Comscore Tracker

COVID-19 Melonjak, RS Persahabatan Alokasikan 90 Persen Tempat Tidur

Tenda darurat juga telah disiapkan

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Mohammad Syahril, mengatakan pihaknya menyiapkan 90 persen tempat tidur untuk pasien COVID-19 pada pertengahan Juli 2021.

"Di sini ada 409 tempat tidur dan sebenarnya ini adalah rumah sakit umum (bukan RS khusus penanganan COVID-19). Dengan adanya lonjakan ini, 90 persen kami dedikasikan untuk pelayanan COVID-19," katanya diskusi daring di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

1. Saat ini 55 persen tempat tidur sudah dialokasikan untuk pasien COVID-19

COVID-19 Melonjak, RS Persahabatan Alokasikan 90 Persen Tempat TidurRSUP Persahabatan (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Syahril mengatakan RSUP Persahabatan sudah mendedikasikan 55 persen tempat tidurnya untuk pasien COVID-19 sejak wabah COVID-19 melanda, dengan rincian 32 tempat tidur sebagai Unit Perawatan Intensif (Intensive Care Unit/ ICU) dan 165 tempat tidur non-ICU yang berfungsi seluruhnya sebagai ruang isolasi.

Syahril mengatakan untuk memenuhi target alokasi sebesar 90 persen tempat tidur khusus pasien COVID-19, dibutuhkan alokasi sebanyak 380 tempat tidur dengan 50 di antaranya berfungsi sebagai ruang ICU.

Baca Juga: Jenazah COVID Diangkut Truk, Wagub DKI: Masih Sanggup Pakai Ambulans

2. RS Persahabatan membutuhkan nakes tambahan

COVID-19 Melonjak, RS Persahabatan Alokasikan 90 Persen Tempat TidurRSUP Persahabatan (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Syahril juga mengatakan RSUP Persahabatan membutuhkan tambahan tenaga, terutama tenaga perawat dan dokter. Ia menghitung setidaknya dibutuhkan tambahan sebanyak 150 perawat dan 14 dokter.

Tambahan perawat dan dokter ini untuk jumlah pasien COVID-19 yang diprediksi akan melonjak drastis pada Juli mendatang.

3. RS Persahabatan juga menyiapkan tenda darurat untuk pasien

COVID-19 Melonjak, RS Persahabatan Alokasikan 90 Persen Tempat TidurRSUP Persahabatan (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Selain akan mengalokasikan 90 persen tempat tidur untuk pasien COVID-19, RS Persahabatan juga akan menyiapkan tenda untuk dipasang di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mengantisipasi melonjaknya pasien COVID-19.

Tenda bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut diperkirakan bisa menampung sekitar 50 pasien. "Itu dipasang untuk mengurai tumpukan-tumpukan pasien yang harus kami layani dengan segera," kata Syahril.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Jakarta Tambah 7.505, Rekor Pecah Lagi!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya