Comscore Tracker

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitas

Simpan pekerjaan, tutup tirai, dan tidurlah sejenak

Kamu pasti sering mendengar kabar bahwa banyak perusahaan Jepang yang mewajibkan karyawannya tidur selama beberapa jam di siang hari. Mereka percaya bahwa aktivitas sepele ini mampu meningkatkan performa kerja seseorang setelahnya. 

Ternyata apa yang mereka lakukan itu benar. Berbagai studi ilmiah membuktikan bahwa tidur sejenak di tengah aktivitas yang padat memiliki banyak manfaat. Di antaranya memperkuat imunitas, meningkatkan fokus, memori, produktivitas, dan memperbaiki mood

Namun, semua manfaat tersebut baru bisa didapat jika kamu tidur siang dengan benar dan sesuai tujuan. Untuk mengetahui bagaimana cara tidur siang yang benar, simak penjelasan berikut ini!

1. Ketahui terlebih dahulu seperti apa fase tidur terjadi

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi perempuan bersiap tidur (freepik.com/wayhomestudio)

Sebelum menyelami alam mimpi di siang hari, kita harus mengenal bagaimana terjadinya fase tidur terlebih dahulu. Untuk apa? Informasi dasar ini berguna untuk mengetahui manfaat apa yang akan kita dapatkan dari tidur dengan durasi tertentu. 

Menurut keterangan dari Sleep Foundation, pada dasarnya, kita mengalami empat fase ketika tidur. Berikut ini detailnya:

  1. Fase 1: awal tidur yang terjadi sekitar 1-5 menit pertama;
  2. Fase 2: berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Suhu tubuh menurun, otot jadi lebih rileks, detak jantung, dan pernapasan melambat. Sel-sel saraf mulai terhubung satu sama lain;
  3. Fase 3: dikenal sebagai tahap deep sleep atau tidur nyenyak hingga sulit dibangunkan. Di tahap yang berlangsung 20-40 menit ini, terdapat lonjakan pada kreativitas, fokus, dan cara berpikir. Tubuh juga memperbaiki kekuatan imun;
  4. Fase 4: dikenal sebagai REM (rapid eye movementsleep. Otak jadi lebih aktif sehingga tahap ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif, ingatan, kemampuan belajar, dan kreativitas. REM sleep baru bisa dicapai setidaknya setelah 90 menit tidur. 

2. Berdasarkan fase tidur, ini durasi tidur siang yang baik untukmu

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi tidur siang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang menghindari tidur siang karena takut aktivitas ini memakan waktu lama hingga mengganggu pekerjaan dan tuntutan lainnya. Padahal, sebenarnya waktu tidur siang yang disarankan tak perlu terlalu panjang. 

Dilansir Healthline, umumnya, yang disebut sebagai "power nap" bisa kita dapatkan dengan tidur selama 20-30 menit. Selama proses tersebut, tubuh dan otak berada pada fase 2.

Tidur dalam durasi tersebut dapat membuat kita lebih fokus dan "bangun" setelahnya. Sebab, sel-sel saraf di otak mulai terhubung kembali dengan satu sama lain. Proses ini dibutuhkan tubuh ketika kita harus belajar, mengerjakan tugas yang melibatkan intelegensi, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk bangun tanpa merasa pening. 

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Sementara itu, ada pula opsi tidur 30-60 menit. Kamu akan dibawa masuk ke fase 3, yaitu deep sleep. Dilansir TED-Ed, di tahap ini, otak akan bekerja untuk mengubah memori jangka pendek ke jangka panjang. 

Itu artinya, tidur selama 30-60 menit dapat membuat ingatanmu jauh lebih baik. Namun sebenarnya durasi ini tidak disarankan, terutama jika kamu butuh langsung fokus setelahnya. Sebab, kita akan sulit bangun dari deep sleep. Tubuh juga membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit setelah bangun untuk bisa mendapatkan manfaat darinya. 

