Lestarikan Budaya Dayak, Anies Mau Bangun Museum di Samarinda 

Samarinda bakal di-upgrade setara Jakarta

Samarinda, IDN Times - Capres Nomor Urut 01 Anies Baswedan menyatakan Samarinda merupakan bagian dari 40 kota yang akan dikembangkan sehingga bisa setara dengan Jakarta. 

Anies mengatakan, nantinya Samarinda akan dikembangkan sebagai salah satu pusat perekonomian dan sosial budaya di Pulau Kalimantan. 

"Samarinda adalah salah satu kota yang akan ditingkatkan dan peningkatan kota Samarinda menjadi salah satu pusat perekonomian pusat kegiatan sosial budaya," kata Anies, dikutip Jumat (12/1/2024).

1. Anies mau bangun sebuah museum untuk lestarikan budaya dayak

Lestarikan Budaya Dayak, Anies Mau Bangun Museum di Samarinda Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengaku hubungannya dengan PDIP selama ini akur. (IDN Times/Amir Faisol)

Eks Mendikbud itu mengatakan, sebuah kota yang maju memiliki sebuah fasilitas kesenian dan kebudayaan sehingga kegiatan kesenian dan budaya dapat ditonton oleh masyarakat luas.

Dengan begitu, masyarakat yang menginjakkan kaki di Kota Samarinda bisa mempelajari budaya dayak dari lintas waktu dan lintas wilayah.

"Nah di dalam itu bisa ada unsur museum, sebagai tempat exhibition (pameran) sehingga siapapun yang datang ke Kalimantan Timur khususnya Samarinda, bisa melihat kekayaan budaya dayak lintas wilayah dan waktu. Ini bagian pengembangan Kota Samarinda," ujarnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Tiru Salam Sasageyo Attack on Titan, Ini Artinya!

2. Anies didoakan jadi pemimpin masa depan

Lestarikan Budaya Dayak, Anies Mau Bangun Museum di Samarinda Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan kaget Presiden Jokowi mau komentari jalannya debat capres. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Panglima Mandau Aji Ahmad Ismail mendoakan supaya Anies bisa menjadi pemimpin masa depan untuk Indonesia.

Ia berharap Mantan Mendikbud itu bisa lebih melestarikan budaya khususnya, budaya Dayak karena Indonesia adalah raja budaya.

“Harapan saya kepada pak Anies agar budaya yang ada bukan hanya di Kaltim saja terus dikembangkan agar kita menjadi raja budaya dan perekonomian kita bisa berkembang lewat budaya,” ucapnya.

Baca Juga: Anies Janji Pilih Menteri Berdasarkan Kompetensi dan Integritas

3. Anies diminta tonjolkan kearifan lokal Indonesia

Lestarikan Budaya Dayak, Anies Mau Bangun Museum di Samarinda Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengaku hubungannya dengan PDIP selama ini akur. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurut dia, selama ini budaya di Indonesia tidak pernah menghasilkan apa-apa secara materi, padahal sejatinya Indonesia adalah raja budaya.

“Sementara ini kan budaya kita tidak menghasilkan apa-apa padahal kita raja budaya. Pak Anies tolong majukan budaya kita, tampilkan kearifan lokal,” kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya