Waspada, Lima Kawasan di Jakarta Selatan Rawan Banjir Dua Meter!

Jaksel dilalui Sungai Ciliwung sehingga rawan banjir

Jakarta, IDN Times - Lima kawasan penduduk di Jakarta Selatan menjadi perhatian khusus pemkot setempat. Sebab kawasan tersebut rawan banjir saat curah hujan tinggi.

"Tentunya wilayah yang jadi perhatian itu sepanjang aliran kali yang ada di kita. Terutama Kali Pesanggarahan, Grogol, Krukut, Mampang dan yang besar itu Kali Ciliwung. Dan itu yang kita antisipasi," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Rabu (10/11/2021).

Kelima wilayah itu, kata dia, menjadi perhatian utama lantaran semua permukiman di pinggir kali itu terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter saat curah hujan tinggi beberapa hari lalu.

"Kita evaluasi kemarin yang terdapat titik-titik banjir, kita coba maping dan inventarisir lagi," ujarnya.

1. Gencarkan program gerebek lumpur di lima kawasan rawan banjir

Waspada, Lima Kawasan di Jakarta Selatan Rawan Banjir Dua Meter!Gerebek Lumpur di Kali Sunter, Jakarta Utara (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Munjirin mengatakan salah satu cara yang dilakukan pihaknya untuk meminimalisasi ketinggian banjir yakni memastikan program gerebek lumpur berjalan maksimal di lima kawasan itu.

"Gerakan gerebek lumpur tetap kita lakukan setiap minggu dan setiap saat bukan hanya hari Minggu saja, tapi setiap hari kalau memang memungkinkan baik yang dilakukan oleh PPSU mau PJLP SDA badan air kita terus upayakan," katanya.  

PPSU adalah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, sedangkan PJLP SDA adalah petugas  Penyedia Jasa Lainnya Perorangan Sumber Daya Air.

Baca Juga: Reaksi Anies Baswedan Di-roasting soal Formula E hingga Banjir

2. Gegara dilewati Sungai Ciliwung, wilayah Jaksel jadi langganan banjir

Waspada, Lima Kawasan di Jakarta Selatan Rawan Banjir Dua Meter!Pengunjung berada di salah satu perbelanjaan yang dilanda banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Munjirin juga tak menampik bahwa Jakarta Selatan yang dilewati aliran Sungai Ciliwung membuat wilayahnya menjadi langganan banjir bila curah hujan tinggi.

Karena itu, Pemkot Jaksel mengupayakan pembenahan di sepanjang daerah aliran sungai tersebut.

"Jakarta Selatan itu adalah pertama yang terlewati air dari Bogor dan Depok. Pasti akan mampir dulu di daerah Jakarta Selatan. Ini yang dilewati daerah-daerah yang rendah," katanya.

2. Kelurahan Pejaten Timur dilanda banjir dua meter

Waspada, Lima Kawasan di Jakarta Selatan Rawan Banjir Dua Meter!Banjir di Pejaten Barat. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, warga pada empat Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan terkena banjir dengan ketinggian mencapai dua meter lebih akibat luapan air di Kali Ciliwung.

Luapan Sungai Ciliwung juga mengakibatkan banjir di Rawajati dengan ketinggian mencapai dua meter lebih pada Minggu, (7/11). Sebanyak 50 kepala keluarga, 133 jiwa di RT 03 RW 07 Kelurahan Rawajati terdampak banjir  hingga Senin pagi.

Baca Juga: Reaksi Anies Baswedan Di-roasting soal Formula E hingga Banjir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya