Sahroni Sebut Anies Sudah Bertemu Surya Paloh, Bahas Dinamika Politik

Anies juga sempat temui Jusuf Kalla

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Kamis (15/2/2024) pagi. 

Pertemuan Anies dan Surya Paloh itu juga dibenarkan Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni. Dia mengatakan, Anies menemui Surya Paloh untuk melaporkan dinamika politik yang terjadi saat ini.

"Sudah ketemu tadi pagi. Pak Anies laporan saja ke Pak Surya terkait dinamika yang ada sekarang," ujar Sahroni kepada jurnalis, saat dihubungi. 

Baca Juga: Tim Hukum Anies-Muhaimin Kumpulkan Data Kecurangan Pemilu 2024

1. Anies dan Cak Imin rapat tertutup bareng Jusuf Kalla

Sahroni Sebut Anies Sudah Bertemu Surya Paloh, Bahas Dinamika PolitikWakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla menerima capres nomor urut satu, Anies Baswedan di acara ulang tahun sang istri, Mufidah Jusuf Kalla. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sempat menggelar rapat tertutup bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf "JK" Kalla. Pertemuan itu berlangsung pada Rabu (14/2/2024). 

JK mengatakan, pertemuan itu untuk menyikapi hasil penghitungan suara sementara (quick count) yang menunjukkan bahwa pasangan Anies-Muhaimin tertinggal jauh dari Prabowo-Gibran.

Dia mengatakan, pihaknya masih sepakat menunggu hasil perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi kesimpulannya menunggu hasil rapat berubah. Baru teman-teman itu mengambil sikap," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengatakan quick count sejatinya adalah penghitungan sementara yang menangkap hasil suara dari beberapa sampel tempat pemungutan suara (TPS).

"Quick count itu adalah perhitungan sementara dengan contoh-contoh dengan dasar katakanlah 1.000 atau 2.000 TPS. Tapi selanjutnya tunggu perhitungan yang benar," ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin: Pilpres 2019 Ada yang Sujud Syukur, Ternyata Kalah Juga

2. Cak Imin nyatakan siap gugat ke MK jika pemilu dicurangi

Sahroni Sebut Anies Sudah Bertemu Surya Paloh, Bahas Dinamika PolitikCawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengimbau kepada seluruh relawan AMIN untuk tidak terhipnotis dengan hasil quick count. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengajak semua relawannya mengawal ketat suara yang diperoleh pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada pemilihan umum (pemilu) 2024.

Cak Imin menginstruksikan semua relawan menyiapkan data-data untuk digunakan sebagai bahan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bila nanti ada kecurangan-kecurangan yang ditemukan.

"Yang jelas semua harus siaga, untuk mengawasi mengawal sampai perhitungan akhir. Data-data harus baik karena kalau ada yang dicurangi nanti kita siapkan gugatan ke MK," kata dia.

Baca Juga: Real Count KPU: Anies 24.56%, Prabowo 55,97%, Ganjar 19.46%

3. Cak Imin minta relawan kawal ketat suara AMIN

Sahroni Sebut Anies Sudah Bertemu Surya Paloh, Bahas Dinamika PolitikCawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar saat ditemui di kediaman pribadinya, di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, sebelum mencoblos di TPS 023 di kawasan Kemang. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengingatkan seluruh pendukungnya mengawasi pelaksanaan pemungutan suara pada Pilpres 2024. Menurut dia, data-data yang disiapkan juga harus akurat bila nanti ada perbedaan pendapat ketika menggugat ke MK.

"Kepada seluruh pendukung pokoknya awasi data jangan sampai tidak terjaga dan itu dibutuhkan saat kita perbedaan pendapat di MK," ucapnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya