Comscore Tracker

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

Biasanya terjadi pada anak usia 71 bulan atau sebelum itu

Kesehatan gigi dan mulut penting untuk diperhatikan orangtua karena berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Bila tidak dijaga sejak usia dini, nantinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah karies yang dapat menyebabkan gigi anak berlubang.

Karies gigi pada anak biasa disebut dengan nursing bottle caries atau early childhood caries (EEC). Kebiasaan yang bisa menyebabkannya adalah minum susu atau cairan manis dengan dot pada waktu tidur, lalu membiarkan dot tersebut tertinggal dalam jangka waktu lama di mulut anak ketika ia tidur.

Penting untuk diketahui orangtua, berikut ini adalah fakta seputar nursing bottle caries yang perlu dipahami. Simak, yuk!

1. Nursing bottle caries menyebabkan gigi anak berlubang dan strukturnya rusak

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anakilustrasi anak dan gigi mainan (unsplash.com/Eddie Kopp)

Karies merupakan suatu infeksi pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan kerusakan struktur gigi. Jika tidak ditangani dengan baik, ini dapat menimbulkan masalah lain seperti nyeri pada gigi, infeksi yang parah, gigi tanggal, dan sebagainya.

Karies tidak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi dan anak-anak pun dapat mengalaminya. Karies pada anak memiliki berbagai macam istilah, seperti nursing bottle caries, nursing caries, rampant caries, baby bottle caries, baby bottle tooth decay, milk bottle syndrome, dan prolonged nursing habit caries. Namun, yang paling dikenal adalah istilah nursing bottle caries (NBC).

NBC adalah karies gigi yang disebabkan oleh meminum cairan manis seperti susu bubuk, jus, atau ASI hingga mereka tertidur. NBC biasanya terjadi pada anak usia 71 bulan atau di bawahnya.

Jika NBC dibiarkan, maka karies gigi akan semakin parah dan berdampak pada masalah kesehatan lain seperti nyeri gigi, infeksi yang lebih parah, susah mengunyah, gangguan pencernaan, hingga susah tidur.

2. Penyebab nursing bottle caries adalah interaksi gula dengan bakteri gigi

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anakilustrasi anak minum susu dari botol (pexels.com/Sasha Kim)

NBC dapat terjadi karena makanan atau cairan manis seperti susu atau jus tertinggal di mulut anak dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat membuat bakteri berinteraksi dengan gula dan mengubahnya menjadi asam yang lama-kelamaan akan merusak gigi anak. 

Bakteri yang berperan dalam karies gigi anak adalah Streptococcus mutans dan Streptococcus sobrinus. Bakteri tersebut mengubah gula menjadi asam kemudian menyebabkan demineralisasi pada gigi, yang lebih lanjut akan menyebabkan karies gigi. Jadi, minum susu saat jam tidur atau memberikan makanan manis pada malam hari tanpa sikat gigi setelah sangat tidak dianjurkan, ya.

Baca Juga: Banyak Dialami Masyarakat Indonesia, Ini 5 Fakta Abses Gigi

3. Apa saja tanda dan gejala nursing bottle caries

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anakilustrasi nursing bottle caries atau karies gigi pada anak (practo.com)

Anak dengan NBC memiliki struktur dan warna gigi yang khas. Gejala yang biasa terjadi adalah adanya bercak berwarna putih pada gigi, lalu ada perkembangan awal gigi berlubang, adanya area cokelat pada gigi yang lama-kelamaan dapat merusak gigi.

Pada awalnya gigi susu depan akan berwarna kuning kecokelatan. Bila dibiarkan, warnanya akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Lama-lama gigi akan habis dan meninggalkan akar kehitaman pada gusi bagian atas.

4. Menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluorida dapat menjaga kesehatan gigi

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anakilustrasi ibu mengajari anak menyikat gigi sejak usia dini (pexels.com/MART PRODUCTION)

Karies gigi butuh penanganan khusus dan mungkin biayanya relatif mahal. Maka, paling baiknya adalah dengan mencegahnya terjadi. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dan memperhatikan asupan makanan dan minuman anak sudah tentu harus dilakukan.

Untuk menjaga kebersihan mulut, salah satu caranya adalah dengan menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida sangat efektif untuk mencegah karies gigi.

Fluorida pada pasta gigi, water fluoridation, atau water rinse yang mengandung fluorida dapat digunakan untuk mencegah karies gigi karena fluorida dapat mencegah terjadinya kehilangan mineral pada gigi.

5. Tips mencegah nursing bottle caries pada anak

Mengenal Nursing Bottle Caries, Penyebab Gigi Berlubang pada Anakilustrasi anak makan sereal dengan susu (unsplash.com/Providence Doucet)

Cara utama untuk mencegah anak dari karies gigi adalah dengan tidak membiarkan anak minum susu atau minuman manis lainnya dengan botol saat tidur. Cara pencegahan lainnya meliputi:

  • Berikan botol susu atau minuman saat waktu makan anak saja
  • Segera bersihkan mulut, gigi, dan gusi anak dengan lap bersih sesaat setelah makan dan minum
  • Ajari anak minum susu dengan gelas kecil sebelum usianya dua tahun
  • Jika gigi anak sudah tumbuh, maka ajarkan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur
  • Untuk balita atau batita yang belum bisa menyikat gigi sendiri, maka orangtua dapat membantu membersihkan mulut anak dengan melilitkan kain kasa steril di jari kemudian celupkan pada air hangat dan usap dengan lembut ke gigi anak
  • Periksakan gigi anak ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk perawatan gigi anak dan mencegah masalah pada gigi, termasuk NBC

Tidak membiarkan minum susu atau minuman manis lainnya dengan dot saat waktu tidur, membiasakan anak sikat gigi, serta rutin kontrol ke dokter gigi adalah upaya yang bisa dilakukan agar anak tidak terkena nursing bottle caries.

Gigi anak memiliki peranan penting untuk berbicara dan mengunyah. Kalau giginya harus "hilang" akibat karies, maka struktur gigi permanen anak bisa jadi tidak bagus dan rapi. Jadi, jaga kesehatan gigi anak sedini mungkin, ya, Moms!

Baca Juga: 7 Fakta Erosi Gigi, Gigi Aus karena Makanan dan Minuman Asam

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya