Comscore Tracker

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudara

Minim alat dan bisa dilakukan di rumah

Prioritas latihan tiap orang berbeda-beda. Ada yang ingin melatih otot bisep dan trisep, ada yang ingin meratakan perut, ada yang ingin memperkuat otot kaki, dan ada pula yang ingin mengencangkan payudara. Semua itu bergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing.

Tenang, tak perlu pergi ke gym untuk mengencangkan payudara. Ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Check this out!

1. Butterfly chest press

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudarailustrasi latihan butterfly chest press (verywellfit.com/Ben Goldstein)

Pertama, siapkan satu dumbel seberat 1 kilogram untuk masing-masing tangan. Lalu, berbaring di lantai yang telah dialasi dengan matras. Kemudian, tekuk kedua lutut dan letakkan telapak kaki di lantai.

Dengan sedikit menekuk siku, buka lengan ke samping dengan telapak tangan menghadap ke atas. Lalu, angkat beban ke arah dada dan buatlah kedua dumbel tersebut bertemu.

Jika sulit untuk membayangkan gerakannya, pikirkan cara kupu-kupu mengepakkan sayap dan ibaratkan tangan yang memegang dumbel itu sebagai sayap. Melansir Style Craze, gerakan ini efektif untuk mengencangkan otot dada dan membuatnya lebih kuat.

2. Plank reach

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudarailustrasi latihan plank reach (instagram.com/fitness_technique_shark)

Dilansir Cosmopolitan, mulailah dengan posisi high plank, lalu letakkan telapak tangan di kedua sisi dada tepat di luar bahu. Posisi yang baik adalah ketika tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Kemudian, angkat tangan kanan dan julurkan lurus ke depan. Lalu, kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan yang sama dengan tangan kiri.

Selain menargetkan otot dada, plank reach adalah bentuk latihan kalistenik yang menargetkan perut (abs) serta punggung bawah, bahu, dan obliques (dua otot yang terletak di sisi perut), mengutip Exercise.

3. Chair dip

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudarailustrasi latihan chair dip (verywellfit.com/Ben Goldstein)

Siapkan kursi yang kuat dan kokoh. Posisikan tubuh seperti di gambar dengan telapak tangan di tepi kursi dan jari-jari mengarah ke bawah. Tahan dan biarkan tubuh dalam posisi melayang.

Lalu, tekuk kedua siku dengan sudut 90 derajat dan perlahan-lahan turunkan bokong ke bawah, tapi jangan sampai menyentuh lantai. Kemudian, kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan ini berulang-ulang.

Chair dip memiliki nama lain, yaitu tricep dip karena melatih otot trisep di bagian belakang lengan atas. Selain itu, gerakan ini juga melatih pectoralis major atau pecs, yakni otot utama di dada bagian atas, dilansir Healthline.

Baca Juga: 7 Kesalahan Umum dalam Latihan yang Sering Dilakukan Pria

4. Around the world

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudarailustrasi latihan around the world (bodybuilding.com)

Kali ini, latihan dilakukan sambil berdiri. Mula-mula, berdirilah dengan kaki terpisah sejauh pinggul dan pegang dumbel di kedua sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke depan.

Setelahnya, buka lengan ke samping dan angkat dumbel ke atas kepala. Kembalilah ke posisi awal. Intinya, kamu akan membuat lingkaran imajiner di udara dengan tangan yang memegang dumbel.

Mengutip SPOTEBI, latihan ini menargetkan otot-otot dada, yaitu otot yang terletak di bawah jaringan payudara. Dengan berlatih rutin, kita bisa mengangkat serta mendapatkan garis payudara yang lebih kencang.

5. Plank walk

5 Latihan Simpel yang Bisa Membantu Mengencangkan Payudarailustrasi latihan plank walk (popsugar.com)

Variasi plank lain yang bisa dicoba adalah plank walk. Tempatkan telapak tangan di lantai, tepat di bawah bahu, dan jari-jari kaki menghadap ke tanah. Tubuh harus membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Masih dalam posisi plank, geser tubuh dengan cara mengangkat tangan dan kaki ke samping. Setelah bergerak menyamping, kembalilah ke posisi semula dan lakukan gerakan ini berulang-ulang.

Apa yang didapat setelah latihan plank walk? Melansir PopSugar, latihan ini akan menantang inti (core), membentuk bahu, serta melatih paha depan, paha belakang, betis, dan deltoid (otot bahu tebal yang berbentuk segitiga), serta kelompok otot tubuh bagian atas lain, termasuk dada.

Nah, itulah beberapa latihan simpel dan minim alat untuk mengencangkan payudara yang bisa dilakukan di rumah. Tanpa berpikir panjang, coba yuk!

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Ini 7 Latihan Kekuatan Terpenting untuk Pesepeda

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya