China Santai Jelang Kunjungan Pemimpin Taiwan ke AS

Taiwan masih memantau pergerakan China

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Po Horng Huei menegaskan tidak ada tanda-tanda aksi militer dari China menjelang kunjungan pemimpin Tsai Ing wen ke Amerika Tengah.

Dalam perjalanannya tersebut, Tsai bakal transit ke New York dan Los Angeles. Hal ini diperkirakan bisa membuat China murka.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (27/3/2023), Tsai bakal transit di New York pada hari Rabu mendatang dalam perjalanannya menuju Guatemala dan Belize.

Sepulang dari Amerika Tengah, Tsai rencananya bakal transit di Los Angeles. Bahkan dia disebut akan bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy.

1. Tak ada pergerakan dari China

Po mengatakan saat ini China memiliki tiga hingga empat kapal perang yang beroperasi di sekitar Taiwan setiap hari. Namun, hal ini sudah menjadi sesuatu yang biasa bagi Taiwan.

“Sejauh ini, tidak ada tanda-tanda pengerahan militer khusus,” kata Po.

Ia menambahkan, jika ada perubahan dalam pengerahan militer China, Taiwan harus siap menghadapi skenario terburuk.

Baca Juga: Taiwan Ngaku Sudah Siap jika Tiba-tiba Diserang China

2. Tsai Ing Wen tinjau pasukan militer Taiwan

Sementara itu, Tsai sendiri baru saja mengunjungi pasukan militer di Chiayi, selatan Taiwan jelang lawatannya ke Amerika Tengah dan Amerika Serikat.

“Saya percaya bahwa dengan terus melatih dan memperkuat kesiapsiagaan perang militer, kita dapat mampu melindungi rumah ktia dan mempertahankan negara kita,” ucap Tsai.

China sendiri masih bersikukuh menganggap Taiwan adalah wilayah teritorialnya. China juga sempat murka ketika sejumlah pejabat negara lain mengunjungi Taiwan, seperti yang dilakukan eks Ketua DPR AS Nancy Pelosi beberapa waktu lalu.

3. Komentar China soal rencana kunjungan Tsai

China Santai Jelang Kunjungan Pemimpin Taiwan ke ASJuru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, menegaskan pihaknya menentang kunjungan Tsai. Terlebih, Tsai berencana bertemu dengan sejumlah pejabat AS.

"Kami dengan tegas menentang segala bentuk pertukaran resmi antara AS dan Taiwan. China telah membuat pernyataan serius kepada AS dalam hal ini," ucap Wang.

Baca Juga: Jet Tempur China Dekati Pesawat AS di Laut China Selatan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya