258 WNI di Finlandia Gunakan Hak Suara ke TPS

Total ada 401 WNI di DPTLN Filandia-Estonia

Jakarta, IDN Times - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Finlandia dan Estonia lebih dulu mengikuti pemungutan suara dalam rangkaian Pemilu 2024.

Ratusan warga mendatangi TPS LN 001 untuk mencoblos capres dan partai pilihan mereka di KBRI Helsinki pada Sabtu 10 Februari 2024. Pelaksanaan pemungutan suara tersebut digelar 4 hari lebih cepat dari jadwal pemilu di Tanah Air.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk Finlandia dan Estonia, Ari Nursenja Rivanti, mengapresiasi antusiasme warga yang menggunakan hak pilihnya ke TPS meski Ibu Kota Helsinki masih diselimuti musim dingin khas belahan utara Eropa.

Baca Juga: Apa Itu Quick Count dalam Pemilu? Ini Bedanya dengan Real Count!

1. Pemilu berlangsung kondusif dan aman

258 WNI di Finlandia Gunakan Hak Suara ke TPSSuasana pencoblosan pemilu 2024 di Finlandia. (dok. PPLN Helsinki)

Suhu di luar ruangan saat TPS mulai dibuka tercatat minus 10 derajat celcius. Total ada 258 pemilih yang hadir menggunakan hak suaranya sepanjang TPS dibuka sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu Finlandia.

“Situasi pemilu di TPS LN 001 KBRI Helsinki berlangsung kondusif dan aman. Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga negara Indonesia yang telah datang untuk menggunakan hak suaranya dalam kondisi cuaca yang tidak mudah, dengan suhu di luar mencapai minus 10 derajat Celsius. Partisipasi ini menunjukkan dedikasi dan komitmen yang kuat terhadap proses demokrasi. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi menjaga kelancaran dan keamanan proses pemilu ini,” ujar Ari.

Baca Juga: Mendagri Imbau Pemda Bantu Distribusi Logistik Pemilu 2024

2. Ada 401 WNI DPTLN Finlandia-Estonia

258 WNI di Finlandia Gunakan Hak Suara ke TPSSuasana pencoblosan pemilu 2024 di Finlandia. (dok. PPLN Helsinki)

Sebanyak 401 orang terdaftar dalam DPT dan DPTB-LN Finlandia-Estonia yang mencoblos langsung surat suara melalui TPS. Ada pemilih yang tercatat datang dari Kota Oulu, sejauh 606 kilometer di sebelah utara Helsinki atau sekitar 6 jam perjalanan naik mobil.

Selain itu, belasan pemilih lain menyeberangi Teluk Finlandia selama dua jam naik kapal, tepatnya dari Ibu Kota Tallin, Estonia, yang berbeda negara namun masih termasuk negara akreditasi KBRI Helsinki.

TPS bukan satu-satunya metode pemilihan bagi WNI yang bermukim di Finlandia-Estonia. Sebanyak 324 orang dipersilakan memilih metode pemberian suara melalui pos.

Pengiriman surat suara melalui metode pos sudah berlangsung sejak tanggal 10 Januari 2024 dan rencananya akan tetap diterima oleh PPLN hingga batas akhir pada Rabu, 14 Februari 2024 pukul 08.00 EES.

“Warga negara Indonesia yang berada di luar negeri memiliki tiga opsi dalam melakukan pemungutan suara, yaitu melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengiriman suara via Pos (POS), dan Kotak Suara Keliling (KSK),” urai Ari.

Baca Juga: 3.587 Surat Suara Rusak Dimusnahkan oleh KPU Kabupaten Malang

3. Saat hari H pencoblosan ada 53 pemilih tambahan

258 WNI di Finlandia Gunakan Hak Suara ke TPSSuasana pencoblosan pemilu 2024 di Finlandia. (dok. PPLN Helsinki)

Pada hari pemungutan suara, ada 53 pemilih yang termasuk DPT tambahan atau pindahan dari luar negeri, dua pemilih kasus khusus karena sakit, serta 7 orang DSK/DPKLN.

Sebagaimana pemilu luar negeri lainnya, surat suara yang diterima WNI di Finlandia-Estonia mencakup pemilihan calon presiden-wakil presiden serta surat suara calon anggota DPR RI untuk dapil DKI Jakarta II.

Meski proses pemungutan suara di Helsinki berlangsung lebih cepat, namun proses penghitungan suara akan dijalankan berbarengan dengan di Tanah Air pada 14 Februari 2024.

Penghitungan bakal berlangsung di KBRI Helsinki, dimulai pada pukul 09.00 pagi waktu Finlandia, yang terbuka untuk dihadiri oleh warga maupun saksi dari pihak luar. Ari menjamin surat suara yang sudah dicoblos terjaga dengan baik sampai waktu penghitungan suara.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: KBRI Pulangkan 3 WNI yang Terdampak Konflik Sudan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya