Di Tengah Krisis, Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi China 

Kunjungan rencananya akan dilakukan beberapa pekan mendatang

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony Blinken, berencana untuk mengunjungi China dalam beberapa minggu mendatang. Dia bakal melakukan pembicaraan dengan para pejabat tinggi, kemungkinan termasuk Presiden Xi Jinping.

Beberapa sumber menyebutkan, AS ingin melanjutkan komunikasi tingkat tinggi meskipun ketegangan terus berlanjut.

Sebelumnya, Blinken telah merencanakan untuk mengunjungi Beijing pada Februari lalu, tetapi rencana itu batal setelah Washington menemukan balon mata-mata China melintasi wilayah AS.

“Waktu yang tepat untuk kunjungan Blinken masih cair,” ungkap sumber anonim yang dikutip The Straits Times, Rabu (7/6/2023).

1. Upaya memulihkan hubungan AS dan China 

Di Tengah Krisis, Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi China Ilustrasi bendera China (unsplash.com/Ezreal Zhang)

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan belum ada jadwal perjalanan yang akan diumumkan. Hanya memberikan kode bahwa kunjungan bakal dilakukan ketika kondisi memungkinkan.

Jika itu terjadi, kunjungan akan menjadi bagian dari upaya Presiden Joe Biden untuk memulihkan hubungan kedua negara. Sebagai informasi, relasi Washington-Beijing memanas karena sanksi ekonomi dan provokasi militer. 

Pada Senin, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby memperingatkan tentang agresivitas yang meningkat oleh China, setelah intersepsi kapal AS dan pesawat pengintai dalam beberapa pekan terakhir.

"Tidak akan lama sebelum seseorang terluka," kata Kirby.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin membalas dengan kritik bahwa AS mengirim kapal perang ke depan pintu China dengan cara yang provokatif.

Baca Juga: Menhan China: Mentalitas Perang Dingin Bangkit di Asia-Pasifik

2. Kemajuan di tengah krisis

Di Tengah Krisis, Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi China John Kirby, Penasihat Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat (br.usembassy.gov)

Pada saat yang sama, Kirby mengatakan kedua pihak membuat kemajuan dalam membuka saluran lain menuju pengaturan kunjungan untuk Menlu AS.

Sementara China menolak upaya AS untuk mengatur pertemuan antara menteri pertahanan kedua negara di forum di Singapura pekan lalu, kontak tingkat tinggi tetap dilanjutkan di bidang lain.

Daniel Kritenbrink, pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS untuk Asia, melakukan pembicaraan dengan pejabat China pada Senin.

Perjalanannya mengikuti kunjungan direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns pada Mei, sementara pejabat tinggi perdagangan dan perdagangan juga bertemu baru-baru ini.

3. Beijing upayakan dialog 

Sementara itu, dalam Shangri-La Dialogue di Singapura, Menteri Pertahanan China Li Shangfu mengatakan, konflik dengan AS akan menjadi bencana yang tak tertahankan. Namun Beijing berupaya berdialog untuk mengatasi konfrontasi.

"China dan AS memiliki sistem yang berbeda dalam banyak hal. Namun, ini seharusnya tidak menghalangi kedua belah pihak untuk mencari titik temu dan kepentingan bersama untuk menumbuhkan hubungan bilateral dan memperdalam kerja sama,” kata Li.

Baca Juga: Kapal Perang China Hampir Tabrak Kapal AS di Selat Taiwan 

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya