Apresiasi NasDem, Golkar Dorong Semua Parpol Rekonsiliasi Usai Pemilu

Akui rekonsiliasi butuh waktu

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid menyampaikan, pihaknya mendorong semua partai politik (parpol) mau melakukan rekonsiliasi usai Pemilu 2024.

"Rekonsiliasi kan pasti kita dorong, Golkar kan partai cinta damai, partai yang suka berdialog. Kita menunjukkan kita partai yang membuka dialog jadi kita dorong rekonsiliasi," kata dia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu mengatakan, proses rekonsiliasi tidak bisa dipaksakan karena membutuhkan waktu. Belum lagi saat ini proses sengketa pemilu juga masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, ia mengapresiasi sikap Partai NasDem dan PKS yang menerima Pemilu 2024. Meutya percaya diri nantinya semua parpol akan melakukan rekonsiliasi dan menerima hasil Pemilu 2024.

"Tapi kita percaya bahwa dialog yang baik akan terjadi di antara partai-partai kan partai partai adalah kawanan semua," ujar dia.

1. NasDem terima hasil Pemilu 2024

Apresiasi NasDem, Golkar Dorong Semua Parpol Rekonsiliasi Usai PemiluKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menerima hasil Pemilu 2024 yang sudah diumumkan KPU. Dia mengatakan, kehidupan politik harus terus berjalan meskipun sepakat atau tidak sepakat dengan ketetapan KPU. 

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden dalam pilpres," ujarnya.

"Suka atau tidak suka, sepakat atau tidak sepakat, sebab hajat hidup bangsa ini harus tetap diperhatikan," kata dia.

Pad kesempatan itu, Surya Paloh juga menyampaikan selamat kepada seluruh partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024.

Diketahui, PDIP jadi parpol pemenang dengan raihan suara tertinggi. Kemudian di posisi kedua dan seterusnya diikuti oleh Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem.

Baca Juga: PPP Gak Terima Cuma Dapat Suara 3,87 Persen, Bakal Gugat ke MK

2. Prabowo berterima kasih ke Jokowi usai menang Pilpres 2024

Apresiasi NasDem, Golkar Dorong Semua Parpol Rekonsiliasi Usai PemiluPresiden Terpilih Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

KPU telah menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres pada Pemilu 2024. Hasil Pilpres 2024 tersebut tertuang dalam berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Hasil Pilpres 2024 diumumkan langsung KPU usai merampungkan rekapitulasi nasional dan rapat pleno di Jakarta, Rabu (20/3/2024). Dengan demikian, KPU menyatakan pasangan calon Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengenang sosok Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang telah merangkulnya selama 10 tahun meski sempat menjadi rival dalam Pilpres 2014 dan 2019. Dia juga berterima kasih kepada Jokowi.

“Karena keneragarawanan beliau, beliau telah memberi contoh, rekonsiliasi besar, bahwa beliau sekian tahun, 10 tahun ya, beliau rangkul dan bahkan beliau yang juga sangat besar mendorong saya sehingga hari ini saya menerima mandat dari rakyat,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung PPP Gugat ke MK, PDIP: Ini Sudah Kebangetan!

3. Prabowo janji bakal lanjutkan landasan ekonomi di era Jokowi

Apresiasi NasDem, Golkar Dorong Semua Parpol Rekonsiliasi Usai PemiluPrabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo menyatakan, landasan dalam bidang ekonomi yang telah dikerjakan oleh Jokowi akan digunakan untuk bekerja lebih cepat selama pemerintahannya berlangsung.

"Karena itu saya harus menyampaikan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada beliau," ujar dia.

"Landasan yang kuat, yang telah beliau bangun khususnya di bidang ekonomi akan kita gunakan untuk kita bekerja lebih cepat, bekerja lebih keras, bekerja untuk membawa hasil secepat-cepatnya kepada rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya