Comscore Tracker

Lama Terkena Karhutla, Hujan Akhirnya Mengguyur Riau dan Kalimantan

Hujan ringan dan lebat mengguyur beberapa daerah

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, memberikan informasi terkini terkait kondisi di wilayah-wilayah yang terkena kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Agus menginformasikan, beberapa wilayah di Riau dan Kalimantan sudah diguyur hujan. "Intensitas hujan ada yang besar dan ada juga yang sedang," ujar Agus di Jakarta, Senin (23/9). 

Baca Juga: Dampak Karhutla, Penderita ISPA di Kalteng Capai 3.792 Orang

1. Hujan turun hampir merata di wilayah Riau

Lama Terkena Karhutla, Hujan Akhirnya Mengguyur Riau dan KalimantanDok.IDN Times/istimewa

Di Riau, operasi TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) dilakukan pada Senin sore pukul 15.45 WIB. Pesawat Cassa dan Hercules yang membawa garam serta kapur terbang di wilayah timur, tenggara, dan selatan Riau sampai ke daerah yang berbatasan dengan Jambi. 

Dengan upaya itu, hujan turun di wilayah Tembilahan. Hujan juga mengguyur daerah Bandar Udara Japura Rengat dan Kampung Buatan Besar di Kecamatan Siak. "Rengat Barat, Indragiri Hulu juga hujan lebat," tutur Agus. 

Agus juga mendapat informasi bahwa hujan turun di posko Satgas Udara di Pangkalan RSN. "Hampir merata hujan turun di Riau, Minas, dan Rantau Baru Kabupaten Pelalawan, hujan deras hari ini" Agus menjelaskan. 

2. Hujan juga mengguyur wilayah Jambi

Lama Terkena Karhutla, Hujan Akhirnya Mengguyur Riau dan KalimantanDok.IDN Times/Istimewa

TMC juga dilakukan di wilayah Jambi. Pesawat Hercules membawa terbang 4 ton kapur tohor. "Hercules take off pukul 14.30 menuju Jambi," ujar Agus. 

Dengan upaya ini, pada pukul 13.00 hujan turun di wilayah Betara, Kabupaten Tanjab Barat dan sekitarnya. "Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur hujan deras," jelas Agus. 

Di daerah Sekayu, kata Agus, juga terjadi hujan lebat. "Hujan di Desa Manggar Raya, Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin (Sumatera Selatan) terjadi hujan bertahap lebih kurang 1 jam," ujar Agus. 

3. Wilayah Kalimantan Barat diguyur hujan ringan

Lama Terkena Karhutla, Hujan Akhirnya Mengguyur Riau dan KalimantanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Di Kalimantan Barat, kata Agus, hujan terjadi di dua kota yaitu Kota Bengkayang dan Kota Mempawah.

Hujan juga terjadi di Kecamatan Jawai Selatan, Kecamatan Pemangkat, Kecamatan Tekarang. "Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota barusan hujan," ujar Agus. 

4. Hujan juga turun di Kalimantan Selatan

Lama Terkena Karhutla, Hujan Akhirnya Mengguyur Riau dan KalimantanAntaranews/Andilala

Masih kata Agus, pukul 13.00 WITA hujan turun mengguyur Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Hujan berdurasi 20 menit sempat turun ringan di Handil Bakti, Km 0, Sungai Danau, Tangi Ujung, Kelurahan Sungai Mufti dan Kelayan," ujar Agus.

Selain itu, hujan selama 20 menit juga turun di daerah Banjarmasin Kota pada pukul 17.05 WITA. 

Baca Juga: Kisah Heroik Petugas Padamkan Api di Kalimantan, Ada yang Diamputasi 

Topic:

  • Sunariyah
  • Aldzah Fatimah Aditya

Berita Terkini Lainnya