PPKM Dicabut karena COVID-19 Turun, DKI Masih Sediakan Vaksin Gratis

Pemerintah tetap sediakan vaksin gratis

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta masih menyediakan vaksinasi COVID-19 secara gratis bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan pihaknya masih menyediakan vaksin COVID-19 gratis kepada masyarakat yang ingin atau belum divaksin meskipun pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"(Vaksinasi) tetap disediakan gratis oleh pemerintah," kata Widyastuti melalui keterangannya, dikutip dari Instagram @dinkesdki, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: PPKM Dicabut, Kasus COVID-19 di Jakarta Terkendali

1. Vaksin COVID-19 yang tersedia

PPKM Dicabut karena COVID-19 Turun, DKI Masih Sediakan Vaksin GratisIlustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Widyastuti mengatakan, saat ini masyarakat bisa mengakses vaksin COVID-19 untuk warga berusia 18 tahun ke atas, termasuk 60 tahun yang harus sudah booster.

"Sedangkan usia 12 tahun sampai 18 tahun, ada beberapa vaksin yang sudah disediakan, yaitu Pfizer, CV-Vac,Indovac," kata dia.

Adapun untuk anak berusia 6-12 tahun, pihaknya sedang menunggu proses regulasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), apakah nanti vaksinnya gratis atau berbayar.

Baca Juga: Sah! BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Inavac atau Vaksin Merah Putih

2. Vaksin COVID-19 untuk anak usia 6 bulan hingga 11 tahun gratis

PPKM Dicabut karena COVID-19 Turun, DKI Masih Sediakan Vaksin GratisPenyuntikan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya percepatan program vaksinasi (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Sebelumnya, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, mengatakan, pemerintah akan menyiapkan vaksinasi COVID-19 gratis bagi anak-anak usia 6 bulan sampai 11 tahun.

Hal tersebut dilakukan menyusul dicabutnya kebijakan PPKM per 30 Desember 2022.

“Supaya kekebalan masyarakat ini semakin merata, begitu juga dengan vaksin anak-anak dan pemerintah sudah bertekad untuk digratiskan,” kata Ma'ruf, usai menghadiri Haul Almaghfurlah K.H. Tubagus Muhammad Falak Abbas ke-51 di Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Bogor, dikutip dari siaran pers, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Wapres Pastikan Pemerintah Siapkan Vaksinasi COVID-19 Gratis Bagi Anak

3. Berada di kerumunan tidak jadi masalah

PPKM Dicabut karena COVID-19 Turun, DKI Masih Sediakan Vaksin GratisIlustrasi kerumunan (Istimewa)

Lebih lanjut, Widyastuti memastikan, saat ini dari sisi kesehatan, masyarakat tidak perlu khawatir lagi saat berada di kerumunan.

"Yang penting adalah memastikan diri terlindungi dengan cara kewajiban vaksinasi, kan faskesnya sudah menyediakan dengan gratis," kata dia.

Baca Juga: Menkes: Pemerintah Beli 10 Juta Dosis Vaksin COVID Buatan Dalam Negeri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya