Comscore Tracker

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar Negeri

Bukan cuma itu kemudahan yang ditawarkan

Singapura, IDN Times - Jenius yang selama ini dikenal sebagai aplikasi perbankan digital dari Bank BTPN, kini semakin mengukuhkan taringnya di kalangan traveler. Jenius sempat melakukan polling yang dilakukan di media sosial mengenai destinasi favorit penggunanya. Hasilnya, Singapura menempati salah satu destinasi favorit pengguna Jenius untuk berlibur. 

Maka, pada 8-11 September lalu, Jenius mengajak empat penggunanya yang berhasil memenangkan kompetisi cerita traveling melalui media sosial Instagram dan Twitter yang diadakan pada bulan Juli lalu, berlibur ke Singapura. Dalam momen tersebut pula, pemenang dan tim IDN Times diajak menikmati fitur-fitur revolusioner dari Jenius.

Salah satu yang menarik adalah kartu Jenius bisa digunakan untuk tap MRT di luar negeri. Lalu, apa saja kemudahan lainnya yang ditawarkan Jenius untuk traveler?

Baca Juga: Jenius Mengatur Keuangan, Bangun Fondasi untuk Masa Depan

1. Tidak perlu ke money changer berkat fitur Mata Uang Asing

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar NegeriAmbil mata uang asing di ATM dengan Jenius (dok. Jenius)

Lewat fitur Mata Uang Asing di aplikasi Jenius, kamu bisa memiliki tujuh mata uang asing. Tanpa perlu ke money changer, transaksi jual dan beli mata uang negara lainnya bisa dilakukan.

Saat ini, sudah tersedia tujuh mata uang asing dari negara besar di dunia. Mata uang tersebut adalah dolar Amerika Serikat (USD), dolar Singapura (SGD), yen Jepang (JPY), poundsterling Inggris (GBP), dolar Australia (AUD), Euro (EUR), dan dolar Hong Kong (HKD).

Transaksi di fitur ini bisa kamu lakukan selama hari kerja, yaitu hari Senin hingga Jumat. Waktunya dimulai dari pukul 09.00-15.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Agar terhindar dari risiko naik turunnya nilai tukar, kamu dapat melakukan transaksi sebelum hari keberangkatan. Jangan lupa, aktifkan dan hubungkan dulu Kartu Debit Jenius Visa (m-Card) pada fitur ini ya!

Baca Juga: BTPN Jenius Kembali Hadirkan Program ‘PUNDI Jenius’ untuk Nasabah

2. Visa Contactless bisa digunakan untuk berbelanja tanpa gesek dan tanda tangan

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar NegeriBelanja tanpa PIN dan tanda tangan dengan kartu Jenius (dok. Jenius)

Dalam kehidupan sehari-hari, apakah kamu terbiasa melakukan aneka transaksi tanpa uang tunai? Kamu malas menerima kembalian berupa uang koin saat berbelanja di luar negeri? Jika iya, Visa Contactless dalam kartu debit Jenius bisa jadi andalanmu.

Kamu bisa menghubungkan Mata Uang Asing yang sudah kamu tukarkan di aplikasi Jenius, ke Kartu Debit Utama Jenius Visa (m-Card). Nantinya, ketika kamu berbelanja, transaksi akan memotong langsung saldo mata uang asing di aplikasimu.

Uniknya, m-Card Jenius bisa digunakan di mesin EDC tanpa gesek, input PIN, dan tanda tangan. Meski begitu, keamanan tetap terjaga karena dengan batas pembelanjaan Rp3 jutaan ke atas di luar negeri, proses security tersebut akan tetap berlangsung.

"Selama menjelajah beberapa kota di Jepang, saya tidak banyak membawa uang tunai karena hampir seluruh transaksi dapat menggunakan Kartu Debit Utama Jenius Visa (m-Card) yang saya hubungkan dengan Mata Uang Asing yen Jepang di aplikasi Jenius,” tutur Mia Yuniatty, salah satu pemenang kompetisi Jenius.

Tetap butuh uang tunai? Gunakan saja m-Card Jenius kamu untuk tarik tunai di ATM jaringan Visa internasional. Uang yang kamu tarik pun akan diambil dari saldo mata uang asingnya.

3. Selain berbelanja, kartu Jenius juga bisa digunakan untuk tap transportasi umum

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar NegeriKartu Jenius untuk tap bus di Singapura (dok. Jenius)

Rupanya, teknologi Visa Contactless punya manfaat yang beragam. Bukan hanya menjadi solusi belanja, teknologi ini bisa mengantarkan kita ke mana saja karena dapat digunakan sebagai kartu pembayaran transportasi umum.

Seperti pengalaman tim IDN Times saat mengikuti momen Rayakan #LangkahKecilHariIni dengan Traveling ke Singapura Bareng Jenius pada Sabtu (10/9/2022) lalu di Singapura. m-Card Jenius dapat digunakan untuk tap MRT dan bus. Penggunaannya sangat mudah karena tidak mengalami error dan loading pun tidak lama.

"Ini pertama kali aku pakai Jenius di Singapura. Naik MRT tinggal tap, tap, tap aja. Gak perlu beli tourist pass, pakai Jenius bisa. Visa logonya itu tap, tap, tap," lanjut Mia.

4. Menu In & Out dan Moneytory memudahkanmu dalam melacak rincian pengeluaran

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar Negerifitur Moneytory di Jenius (IDN Times/Febriyanti Revitasari)

Sebagai solusi life finance, Jenius memiliki komitmen untuk membantu setiap aspek kehidupan, terutama bagi traveler. Fitur di Jenius tidak hanya membantumu dalam berbelanja saja, namun juga saat baru mempersiapkan liburan dengan menabung.

"Pengguna juga bisa melihat rincian pengeluaran dengan lebih mudah melalui menu In & Out dan Moneytory. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat terus menjadi bagian dalam memulai dan merayakan langkah kecil yang telah dicapai oleh Teman Jenius,” kata Anita Ekasari,  Digital Banking Acquisition, Service, & Marketing Head Bank BTPN.

Sama halnya seperti Jessica Juanita dan Agista Rully Saraswati yang juga jadi pemenang kompetisi Jenius. Jessica merasa terbantu dalam mencatat dan mengecek pengeluaran selama liburan agar terhindar dari pemborosan dengan fitur Moneytory di aplikasi Jenius. Sementara itu, Agista terbantu dalam pencatatan keuangan lewat Moneytory sehingga lebih mudah dan rapi.

Moneytory sendiri adalah fitur buku harian keuangan dari aplikasi Jenius untuk membantu mewujudkan cash flow yang lebih sehat. Sementara In & Out adalah fitur histori transaksi, jadwal bayar subscription, dan status penagihan uang yang sudah dikirim. Keseluruhannya tercatat secara rapi di fitur tersebut.

5. Kartu Debit Virtual Jenius (e-Card) memungkinkanmu untuk memesan akomodasi tanpa kartu kredit

Makin Dekat dengan Traveler, Kartu Jenius Bisa Tap MRT di Luar Negerikartu Jenius (dok. Jenius)

Mia pun kembali bercerita soal pengalamannya berkunjung ke Jepang. "Saya traveling dalam setahun, kan bisa beberapa kali. Nah, e-Card itu bisa dipakai kalau mau booking hotel lewat Agoda, Airbnb. Itu bisa tanpa pakai kartu kredit," kata peserta asal Bandung itu.

Agista yang pernah berkunjung ke Korea Selatan pun, punya pengalaman yang sama. Ia juga memesan akomodasi di sana menggunakan Kartu Debit Virtual Jenius (e-Card).

Itulah kemudahan yang ditawarkan Jenius untuk traveler. Jika kamu adalah pengguna Jenius, apakah kamu tertarik merasakan kemudahannya? Atau, baru saja mengetahuinya?

Baca Juga: Ajak Warga Pintar Kelola Uang, Jenius Luncurkan #LangkahKecilHariIni

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya