Kloter Terakhir dari Sudan, 111 WNI Terbang ke Jeddah Hari Ini 

Mereka akan diterbangkan dengan pesawat TNI AU

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, per saat ini, tinggal 111 Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di kota Port Sudan.

“Hari ini mereka akan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi, dengan pesawat TNI AU,” kata Retno, dalam konferensi persnya, Jumat (28/4/2023).

“Evakuasi kita kali ini dilakukan dengan menggunakan pola evakuasi secara estafet, dimulai evakuasi jalan darat dari Khartoum ke Port Sudan, Kemudian dari Port Sudan ke Jeddah baik via laut maupun via udara, dan selanjutnya dipulangkan secara bertahap ke Indonesia,” lanjut Retno.

Pola evakuasi ini, tambah dia, untuk merespons situasi lapangan yang sangat cair dan dinamis, dengan tujuan segera mengeluarkan WNI dari wilayah konflik yang berbahaya.

1. Sebanyak 110 WNI tiba di Jeddah

Kloter Terakhir dari Sudan, 111 WNI Terbang ke Jeddah Hari Ini Evakuasi WNI dari Port Sudan ke Jeddah. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, 110 WNI dari Port Sudan di kloter sebelumnya sudah tiba di Jeddah pada 26 April 2023 via jalur udara bersama pesawat TNI AU.

“Seluruh WNI evakuasi Sudan masuk ke Arab Saudi menggunakan visa darurat kemanusiaan akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap. Arab Saudi hanya menjadi negara transit dan tidak diizinkan untuk tinggal lebih lama di Arab Saudi,” kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, dalam keterangannya kepada IDN Times.

Baca Juga: 385 WNI dari Sudan Dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede

2. Sebanyak 385 WNI kloter pertama dari Jeddah sudah sampai di Indonesia

Kloter Terakhir dari Sudan, 111 WNI Terbang ke Jeddah Hari Ini Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyambut para WNI yang dievakuasi dari Sudan. (dok. Kemlu RI)

Sekitar pukul 05.46 WIB pagi tadi, Retno juga telah menyambut 385 WNI dari Jedah yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Selanjutnya, mereka dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede untuk beristirahat sejenak sebelum kembali ke kota masing-masing.

“Kemenko PMK dan kementerian serta lembaga terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing,” tutur Retno.

3. Pemulangan WNI dari Jeddah dilakukan secara bertahap

Kloter Terakhir dari Sudan, 111 WNI Terbang ke Jeddah Hari Ini Kepulangan 390 WNI dari Sudan via Jeddah ke Indonesia. (dok. KBRI Riyadh)

Retno memaparkan, pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan pada 29 April 2023 dan tiba di Indonesia pada 30 April 2023.

“Pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan pada 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU,” ucap Retno.

“Setiap proses evakuasi memiliki tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda. Alhamdullillah, evakuasi dari Sudan kali ini dapat dilakukan dengan lancar. Dan itu hanya dapat kita lakukan karena kerja sama banyak pihak,” katanya.

Baca Juga: 385 WNI dari Sudan Dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya