Comscore Tracker

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai Ambassador

Salah satunya fans dari artis Korea terkenal loyal 

Kamu tentu sudah tahu bahwa belakang ini banyak sekali produk dari Indonesia yang menggaet artis Korea sebagai brand ambassador mereka. Mulai dari produk makanan, minuman,  hingga produk kecantikan semuanya seakan berlomba untuk menggunakan artis Korea.

Sedikit banyaknya, pasti terbersit tanya di benakmu kenapa produk Indonesia seperti gencar sekali menggandeng artis dari negeri gingseng tersebut? Daripada kamu terus bertanya-tanya lebih baik cari tahu alasannya melalui ulasan berikut ini.

1. Demam Korea belum usai di Indonesia 

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai AmbassadorNCT 127 sebagai brand ambassador Nu Green Tea. (instagram.com/nuteaid)

Gelombang demam Korea nampaknya belum usai di Indonesia. Seperti kita tahu, di awal tahun 2000-an Korea mulai berekspansi melalui KDrama. Lantas, 2009--2016 giliran KPop yang gencar-gencarnya menjangkiti banyak fans di Indonesia. Nyatanya, hingga kini demam Korea masih ada di negara kita.

Hal ini jelas jadi salah satu celah yang empuk untuk meraih keuntungan bagi para produsen serta pengusaha yang menjadikan artis Korea sebagai brand ambassador. Dan sepertinya demam Korea masih akan berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Mengacu pada grafik tren inilah, menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador jelas strategi marketing yang sangat tepat.

2. Fans KPop dan KDrama terkenal loyal sekaligus royal 

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai AmbassadorBTS sebagai brand ambassador Tokopedia. (instagram.com/tokopedia)

Sudah bukan rahasia lagi bila fans KPop dan KDrama terkenal sangat loyal terhadap idola mereka. Oleh karenanya, apapun yang dilakukan oleh sang idola akan didukung semaksimal mungkin. Misalnya saja mengetahui idola mereka menjadi brand ambassador produk lokal, maka akan muncul dorongan secara sukarela untuk membantu mempromosikannya melalui fanbase atau antar penggemar dari mulut ke mulut.

Diakui atau tidak, fans KPop dan KDrama terbilang fans yang sangat royal. Mereka rela menggelontorkan uang untuk membeli hal-hal yang berkaitan dengan artis favorit mereka. Karena ada kebangaan tersendiri bila bisa mendapatkan produk yang diiklankan oleh artis tersebut. Mahal atau murah, langka atau tidak, pasti akan selalu jadi buruan.

3. Meningkatkan brand awareness produk lokal 

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai AmbassadorChoi Siwon sebagai brand ambassador Mie Sedaap. (instagram.com/miesedaapid)

Citra suatu produk sedikit banyaknya mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli. Oleh karenanya, bila didukung artis Korea dengan reputasi yang baik serta basis fans yang banyak, otomatis brand awareness akan produk tersebut akan meningkat. Hal ini tentu saja jadi salah satu tujuan utama dari para pebisnis tersebut.

Apapun produknya, pemikiran orang akan mengarah kepada lebih baik membeli produk A saja karena artis X didapuk jadi ambassador-nya. Maka dari itu, banyak produk lokal yang dengan gencar menjadikan artis Korea sebagai ambassador mereka karena dianggap akan sangat menguntungkan.

Baca Juga: 11 Artis Korea Ini Jadi BA Produk Indonesia, Terbaru NCT Dream

4. Berharap dapat menjangkau pasar skala global

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai AmbassadorNCT Dream sebagai brand ambassador Somethinc. (instagram.com/somethincofficial)

Menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador jelas seperti peribahasa, "sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui". Tujuan mereka menggaet artis jelas berharap akan mampu menjangkau pasar global. Fans dari artis yang menjadi ambassador tersebut meski tak berdomisili di Indonesia pasti juga ingin mendapatkan produk yang umumnya disertai dengan berbagai merchandise tentang sang idola di dalamnya.

Ini jelas jadi salah satu keuntungan tersendiri bagi brand lokal agar makin di kenal luas. Selain itu, dengan strategi promosi semacam ini tak menutup kemungkinan bagi investor asing untuk mulai melirik produk mereka.

5. Bad publicity is still a publicity 

[OPINI] 5 Alasan Produk Indonesia Pakai Artis Korea Sebagai AmbassadorSong Joong Ki sebagai brand ambassador Scarlet Whitening. (instagram.com/scarlett_whitening)

Meski dipilihnya artis Korea sebagai brand ambassador mendapat sambutan baik dari masyarakat, namun masih ada juga mereka yang beranggapan pemilihan artis Korea sebagai brand ambassador produk kecantikan dirasa kurang relevan. Sebagian orang berpendapat bahwa warna kulit orang Indonesia tidak sama dengan warna kulit orang Korea. Maka dari itu, kurang tepat rasanya memakai mereka sebagai ambassador.

Kendati demikian, banyak juga netizen yang menilai bahwa bukan itu inti dari campaign ini, melainkan lebih menekankan kepada strategi marketing dari brand tersebut yang seolah memanfaatkan kesempatan (riding the wave) dari hebohnya demam Korea. Lagipula semakin banyak dibicirakan meski dalam konteks yang buruk sekalipun tetap menguntungkan bagi pelaku bisnis, bukan?

Sebab orang-orang akan terdorong untuk mencoba dan membuktikannya sendiri. Menurut kamu bagaimana? Apakah bad publicity is till a publicity masih relevan dalam dunia bisnis ini?

Meski sering menuai pro kontra, nyatanya hari demi hari makin banyak pula produk Indonesia yang menggandeng artis Korea. Kamu sendiri pernah mencoba membeli produk yang diiklankan oleh mereka atau belum, nih?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya