Dapat Dukungan UAS, Timnas AMIN Harap Ada Tokoh Agama Lain Dukung Anies

Sebut tokoh agama lain masih mempertimbangkan

Jakarta, IDN Times - Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) berharap ada tokoh agama berpengaruh lainnya yang mau mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar setelah Ustadz Abdul Somad (UAS).

Wakil Ketua Timnas AMIN Sudirman Said meyakini bahwa para tokoh agama saat ini masih mempertimbangkan berbagai hal untuk menaruh dukungannya kepada Anies-Muhaimin. 

"Mungkin perlu waktu perlu pertimbangan tapi saya kira satu dan lain hal," kata dia di Rumah Koalisi Perubahan, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023).

1. Debat capres diharapkan bisa memberikan jawaban bagi tokoh agama

Dapat Dukungan UAS, Timnas AMIN Harap Ada Tokoh Agama Lain Dukung AniesKetua pelaksana tim pemenangan nasional AMIN, Sudirman Said (tengah) ketika memberikan keterangan pers pada Kamis, 16 November 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sudirman meyakini bahwa debat Pilpres 2024 lalu mampu memberikan keyakinan kepada pada pemuka agama untuk mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

Oleh karena itu, dia berharap dari waktu ke waktu para pemuka agama yang memiliki pengaruh besar dapat memberikan dukungannya kepada paslon nomor urut satu.

"Mudah-mudahan dari waktu ke waktu makin banyak tokoh-tokoh yang punya pengaruh luas menyatakan dukungannya meskipun skarang ini banyak tokoh-tokoh yang dukung tapi belum berkenan utk secara terbuka," kata dia.

Baca Juga: Timnas AMIN Kritik KPU Terkait Debat Capres: Minim Akses Disabilitas

2. UAS resmi mendukung Anies Baswedan di Pemilu 2024

Dapat Dukungan UAS, Timnas AMIN Harap Ada Tokoh Agama Lain Dukung AniesCapres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkunjung ke Pondok Pesantren milik UAS di Pekanbaru, Riau pada 13 Desember 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Diketahui, pendakwah kenamaan, Ustaz Abdul Somad (UAS), resmi memberikan dukungan kepada capres nomor urut satu Anies Baswedan, di Pemilu 2024. Dukungan itu disampaikan UAS ketika Anies berkampanye di Pekanbaru, Riau pada Rabu, 13 Desember 2023. 

UAS menyampaikan dukungannya saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkunjung ke Pesantren Ma'had Az-Zahra milik UAS pada Rabu malam kemarin. Di dalam kunjungan itu, Anies bahkan memakaikan jaket AMIN kepada UAS. 

Awalnya Anies hanya sekedar berkunjung dan mendengarkan ceramah UAS, lalu berubah jadi menginap di kediaman pemuka agama tersebut. Dalam kunjungannya ke Pesantren Ma'had Az-Zahra itu, Anies turut mengajak sang ibu, Aliyah Rasyid. 

"Hari ini saja dari pagi buka IG (Instagram), saya ditanya Ustaz, arah kami ke mana?' Buka WA (WhatsApp) ditanya 'Ustaz kami ikut ke mana (di pemilu)? Kan capek saya jawab. Nah, ini sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. UAS berkontribusi dalam pesta demokrasi Republik Indonesia 14 Februari 2024. Gunakan hak pilih lima menit di TPS (Tempat Pemungutan Suara) karena itu menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan," ujar UAS bersama Anies di Pesantren Ma'had Az-Zahra, Pekanbaru, Riau. 

Ia pun turut mengajak para pengikutnya agar menunjukkan prestasi, tidak merundung, tak saling menjelekan paslon tertentu dan tidak memfitnah.

"Jangan juga menjadi masyarakat yang kagetan, seakan-akan ini pesta pertama padahal ini adalah pesta sejak 1945," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Anies Janji Kartu Disabilitas Bakal Dibawa ke Tingkat Nasional

3. Persahabatan Anies dan UAS sudah terjalin lama

Dapat Dukungan UAS, Timnas AMIN Harap Ada Tokoh Agama Lain Dukung AniesCapres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkunjung ke Pondok Pesantren milik UAS di Pekanbaru, Riau pada 13 Desember 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, UAS mengaku, sudah mengenal Anies sejak enam tahun lalu. Kali pertama, keduanya berjumpa di acara multaqo atau pertemuan ulama-ulama internasional. 

"Di sana, saya duduk, makan dan minum dan mereka mengatakan ketika itu, ada Bapak Anies Baswedan di dalam. Saya katakan biar lah, saya ada pertemuan. Tak lama setelah itu, Beliau datang ke tempat saya dan duduk di samping saya. Itu terjadi 5 atau 6 tahun lalu," kata UAS mengenang perjumpaan pertamanya dengan Anies. 

Sejak saat itu, kata UAS, Anies kerap menyempatkan hadir di acara-acaranya yang digelar di Jakarta. Termasuk ketika melakukan tausiyah di Masjid Cut Nyak Dien dan Haul KH Zainuddin MZ.  

UAS juga mengaku sering berkunjung ke kediaman Anies di Jakarta. Namun, Anies baru satu kali berkunjung ke kediaman UAS yang bertepatan pada momen kampanye kali ini.

"Jadi, artinya mestinya berkali-kali datangnya. Artinya, persahabatan ini memang sudah lama (terjalin). Seperti bala tentara fana taaraafah minathalaf. Kalau dia ada kecocokan, maka dia akan mudah berkolaborasi atau berinteraksi," ujarnya. 

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya