Comscore Tracker

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menarik

Semuanya termasuk terancam punah

Mauritius adalah salah satu negara yang berlokasi di sebelah Timur Afrika, tepatnya berada 1.100 km dari Pulau Madagaskar dan berlokasi di tengah Samudera Hindia. Negara yang mempunyai penduduk sejumlah 1,2 juta jiwa ini memiliki iklim tropis yang membuatnya memiliki hutan hujan tropis dengan aneka flora dan fauna yang unik.

Salah satu fauna unik di pulau ini adalah burung, di mana yang paling terkenal adalah Burung Dodo yang sudah punah sejak tahun 1660-an akibat ulah dari manusia. Namun, sampai saat ini masih terdapat berbagai spesies burung unik yang terdapat di pulau kecil ini.

Maka dari itu, pastinya menarik banget untuk melihat berbagai burung unik yang terdapat di Mauritius.

1. Pink Pigeon

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menarikwildlifepreservation.ca

Pink Pigeon termasuk salah satu burung endemik dari Mauritius yang tergolong langka dan hampir punah pada era 1990an. Bahkan pada tahun 1991, populasi burung ini hanya terdapat 10 ekor, sehingga adanya upaya untuk melestarikan burung ini, hingga pada tahun 2018 populasinya meningkat hingga 400 ekor.

Merpati ini mempunyai ukuran sepanjang 36-38 cm, dengan warna putih seperti pink dan sayap berwarna hitam serta buntut cokelat. Burung ini hampir punah akibat adanya kerusakan lingkungan dan banyaknya predator, yang membuat populasinya menurun tajam. 

2. Mauritius olive white-eye

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menarikhbw.com

Mauritius olive white-eye merupakan burung yang endemik dari Pulau Mauritius dan tergolong sebagai binatang yang dalam bahaya. Selain itu, burung ini memiliki ukuran kecil dengan panjang 10 cm, serta warna hijau dan terdapat lingkaran putih yang mengitari matanya.

Burung ini mengalami penurunan populasi sejak tahun 27 tahun dari 350 pasangan pada tahun 1975, dan hanya 120 pasangan pada 2002. Akan tetapi saat ini sarang dari burung ini sudah terus dimonitori oleh Mauritian Wildlife Foundation, demi menjaga keberlangsungannya.

Baca Juga: Salah Satu Fauna Endemik Sulsel, Ini 5 Fakta tentang Burung Julang

3. Mauritius Kestrel

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menariktangledwing.tumblr.com

Mauritius Kestrel termasuk burung predator asli dari Mauritius yang berhabitat di sebelah tenggara pulau. Burung bernama latin Falco punctatus ini memiliki ukuran mencapai 26-30.5 cm, dengan berat mencapai 250 gram. Sedangkan makanan utama burung ini berupa burung kecil, serangga, kadal dan lainnya.

Burung predator ini termasuk dalam bahaya yang mana populasinya menurun akibat dari adanya kerusakan lingkungan, namun adanya upaya untuk pelestarian membuat populasi burung ini meningkat cukup signifikan hingga saat ini. 

4. Echo parakeet

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menarikbbc.co.uk

Selanjutnya terdapat burung langka lain bernama Echo parakeet yang termasuk burung dalam bahaya dan endemik dari Pulau Mauritius sebelah selatan. Ukuran burung parkit ini sepanjang 34-42 cm dan berat 167-193 gram, serta memiliki warna dominan hijau dengan paruh merah dengan ujung berwarna hitam.

Burung bernama latin Psittacula eques tersebut mengalami penurunan populasi yang hanya berjumlah 12 ekor pada tahun 1980 akibat perburuan dan kerusakan lingkungan. Namun, adanya upaya konservasi mampu menyelamatkan burung ini dari kepunahan serta mampu meningkat sampai 700 ekor sejak tahun 2016.

5. Mauritius fody

5 Burung Asli dari Mauritius yang Langka dan Menarikhbw.com

Terakhir ada Mauritius fody atau dengan nama latin Foudia rubra yang juga termasuk burung langka asli dari Mauritius, di mana memiliki status dalam bahaya. Burung ini memiliki ukuran panjang 14 cm dengan kepala warna merah dan badan berwarna hijau kecoklatan.

Burung ini terancam akibat hilangnya habitatnya dari pembukaan lahan untuk pertanian, serta adanya hewan yang merusak sarangnya yakni tikus hitam dan kera pemakan kepiting. 

Menarik banget ya burungnya, maka dari itu kita harus jaga kelestariannya ya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Burung Flamingo, Si Ramping Berwarna Pink

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You