Dibandingkan 30-60 menit, kamu lebih baik sekalian meluangkan waktu 90 menit untuk tidur. Otak akan memasuki fase REM sleep. Semua manfaat yang telah dijabarkan di atas akan kamu peroleh dari durasi tidur ini. Mengutip Healthline, kamu juga lebih mudah bangun setelahnya karena tidak berada di deep sleep

Tidur yang terlalu pendek juga tidak disarankan, misalnya 5-10 menit. Sebab, kamu baru saja berada di fase pertama, sehingga tidak akan ada manfaat apa pun yang diperoleh darinya. 

Baca Juga: 5 Fakta Diet Gen yang Bikin Berat Ayudia Bing Slamet Turun 8 Kilo

3. Pilih waktu terbaik untuk tidur siang, ini rekomendasinya

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi insomnia (pexels.com/Jaymantri)

Ternyata bukan hanya durasi, waktu tidur siang juga menentukan manfaat yang kita peroleh. Menurut laporan dari laman Mayo Clinic, sebaiknya beristirahatlah di antara pukul 13.00-15.00. Sebab, inilah saat di mana tubuh sedang lelah sehingga tidur sejenak dapat membawa perubahan yang signifikan. 

Sebaliknya, tidur setelah pukul 15.00 tidak disarankan. Hal ini dapat membuatmu kesulitan terlelap di malam hari dan akhirnya begadang. Sementara itu, tidur siang sebelum pukul 13.00 juga tidak direkomendasikan karena tubuh belum siap untuk tidur. Kamu tidak akan bisa istirahat secara optimal. 

4. Tips untuk mengoptimalkan tidur di siang hari

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi laki-laki tidur (freepik.com/karlyukav)

Untuk mayoritas orang dewasa, tidur pada siang hari bukanlah sebuah kebiasaan. Bahkan, tak sedikit orang yang kesulitan melakukannya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar tubuh bisa tidur siang dengan optimal. Berikut ini di antaranya:

  • Tidurlah di tempat yang nyaman dan gelap. Sebaiknya gunakanlah tirai yang bisa menghalangi sinar matahari agar istirahatmu optimal;
  • Atur suhu ruangan hingga membuatmu nyaman;
  • Jauhkan segala gangguan seperti laptop dan komputer. Begitu pula dengan smartphone, kecuali kamu menggunakannya untuk alarm;
  • Jangan lupa pasang alarm dengan durasi yang telah disesuaikan dengan preferensi;
  • Jika mata sulit terlelap, tak ada salahnya untuk melakukan meditasi;
  • Pastikan tidak minum kopi dan makan yang terlalu berat sebelum tidur;
  • Jika kamu ingin hal ini menjadi kebiasaan, pastikan kamu tidur di waktu yang sama setiap hari.

5. Ada sebagian orang yang tidak disarankan tidur siang

Power Nap, 5 Cara Tidur Siang yang Efektif Tingkatkan Produktivitasilustrasi insomnia (pexels.com/cottonbro)

Walau memiliki banyak manfaat, sayang sekali tidur siang bukan untuk semua orang. Ada kelompok tertentu yang justru tidak disarankan untuk melakukannya karena alasan kesehatan. Orang-orang yang dimaksud adalah para penderita insomnia

Dilansir Mayo Clinic, penderita insomnia harus fokus memperbaiki siklus tidurnya di malam hari. Mengambil jatah tidur di siang hari justru semakin merusak siklus tersebut. Akibatnya, mereka akan sulit terlelap, gelisah, dan lain sebagainya hingga dini hari. Hal ini tentu tak baik untuk kesehatan.

Apakah tidur siang benar-benar bisa membantu? Jawabannya tergantung pada setiap individu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencoba kebiasaan ini mulai sekarang.

Jika setelah bangun kamu merasa lebih segar dan semangat, berarti tidur siang memang bisa meningkatkan performa kerjamu. Sebaliknya, jika kamu semakin lemas dan tidak semangat setelahnya, mungkin metode ini tidak cocok untukmu. 

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Mengatasi Aroma Vagina yang Tak Sedap dan Menyengat

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya