Comscore Tracker

Nigeria Tangkap 5 Teroris yang Bunuh 40 Orang di Gereja Katolik Owo

ISWAP dicurigai sebagai pelaku penyerangan

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Pertahanan Nigeria, Jenderal Leo Irabor, pada Selasa (9/8/2022) mengungkapkan bahwa pihak berwenang telah menangkap lima pelaku penyerangan Gereja Katolik St. Fransiskus di Owo, negara bagian Ondo.

Serangan terhadap gereja Katolik itu terjadi pada 5 Juni, ketika para jemaah sedang berkumpul pada hari Minggu Pentakosta. Dalam serangan itu para pelaku membunuh 40 orang.

1. Para pelaku belum bisa ditunjukkan ke publik

Nigeria Tangkap 5 Teroris yang Bunuh 40 Orang di Gereja Katolik OwoIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Melansir Reuters, Jenderal Irabor menyampaikan bahwa para penyerang ditangkap selama operasi gabungan yang melibatkan angkatan bersenjata, Departemen Layanan Keamanan, dan polisi.

Irabor tidak memberitahu kapan dan di mana penangkapan itu dilakukan. Dia juga menyampaikan tidak bisa menunjukkan para tersangka karena penyelidikan sedang berlangsung.

"Saya ingin mengatakan bahwa pada waktunya, dunia akan melihat mereka dan orang lain yang berada di balik serangan berani lainnya di negara ini," kata Irabor.

Gubernur Ondo, Arakunrin Akeredolu, juga telah mengonfirmasi adanya penangkapan. Dia memberitahu, seseorang yang telah memberikan akomodasi kepada para tersangka sebelum serangan juga telah ditangkap.

Baca Juga: Museum di London akan Kembalikan Harta Jarahan Kolonial ke Nigeria

2. Kabar mengenai penangkapan sudah pernah disampaikan

Nigeria Tangkap 5 Teroris yang Bunuh 40 Orang di Gereja Katolik OwoIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir Channels Television, Adetunji Adeleye selaku pemimpin pasukan Amotekun di Ondo pada 23 Juni sempat menyampaikan, beberapa tersangka terkait pembantaian di gereja Katolik itu telah ditangkap. Tapi dia tidak memberi tahu detail penangkapannya. 

“Mengenai kejadian Owo, kami telah menemukan kendaraan terakhir yang mereka gunakan untuk operasi itu dan kami melakukan beberapa penangkapan. Kami juga telah menemukan beberapa hal penting yang sedang kami kerjakan," katanya. 

“Sejumlah orang telah ditangkap terkait masalah Owo serta sejumlah peralatan. Pada hari itu, kami mengejar mereka hingga kami menemukan kendaraan dan kami masih mengejar mereka. Kami telah memberi tahu kamu bahwa kami akan mengusut sampai ke akar, saya dapat meyakinkan bahwa para pelaku dan pendukung mereka akan diadili," tambah dia.

3. Pemerintah tuduh ISWAP sebagai pelaku penyerangan

Nigeria Tangkap 5 Teroris yang Bunuh 40 Orang di Gereja Katolik OwoIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait serangan itu, pihak berwenang Nigeria menuduh kelompok pemberontak Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP) sebagai teroris yang bertanggung jawab atas kematian 40 orang di gereja.

ISWAP biasanya beroperasi di bagian timur laut Nigeria, tapi mereka kini telah melakukan serangan jauh di luar wilayah operasinya. Hal itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa kelompok itu memperluas jangkauan serangannya di Nigeria.

Kelompok teroris tersebut mengaku bertanggung jawab atas pembobolan penjara di Abuja pada awal Juli. Serangan terhadap penjara itu menyebabkan lebih dari 400 narapidana membebaskan diri.

Baca Juga: Imigran Nigeria di Italia Dipukuli Sampai Mati, Warga Cuma Nonton!

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya