragmatis, setelah kekacauan dan rasa malu di era Presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump. Dia tidak percaya Putin menginginkan perang dingin baru, tetapi mengakui dia tidak tahu apakah Presiden Rusia akan mengubah
perilakunya. Biden menambahkan ini mengenai kepentingan pribadi serta verifikasi kepentingan pribadi atau seperti ungkapan lama dengan bukti puding ada pada saat disantap. Berbicara setelah pertemuan tatap muka pertama mereka, Biden mengatakan dia telah menjelaskan bahwa pemerintah Rusia harus mematuhi aturan jalan atau menghadapi konsekuensi yang tidak ditentukan.

Ia juga menekankan bahwa Putin sadar bahwa Amerika Serikat memiliki kapasitas siber yang tak tertandingi. KTT yang diadakan di sebuah rumah indah abad ke-18 yang menghadap ke Danau Jenewa berakjhir dengan nada optimis, dengan kedua pemimpin dengan hati-hati saling memberikan pujian. Biden mengatakan diskusi mereka berjalan dengan baik, tanpa adanya tindakan keras, atau atmosfer hiperbolik..

Berbicara dalam konferensi pers tunggalnya, Putin mengatakan diskusi berlangsung tanpa adanya permusuhan dan justru sebaliknya. Dia menggambarkan Biden sebagai orang yang seimbang dan berpengalaman yang berbicara dalam bahasa yang sama serta yang telah berbicara dengan penuh kasih mengenai keluarga dan ibunya. Putin menambahkan bahwa itu menunjukkan pemahaman mengenai nilai-nilai moralnya dan itu semua cukup menarik atau hubungan tersebut bersifat pragmatis.

Baca Juga: Ulat Hong Kong Jadi Menu Baru di Uni Eropa

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya