Ini Dia Penampakan Planet Mars dari Tangkapan Kamera Robot NASA!

Bahkan dalam bentuk 360 derajat!

Sebuah robot kamera 'pengintai' diluncurkan National Aeronautics and Space Administration (NASA) pada 2012 silam ke planet terdekat, Mars. Planet yang digadang-gadang bisa jadi 'Bumi' kedua ini pun terus dijelajahi oleh NASA. Namun, pada awal Agustus ini, setelah empat tahun pengiriman sang robot yang diberi nama Mars Curiosity atau berarti "Keingintahuan" ini mengirimkan sebuah video jelas tentang kondisi Mars.

Seperti dilansir CNet, Mars Curiosity menangkap kondisi Mars di sekelilingnya. Kamera yang belum memadai kala itu membuat robot tersebut tidak dapat mengambil suasana Mars secara penuh. Video tersebut kemudian diunggah oleh NASA Jumat kemarin (19/8).

Kondisi Mars diambil dengan sudut 360 derajat.

Ini Dia Penampakan Planet Mars dari Tangkapan Kamera Robot NASA!youtube.com/user/JPLnews

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tren kamera 360 derajat yang dapat mengambil keseluruhan objek memang belum tinggi. Namun, dari Bumi sendiri, Mars Curiosity dipantau oleh tim khusus. Selama empat tahun, sejak mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012, tim memerhatikan kondisi Mars Curiosity mulai dari kinerja kamera sampai badan robot tersebut.

Ini Dia Penampakan Planet Mars dari Tangkapan Kamera Robot NASA!youtube.com/user/JPLnews

Dalam video yang diunggah di YouTube itu, terlihat cupilkan Mars yang diambil secara stabil. Terlihat batuan serta tanah yang meliputi lokasi terakhir Mars Curiosity. Ya, itu bukan tanah dan bukit di Bumi. NASA sendiri menjelaskan kalau secara kasat mata memang terlihat seperti tanah dan batuan di Bumi kita, tapi itu adalah rekaman asli dari Mars. Saksikan videonya di bawah ini, dan kamu bisa gerakkan videonya lho untuk melihat secara 360 derajat!

Bagaimana? Mirip tidak dengan Bumi? Iya, tenang itu Mars kok.

Baca Juga: Pohon Ditemukan di Mars, Bukti Kuat Kalau Mars Bisa Ditinggali?

Video tersebut dibuat dari berbagai bagian dari hasil tangkapan Mars Curiosity.

Ini Dia Penampakan Planet Mars dari Tangkapan Kamera Robot NASA!youtube.com/user/JPLnews

Ya, tim khusus tersebut menggabungkan lebih dari 130 foto yang ditangkap oleh Mars Curiosity. Seperti dikutip dari HuffingtonPost, foto-foto yang diambil adalah dari awal tibanya robot tersebut sampai 5 Agustus, tepat empat tahun. Semua itu adalah gabungan dari posisi Mars Curiosity pada saat matahari menyinari Mars. Tinggi kamera Mars Curiosity dalam mengambil foto adalah 15 meter dari permukaan tanah.

Mars memang bisa dikatakan jauh jika kita lihat secara kasat mata. Namun, usai lihat video ini, tampaknya Mars sangatlah bersahabat bagi kita. Nah, apakah kamu mau pindah ke Mars jika ada kesempatan?

Baca Juga: 15 Tempat yang Membuktikan Bumi adalah Planet Paling Keren di Semesta

Topik:

Berita Terkini Lainnya